close

Mengenal Lebih Jauh Tentang Teknologi VoLTE

Mungkin banyak pengguna internet yang masih merasa bingung mengenai teknologi Voice over LTE (VoLTE). Rencanya teknologi ini memang akan dihadirkan oleh Smartfren pada tahun 2016 mendatang. Kabar ini disampaikan saat paparan Network Drive Test di wilayah Sumatera Utara beberapa waktu yang lalu.

maxresdefault

Lalu apa sebenarnya VoLTE? VoLTE merupakan aspek lain dari teknologi 4G LTE, yang artinya adalah komunikasi voice atau suara biasa dilakukan melalui jaringan LTE. Manfaat dari teknologi ini adalah suara yang dihasilkan akan jauh lebih jernih karena tidak ada kompresi lagi secara signifikan. Teknologi VoLTE cara sampling-nya berbeda, bisa dibilang tidak ada kompres karena kapasitasnya lebih besar (memakai jaringan LTE). Jadi kualitas suaranya juga jauh lebih baik.

Lalu untuk menggunakannya, pengguna smartphone 4G LTE bisa menelepon ke sesama pengguna smartphone 4G lainnya. Namun jaringan yang dipilih harus ‘LTE Only’. Namun jika pengguna GSM/CDMA menelepon ke ponsel VoLTE atau sebaliknya memang kemungkinan bisa, tapi suaranya tidak akan sejernih VoLTE kepada jaringan lainnya. Hal itu bergantung pada jaringan GSM/CDMA. Tak hanya itu saja, pengguna GSM atau CDMA yang menelepon ke ponsel VoLTE tidak bisa menikmati layanan video call juga. Layanan VoLTE juga memungkinkan pengguna melakukan video call.

Nantinya VoLTE akan dikombinasikan dengan VoWiFi. Namun bedanya, VoWiFi merupakan singkatan dari Voice over WiFi yang mengandalkan jaringan WiFi sebagai jalur koneksinya.

Leave a Response