close
Panduan Membeli

Tips Memilih Handycam Sesuai Kebutuhan

memilih handycam
memilih handycam

Membeli handycam bisa jadi salah satu hal yang cukup membingungkan, apalagi jika budget anda cukup besar. Model dari handycam tidak hanya bervariasi pada ukuran dan kapabilitas saja, tapi juga bervariasi pada harga yang di tawarkan. Pada saat ini, anda bisa membeli sebuah handycam yang memiliki harga sekitar 2 jutaan hingga 30 juta atau bahkan kamera handycam yang memiliki banyak fitur dengan harga yang tentunya lebih mahal. Oleh karena itu, kami ingin membantu pengguna untuk bisa memilih handycam dengan tepat melalui artikel tips memilih handycam.memilih-handycam

 

Artikel ini memberikan anda pengarahan dalam memilih handycam dengan beberapa langkah agar anda bisa menentukan pilihan yang tepat.

Apa itu Handycam?

Lalu apa sebenarnya handycam tersebut? Handycam merupakan sebuah perangkat yang mampu merekam video dan memiliki kerja yang hampir sama seperti kamera digital. Video yang di rekam tersebut sebenarnya merupakan sebuah series dari gambar yang ditangkap oleh lensa kamera dari handycam. Gambar yang direkam secara cepat tersebut kemudian oleh sebuah perangkat yang bisa dibilang photosensitive, perangkat tersebut terletak di dalam handycam. Pada kamera jenis lama, perangkat perekam tersebut bernama film.

Pada handycam atau kamera jenis terbaru menggunakan sensor light-sensitive imaging, sensor ini mengubah cahaya menjadi sinyal elektrik. Setelah itu, handycam secara internal mengubah sinyal tersebut menjadi video data, data tersebutlah yang akan di simpan ke dalam tempat penyimpanan. Lalu bagaimana dengan suaranya? Suaranya juga telah terekam bersamaan dengan gambar yang ada.

Tipe-tipe Handycam

Mengetahui berbagai macam tipe handycam sebelum menentukan untuk memilih handycam, bisa jadi salah satu hal yang bisa anda pertimbangkan. Saat ini ukuran dari handycam tergolong lebih kecil dan ringan di bandingkan dengan handycam model-model sebelumnya. Namun, tentu saja fungsi dan kapabilitasnya jauh diatas model sebelumnya. Handycam sekarang bisa sangat nyaman berada di pegangan tangan dan hanya memiliki berat sekitar setengah pound, berat yang ringan tersebut setidaknya memiliki 10x optical zoom pada lensanya dan berbagai kemampuan yang menjanjikan. Beberapa tipe dari handycam memiliki kapabilitas untuk bisa merekan kejadian 3D, menerima GPS untuk menambahkan identifikasi tempat pengambilan video (lebih di kenal dengan fitur, geotagging), dan memiliki kemampuan proyektor.

Untuk saat ini handycam bisa di golongkan menjadi 2 tipe, yaitu tipe full-size dan action cam. Handycam dengan tipe action cam saat ini bisa merekan video dengan resolusi kemampu high-definition (HD), bahkan beberapa versi terbaru bisa merekam video dengan resolusi 4K. Untuk tipe full-size, terdapat beberapa tipe dan kebanyakan lebih bervariasi di bandingkan dengan action cam. Jika anda menginginkan untuk membeli handycam, anda bisa mempertimbangkan untuk membeli handycam dengan tipe action cam, seperti GoPro Hero. Model action cam tergolong lebih kecil, ringan dan anti-air.

1. Full-size Handycam

Tidak seperti pada kamera handycam sebelumnya, handycam digital pada saat ini bisa melakukan banyak hal dengan video yang anda rekam. Anda bisa melakukan editing dan menggabungkan video tersebut bersamaan dengan musik, tulisan atau gambar lainnya dengan bantuan komputer anda tentunya, setelah itu anda bisa memproduksinya ke dalam CD berupa DVD atau Blu-ray atau bisa saja anda mainkan di dalam PC.

memilih-handycam
Full-size Handycam

Anda tentu saja juga bisa mengirimkan video tersebut ke dalam sosial media yang menyediakan layanan video seperti YouTube. Saat ini juga terdapat banyak perangkat lunak yang bisa digunakan untuk editing video sehingga hasilnya bisa lebih bagus, halus dan layak untuk bisa di nikmati.

Hampir semua full-size handycam memiliki setidaknya 10x optical zoom, meskipun ada beberapa handycam yang memiliki perbesaran hingga 50x optical zoom. Pada perbesaran maksimal, hampir semua handycam tipe full-size akan memproduksi video yang tidak maksimal (jelek), hal tersebut bisa terjadi dikarenakan kamera yang bergoyang. Untuk memperbaiki hal tersebut, kebanyakan vendor melengkapi handycam milik mereka dengan fitur image stabilizer, fitur ini secara luar biasa bisa mengurangi pengambilan gambar yang bergoyang akibat beberapa faktor.

