close
Tips & Trick

Tips mengatasi baterai smartphone yang cepat habis

tips mengatasi baterai smartphone

Tips mengatasi baterai smartphone berikut ini akan membantu Anda yang memiliki masalah baterai smartphone yang cepat habis. Jika masalah ini terus dibiarkan maka akan mempengaruhi aktifitas Anda, terutama saat berada diluar ruangan.

Pastinya baterai cepat habis ini memiliki banyak penyebab. Oleh karena itu agar beterai tidak cepat habis, maka Anda harus melakukan antisipasi terlebih dahulu tentang apa yang menyebabkannya cepat habis. Dalam artikel ini anugrahpratama.com akan memberikan tips mencegah agar baterai smartphone Anda tidak cepat habis.

Aplikasi yang digunakan

Baterai cepat habis salah satunya dipengaruhi oleh seberapa banyak aplikasi yang Anda gunakan dan juga seberapa berat aplikasi yang Anda gunakan. Jika Anda menjalankan aplikasi yang banyak dalam waktu bersamaan, maka bisa dipastikan bahwa baterai smartphone akan cepat habis.

Selain faktor jumlah aplikasi yang banyak di smartphpne, tingkat beratnya juga mempengaruhi baterai yang berakibat cepat habis dayanya. Dengan demikian sebiasa mungkin Anda tidak memasang aplikasi-aplikasi yang tidak penting di smartphone Anda agar tidak membuat baterai smartphone cepat habis.

Anda bisa melihat juga di daftar aplikasi, sekiaranya mana yang berat dan jarang digunakan maka bisa dihapus saja aplikasinya.

Mode Power Saving

Setiap smartphone saat ini menyediakan fitur mode power saving. Fitur ini memang digunakan untuk menghemat baterai smartphone saat diaktifkan. Cara kerjanya biasanya dengan menonaktifkan beberapa aplikasia atau fitur lain yang sedang aktif meski tidak digunakan.

Kadang mode power saving ini juga bekerja dengan mematikan jaringan internet. Karena jaringan internet merupakan salah fatu faktor yang menyebabkan baterai smartphone cepat habis.

Pencahayaan

Semakin terang layar smartphone maka semakin cepat habis juga daya baterainya. Oleh karena itu Anda harus mengatur pencahayaan smartphone Anda. Pengaturan ini bisa dilakukan saat berada dalam kondisi ruangan terang maka Anda bisa meredumkan cahaya smartphone Anda. Sebaliknya Anda juga bisa menerangkan cahaya saat berada di ruangan yang minim cahaya.

Cara pengisian baterai

Baterai soak, ini mungkin istilah yang banyak digunakan oleh orang saat baterai smartphonenya cepat habis meski baru di charge. Salah satu cara yang bisa Anda gunakan agar baterai tidak soak adalah dengan mengatur saat pengisian baterai smartphone. Usahakan jangan menggunakan smartphone saat baterainya di isi. Anda cukup menunggu beberapa menit hingga baterai smartphone Anda penuh, lalu bisa menggunakannya kembali. Apalagi smartphone saat ini banyak dilengkapi dengan teknologi fast charging.

Hapus sampah (cache)

Banyaknya sampah di smartphone juga mempengaruhi cepat habisnya baterainya. Sampah ini adalah sisa-sisa penggunaan baik file, foto, hasil browsing, dan sebagainya. Anda bisa melakukan pembersihkan secara berkala baik dengan menggunakan aplikasi “cleaner” atau bisa langsung ke storage smarphone Anda dan menghapus folder chace.

Demikian tips dari anugrahpratama.com tentang mengatasi baterai smartphone yang cepat habis. Semoga dengan membaca artikel ini baterai smartphone Anda bisa tetap awet dan tidak cepat habis.

Tags : bateraibaterai cepat habismerawat bateraismartphone