close
Info KomputerTips & Trick

Yuk, Intip Berbagai Tips Merawat Laptop yang Jarang Dipakai

merawat laptop

Apakah kamu memiliki laptop yang jarang dipakai? Yup, laptop kini telah menjadi perangkat elektronik yang berperan besar dalam era digitalisasi seperti sekarang ini. Kamu pasti sering menggunakan perangkat elektronik yang satu ini bukan? Entah itu untuk bekerja, kebutuhan tugas sekolah, menulis artikel, menyusun desain gambar, dan lain sebagainya.

Namun, dalam kurun waktu tertentu seringkali laptop terabaikan begitu saja alias jarang dipakai. Ini juga berlaku pada beberapa orang yang lebih banyak menggunakan perangkat elektronik seperti smartphone, untuk bekerja maupun belajar. Laptop yang dibiarkan terbengkalai, nyatanya dapat menghantarkan pada berbagai kerusakan, lho.

Maka dari itu, pada artikel kali ini kamu akan disajikan dengan berbagai tips yang bisa diterapkan pada laptop yang jarang dipakai, yang mana tips ini akan menghindarkan kamu dari berbagai kerusakan yang bisa saja muncul pada laptop yang jarang terpakai. Kira-kira apa saja ya tipsnya? Yuk, langsung saja lihat berbagai tips berikut ini.

1.   Hindari Menyimpan Laptop di Tempat Lembab

Tips pertama adalah hindari penyimpanan laptop di tempat yang lembab. Yup, faktor kelembaban menjadi salah satu faktor yang dapat menimbulkan kerusakan pada laptop. Maka dari itu, hindari penyimpanan laptop di tempat yang lembab, layaknya di atas lemari, di bawah kolong meja atau tempat tidur, atau di berbagai tempat lain yang dekat dengan sumber air.

2.   Melepas Baterai Laptop

Tips kedua yang bisa dilakukan adalah melepas salah satu komponen pada laptop, yang tak lain dan tak bukan adalah baterai. Yup, tindakan melepas baterai laptop ini harus dilakukan untuk mencegah kerusakan akibat hubungan arus pendek listrik dan menjaga usia baterai terhadap laptop itu sendiri.

3.   Menyalakan Laptop Dalam Kurun Waktu Tertentu

Jika laptop jarang digunakan, komponen di dalamnya bisa menjadi dingin. Jika terus mengalami hal ini dalam jangka waktu panjang, maka berbagai komponen vital di laptop boleh jadi dapat mengalami korsleting saat digunakan kembali.

Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan peninjauan terhadap laptop dengan menyalakan laptop dari waktu ke waktu, dan jangan lupa pula untuk mematikan laptop kembali laptop dengan benar jika tidak ingin merusak laptop.

4.   Membuat Laptop Dalam Kondisi Terbuka

Tips yang berikutnya dapat kamu lakukan adalah membuat laptop dalam kondisi terbuka. Yup, membiarkan laptop dalam keadaan hidup bisa mengurangi jumlah kerusakan pada keyboard, apalagi jika laptop sudah tidak digunakan lagi. Maka dari itu, pilihan lain yang dapat kamu terapkan adalah membiarkan laptop terbuka di tempat yang cerah atau kering, bukan tempat yang lembab.

5.   Melakukan Pengisian Ulang Daya Baterai

Eits, jangan lupa untuk selalu mengisi baterai meskipun laptop tidak digunakan dalam waktu lama. Meski tidak menggunakan laptop, baterai yang terpasang di laptop mengurangi kapasitasnya.

Agar baterai laptop Anda tetap terisi meskipun tidak digunakan, lakukan pengisian baterai sesekali agar laptop Anda tidak basah. Isi daya baterai secara rutin setiap 2-3 minggu sekali. Jadi jangan lupa menjaga dan melakukan peninjauan terhadap kesehatan baterai laptop lamamu dengan baik dan tepat ya.

6.   Melakukan Peninjauan Terhadap Kebersihan Laptop Secara Berkala

Entah laptop mahal atau murah, yang terpenting untuk kamu perhatikan dan tinjau pada Laptop milikmu adalah menjaga kebersihannya. Laptop yang dibersihkan secara rutin akan membuatnya lebih awet. Karena, debu dan kotoran pada laptop dapat mempengaruhi kinerja laptop saat digunakan kembali.

7.   Hindari Meletakkan Benda Berat

Melakukan pemerhatian terhadap kelembaban tempat sudah, membersihkan laptop juga sudah, lantas apa lagi hal yang perlu ditinjau alias diperhatikan? Nah, hal selanjutnya yang perlu diperhatikan pada laptop adalah menghindari diletakkannya benda berat diatas laptop.

Usahakan untuk menyimpan laptop dengan berbagai bentuk proteksi seperti melapisi Laptop dengan styrofoam atau benda lunak lainnya.

8.   Menyimpan Laptop Pada Tempat yang Bersih

Eits, selain meninjau kebersihan pada laptop. Kebersihan tempat penyimpanan laptop juga perlu diperhatikan. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk memperhatikan tempat seperti apa yang nantinya akan digunakan untuk menyimpan Laptop, seperti apa tingkat kelembabannya, dan lain sebagainya.

Bagaimana, sudahkah kamu menyimpan dan merawat laptop dengan cara yang benar? Jika belum, kamu bisa mulai melakukannya dari sekarang. Hal ini supaya laptop yang jarang terpakai tetap awet dan terawat.

Dapatkan laptop dengan ketahanan kuat dari berbagai merek ternama di anugrahpratama. Kami menyediakan berbagai produk laptop dari merek ternama dengan jenis dan type bervariasi.