Fitur berikutnya yang bisa anda jumpai adalah kebanyakan handycam yang mampu merekam video HD, memiliki port HDMI output yang mampu tersambung dengan interface pada laptop, TV atau mungkin ponsel. Interface ini di desain dengan tujuan untuk bisa menyambungkan handycam anda dengan televisi HD. Sehingga setelah anda merekam, anda bisa langsung melihat hasil video nya.

2. Action cams

memilih-handycam
Contoh action cams

Action cams merupakan sebuah tipe baru dari handycam. Beberapa action cams seperti GoPro Hero di desain untuk pengguna yang banyak melakukan kegiatan outdoor dan berbagai aktivitas seperti bersepeda, surfing, dan snowboarding. Dikarenakan bentuknya yang cukup compact, action cams tidak akan memiliki sebuah viewfinder atau mungkin tidak memiliki sebuah LCD. Beberapa action cams memiliki bodu yang anti-air. Dan kebanyakan action cams memiliki berbagai aksesoris yang mampu mendukung penggunaanya. (baca kamera GoPro Hero disini).

Resolusi Handycam

Hampir semua kamera handycam beberapa tahun terakhir bisa merekam video dengan kualitas high-definition (HD). Hal ini berarti, bahkan kamera handycam dengan harga yang murah mampu merekam video dengan kualitas high-definition (memiliki resolusi setidaknya 1280×720 atau resolusi sebesar 1920×1080 pada berbagai variasi frame rate). Beberapa video tampak sangat baik jika di tampilkan pada HDTV. Saat ini tidak hanyak handycam yang mampu merekam dengan kualitas video HD, seperti SLR, ponsel pintar dan mungkin tablet. Bagaimanapun juga, beberapa tipe terbaru dari handycam memiliki kemampuan untuk bisa merekam video dengan resolusi 4K. Perbedaan resolusi 4K dengan resolusi HD terletak dari resolusi gambar yang di hasilkan:

  • Resolusi untuk 4K handycam adalah 3840 x 2160 pixel.
  • Resolusi untuk HD handycam adalah 1920 x 1080 pixel atau 1280 x 720 pixel.
  • Resolusi standart-definition pada handycam adalah 720 x 480 pixel.

Untuk saat ini, kebanyakan handycam yang menggunakan resolusi 4K masih terlalu mahal untuk kebanyakan pelanggan, jadi kami menyarakan anda untuk memilih handycam dengan teknologi HD saja.

Hampir semua model HD handycam mampu merekam video dengan pada resolusi yang sama dengan resolusi HDTV, yaitu sebesar 1080p. Beberapa bisa merekam dengan resolusi sebesar 1080p (resolusi ini sama dengan resolusi yang digunakan pada video Blu-ray). Dan hanya beberapa model yang masih menggunakan resolusi 720p. Perlu di ingat bahwa merekam dengan resolusi HD akan menghasilkan video yang memiliki kapasitas yang besar, jadi anda tentu harus memikirkan tempat penyimpanan anda agar anda bisa memperkirakan berapa video yang bisa anda simpan/ambil pada satu waktu.

Fitur-fitur pada Handycam

Jika anda ingin memilih handycam, memperhatikan fitur bisa jadi salah satu cara untuk menentukan handycam yang sesuai dengan kebutuhan anda. Dalam menentukan fitur anda bisa mempertimbangkan resolusi handycam yang akan anda beli. Cukup banyak sekali fitur dari handycam, seperti monitor LCD, autofokus, perbesaran gambar (zoom) dan berbagai fitur-fitur lainnya. Berbagai fitur lainnya bisa anda simak di bawah ini

1. Flip-out LCD

Memilih handycam dengan fitur flip-out LCD bisa jadi salah satu pilihan yang bagus. Saat ini, fitur LCD yang bisa di keluarkan (flip-out) terdapat hampir pada semua handycam berjenis full-size. Pada handycam jenis action cams, sangat jarang sekali terdapat fitur ini. Jadi ketika anda menginginkan fitur ini, pastikan jika pilihan anda adalah handycam jenis full-size. Beberapa LCD pada handycam memiliki aspek rasio yang cukup lebar, yaitu berkisar diantara 16:9. LCD juga cukup berguna untuk melihat kembali video yang telah anda rekam dan hal tersebut jauh lebih mudah dibandingkan dengan menggunakan viewfinder. Sayangnya, beberapa LCD memiliki tampilan yang cukup buruk ketika digunakan di bawah sinar matahari langsung (kegiatan outdoor).

memilih handycam
Flip-out LCS pada handycam

Ukuran layar pada LCD handycam juga cukup bervariasi, mulai dari 2,5 inci hingga 4 inci, kebanyakan handycam yang menggunakan layar lebih lebar, dibandrol dengan harga yang lebih mahal. Beberapa handycam versi terbaru juga menggunakan fitur touchscreen LCD, tentu saja harganya juga lebih mahal di bandingkan dengan fitur LCD biasa. Karena LCD juga menggunakan baterai untuk menyala, anda sebaiknya berjaga-jaga ketika menggunakan handycam anda untuk merekam, karena yang ditakutkan baterai anda akan cepat habis.

