close
Tips & Trick

Tips membuat vlog dengan smartphone yang menarik

tips membuat vlog

Tips membuat vlog berikut akan membantu Anda menghasilkan video yang bagus meski hanya menggunakan smartphone. Vlog memang menjadi hobi bagi banyak orang di era digital, bahkan tidak sedikit orang yang mendapatkan penghasilkan finansial dari aktifitas nge-vlog ini. Tidak sedikit juga yang akhirnya menjadikan video bloging ini sebagai pekerjaan utama mereka.

Bagaimana tips anugrahpratama.com tentang membuat vlog yang menarik dengan smartphone ini? Simak informasinya berikut ini.

Menentukan tema vlog

Sebelum membuat vlog Anda bisa menentukan terlebih dahulu video apa yang akan dibuat. Sebenarnya banyak jenis video yang bisa Anda buat berdasarkan apa yang Anda senangi. Misalnya Anda hobi makan, maka bisa membuat video wisata kuliner atau video resep masakan. Atau jika hobi olahraga, maka video yang bisa Anda buat juga bisa berkaitan dengan olahraga yang Anda senangi.

Dengan membuat konten video yang Anda senangi ini, maka Anda bisa membuat konten video lebih konsisten meski hanya menggunakan smartphone.

Gunakan hand stabilizer

Kamera smartphone saat ini memiliki kualitas yang sangat baik bahkan bisa dikatakan setara dengan kamera profesional seperti DSLR. Namun saat digunakan untuk melakukan vlog biasanya aktifitas merekam video banyak dilakukan dengan bergerak, hal ini akan mempengaruhi video yang dihasilkan. Karena merekam video dalam kondisi bergerak, maka video yang dihasilkan juga banyak getaran.

Untuk meminimalisir getaran dan menghasilkan video yang berkualitas, maka Anda bisa menggabungkan smartphone Anda dengan hand stabilizer. Banyak pilihan hand stabilizer ini mulai harga yang ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Namun jika Anda masih awal melakukan aktifitas vloging, maka Anda bisa menggunakan hand stabilizer dengan harga yang tidak terlalu tinggi dulu. Jika sudah telah terbiasa dengan hand stabilizer, Anda bisa meningkatkan ke perangkat yang lebih mahal.

Edit video sebelum di publikasikan

Untuk menampilkan video di sosial media seperti youtube, instagram, atau juga facebook usahakan untuk melakukan editing sebelumnya. Anda bisa melihat bagian-bagian mana yang tidak perlu ditampilkan atau kurang menarik, sehingga bagian ini bisa Anda hapus dengan fitur trim pada video editor.

Selain pemotongan video, Anda juga bisa menambahkan beberapa hal seperti judul, mengatur kecerahan cahaya, dan sebagainya.

Gunakan tambahan musik

Agar tidak garing, Anda juga bisa menambahkan efek musik atau background musik dalam video Anda. Musik dalam video ini akan mempengaruhi suasana hati siapa saja yang melihat video Anda. Tujuannya adalah mempengaruhi seberapa lama durasi orang melihat video Anda. Jika orang lama melihat video Anda di media sosial, maka video Anda tersebut berpotensi menjadi video yang viral dan banyak direkomendasikan untuk dilihat oleh orang lain.

Simpan video dalam kualitas tinggi

Agar setiap orang yang melihat video Anda merasa nyaman, salah satu yang bisa Anda lakukan adalah dengan menampilkan video yang berkualitas. Untuk media sosial seperti youtube, instagram, dan facebook idealnya menggunakan video dengan kualitas HD (High Definition). Anda juga bisa menghasilkan video dengan kualitas lebih dari HD misalny Full HD hanya dengan menggunakan kamera yang ada di smartphone Anda.

Demikian tips dari anugrahpratama.com tentang membuat video vloging. Anda bisa berkarya dalam di media digital tanpa perlu menggunakan perangkat yang mahal, cukup dengan smartphone Anda bisa menghasilkan video yang menarik untuk digunakan di media sosial.

Tags : instagramsmartphonevlog