2. Stabilizer gambar (Image stabilizer)

Salah satu fitur yang bisa anda pertimbangkan sebelum memilih dan membeli handycam adalah stabilizer gambar (image stabilizer). Fitur ini secara otomatis akan menurunkan guncangan yang terjadi sewaktu anda merekam video. Stabilizer yang ada bisa berupa stabilizer elektronik atau optical, namun untuk saat ini handycam memiliki kedua stabilizer tersebut. Dengan kedua stabilizer tersebut, anda mendapatkan video yang cukup bagus.

3. Mode automatis

Fitur ini memberikan anda sebuah kontrol yang mampu membantu anda mendapatkan gambar secara fokus dan mampu merekam dengan mudah. Handycam milik anda akan secara otomatis mengatur keseimbangan warna, kecepatan pengambilan gambar, fokus dan besaran lensa (aperture, bisanya dilambangkan dengan kode f-stop). Penamaan fitur ini bergantung pada perusahaan masing-masing.

4. Autofokus

Autofokus merupakan fitur yang hampir terdapat pada semua jenis handycam terbaru. Fitur ini membantu handycam untuk mendapatkan ketajaman video secara maksimal. Dalam beberapa model handycam, juga terdapat fitur manual-fokus yang bisa membantu anda menghadapi masalah di berbagai situasi, seperti keadaan minim cahaya.

5. Perbesaran (Zoom)

Fitur perbesaran gambar juga terdapat hampir di semua jenis handycam. Biasanya untuk mengunakan fitur ini, anda hanya perlu menekan sebuah tombol untuk bisa melakukan perbesaran. Rasio ketika mengganti sebuah perbesaran, bergantung dari seberapa lama anda menekan tombol tersebut. Semakin lama anda menekan, maka akan semakin dekat anda dengan objek yang di maksud.

6. Perbesaran Optik (Optical Zoom)

Biasanya perbesaran optik yang ada pada kamera yaitu sebesar 10:1 hingga 50:1. Semakin besar perbesaran optik, maka akan semakin mahal pula handycam tersebut. Perbesaran optik bisa juga dinyatakan dengan kalimat 10x optical zoom atau 50x optical zoom. Semakin besar zoom yang bisa digunakan, maka semakin bagus pula lensa tersebut.

7. Kapabilitas merekam video 3D

Apakah anda menggunakan handycam anda untuk merekam video 3D? Jika iya, maka memilih handycam yang memiliki kapabilitas merekam video 3D bisa menjadi pertimbangan. Beberapa handycam mampu mengambil gambar 3D atau merekam video 3D. Tentu saja ketika anda membeli handycam dengan fitur ini, anda harus mengeluarkan uang sedikit lebih banyak jika dibandingkan dengan handycam versi biasa.

8. Memiliki proyektor

memilih-handycam
Proyektor pada handycam

Inilah salah satu fitur yang cukup inovatif yang terdapat pada handycam. Beberapa handycam memiliki kemampuan untuk memproyeksikan video yang ada. Fitur ini juga bisa di sebut dengan pico projectors. Salah satu perusahaan yang memproduksi handycam dengan fitur ini adalah Sony. Proyektor yang anda di letakkan pada bagian belakang flip-out LCD, jadi ketika di buka, anda memiliki opsi untuk bisa memutar video dengan menggunakan proyektor tersebut.

9. Viewfinder

memilih-handycam
Viewfinder pada handycam

Untuk saat ini kebanyakan handycam tidak menggunakan fitur viewfinder, hanya beberapa model dengan harga yang cukup mahal, masih menggunakan elektronik viewfinder. Dengan adanya viewfinder anda bisa mengambil video tanpa perlu menggunakan LCD yang ada. Hal tersebut cukup membantu anda karena akan membuat baterai lebih hemat dan cukup membantu dalam keadaan pengambilan gambar yang cukup terang.

10. Fitur Wi-Fi & NFC

Meski dipasaran fitur ini masih jarang terdengar, beberapa handycam memiliki fitur Wi-Fi. Dengan menggunakan fitur Wi-Fi, anda bisa melakukan transfer foto dan video kedalam komputer secara wireless (tanpa menggunakan kabel). Selain mudah melakukan transfer, anda juga memiliki kemudahan dalam melakukan back up terhadapa video anda ke dalam tempat penyimpanan cloud atau sosial media milik anda. Bahkan beberapa model handycam juga bisa terkoneksi via Wi-Fi ke dalam ponsel pintar atau tablet milik anda.

Selain Wi-Fi, terdapat juga handycam yang menggunakan fitur NFC (Near Field Communication). Hal tersebut membuat anda bisa melakukan koneksi dengan perangkat model anda menjadi lebih cepat dan mudah.

11. Anti air & anti-guncang

Sayangnya untuk handycam dengan tipe full-size fitur ini tidak tersedia. Kebanyakan fitur ini terdapat pada handycam dengan tipe action cams, seperti GoPro Hero. Dengan fitur ini anda bisa dimudahkan untuk mengambil video dalam berbagai tempat dan keadaan.

Leave a Response