close

8 Tips Optimasi Windows 8.1

tips optimasi windows 8 1Windows 8.1, sebenarnya merupakan salah satu sistem operasi yang memiliki kecepatan pemrosesan data yang bagus. Windows 8.1 memiliki waktu booting yang lebih cepat jika dibandingkan dengan versi Windows sebelumnya. Windows 8.1 menggunakan memory yang lebih sedikit ketika bekerja, meski begitu tampilan yang dihasilkan cukup bagus dan tajam. Seperti beberapa versi Windows sebelumnya, Windows 8.1 memiliki beberapa pengaturan yang bisa anda optimalkan untuk membuat sistem operasi ini berjalan lebih cepat dan efisien. Anda bisa memperlajari seluruh tips optimasi Windows 8.1 didalam artikel ini.

Beberapa panduan optimasi Windows 8.1 ini juga berfungsi pada sistem operasi Windows versi sebelumnya, namun pada artikel optimasi Win 8.1 ini memiliki beberapa trik yang baru, yang tentunya sedikit berbeda. Perlu diingat jika, panduan optimasi Windows 8.1 yang kami berikan, tidak ada ada yang semudah menekan tombol perubahan instan, semua memiliki tahapan dan tingkat kesulitannya masing-masing. Namun, kami tetap akan menjelaskannya sedetail dan sejelas mungkin.

Here they are, langkah-langkah untuk melakukan optimasi Windows 8.1

Table of Content:
1. Mematikan animasi yang tidak perlu
2. Fitur aplikasi PinPoint memperlambat sistem anda
3. Mengatur jumlah program saat memulai sistem
4. Gunakan aplikasi keamanan yang telah disediakan
5. Mengubah daya Windows 8.1
6. Gunakan mode tidur
7. Optimalkan media penyimpanan
8. Mengontrol Windows Indexing
9. Menonaktifkan fitur tambahan pada aplikasi penjelajah internet
10. Jalankan fitur perawatan sistem

1. Mematikan animasi yang tidak perlu

Windows 8.1 dan Windows 7 memiliki tampilan animasi yang cukup baik ketika anda meminimalkan, memaksimalkan, membuka ataupun menutup sebuah jendela aplikasi. Animasi yang ditampilkan mampu menarik perhatian mata pengguna (eye catching), tapi animasi ini memiliki sebuah sisi buruk, yaitu delay yang terjadi pada sistem.

Lalu bagaimana caranya untuk menghilangkan delay tersebut? Cara satu-satunya adalah dengan mematikan fitur animasi dan transisi jendela aplikasi yang terjadi secara instan.

tips optimasi windows 8.1
Mematikan aplikasi yang tidak perlu

Untuk mematikan animasi yang ada, anda bisa melakukan langkah ini

  • Menekan tombol Windows, ketikan SystemPerformanceProperties, dan tekan tombol enter.
  • Hilangkan tanda centang pada opsi pilihan Animate windows when minimizing and maximizing. Anda juga memiliki pilihan untuk mematikan beberapa animasi yang sekiranya tidak anda butuhkan, seperti fade or slide menus into view dan fade or slide ToolTips into view.

Sudahkah anda mencobanya? Bagaimana hasilnya? Apakah Windows 8.1 anda bekerja dengan lebih optimal?

Selanjutnya, mari kita menuju ke cara optimasi Windows 8.1 berikutnya.

2. Fitur aplikasi PinPoint memperlambat sistem anda

Fitur terbaru dari Task Manager Windows 8.1 memnudahkan anda untuk meletakkan sebuah program kedalam sistem operasi anda, hal ini lah yang menjadi salah satu kelemahan yang mampu membuat komputer/laptop anda menjadi lebih lambat. Untuk membuka Task Manager pada Win 8.1, anda bisa melakukannya dengan cara:

  • Klik kanan pada desktop anda dan pilih Task Manager dari drop down menu yang muncul.
  • Lalu klik pilihan More details jika anda tidak ingin melihat seluruh tampilan dari menu ini.
tips optimasi windows 8.1
Mengatur aplikasi yang berjalan

Aplikasi yang memakan banyak tenaga akan ditampilkan secara sekilas melalui tabel yang ada. Hal ini tentu saja membuat anda dengan musah melihat aplikasi mana yang paling banyak menggunakan tenaga dan memori. Anda bisa mematikan berbagai aplikasi yang tidak anda gunakan melalui fitur Task Manager ini.

Dengan mematikan aplikasi yang tidak sengaja terpasang pada sistem anda, akan membantu optimasi Windows 8.1 sehingga mampu bekerja dengan lebih cepat dan efisien.

3. Mengatur jumlah program saat memulai sistem

Tak bisa dipungkiri, terkadang kita suka memasang berbagai aplikasi tanpa diketahui dampak selanjutnya. Banyak aplikasi yang kita pasang, otomatis terbuka sendiri walaupun kita tidak sendang menggunakannya. Task Manager dari Windows 8.1 tidak bisa membantu anda untuk mengatur/mematikan program yang otomatis ikut terbuka ketika kita menyalakan sistem operasi tersebut.

Lalu bagaimana caranya? Jika pada Windows 7 atau beberapa versi sebelumnya apa menu bernama MSConfig, pada Windows 8.1 anda bisa mengatur program yang dimulai saat sistem operasi menyala dengan menekan tab Startup pada jendela program Task Manager.

tips optimasi windows 8.1
Mengatur program saat start up

Anda dapat dengan mudah menghitung waktu yang dibutuhkan oleh sebuah sistem untuk hidup, dikarenakan pada menu ini, Windows 8.1 memberikan sebuah data berupa waktu setiap program yang dibutuhkan untuk berjalan. Jika anda tidak membutuhkan program tersebut agar berjalan ketika sistem operasi anda pertama kali beroperasi, anda bisa memilih program tersebut dan klik pilihan Disable untuk mencegah aplikasi tersebut agar tidak beroperasi ketika sistem pertama kali melakukan booting.

Kenapa? Hal ini berpengaruh. Bisa kita analogikan dengan diri anda sendiri, apakah diri anda bisa mengerjakan sebuah soal logaritma matematika tepat ketika anda bangun tidur?

4. Gunakan aplikasi keamanan yang telah disediakan

Daripada harus menggunakan aplikasi keamanan dari pihak ketiga yang mampu melambatkan computer anda, cobalah menggunakan aplikasi keamanan yang telah berada sepaket dengan sistem operasi Windows 8.1, hal ini akan meningkatkan optimasi Windows 8.1 anda. Windows sekarang sudah tidak seperti versi sebelumnya, mereka memberikan fitur bernama Windows Defender yang bertugas menjaga keamanan sistem operasi anda. Windows Defender sendiri sebenarnya merupakan aplikasi yang dikembangkan dari antivirus Microsoft Security Essential.

tips optimasi windows 8.1
Menggunakan aplikasi keamanan bawaan

Selain itu Windows 8.1 juga memiliki fitur SmartScreen, yang mampu menganalisis seberapa terpercayanya program yang anda unduh. Hal ini sama seperti versi Windows sebelumnya, hanya dengan nama yang berbeda dan fitur yang lebih berkembang.

Jika anda menginginkan pengaturan dan opsi yang lebih, anda mungkin bisa memasang aplikasi keamanan dari pihak ketiga. Namun, hingga saat ini belum/jarang kita temukan user Windows 8.1 mengalami masalah dengan aplikasi sekuritas bawaannya.

5. Mengubah daya Windows 8.1

Windows 8.1 menggunakan sebuah fitur bernama power plans untuk menentukan masa hidup baterai atau performa sebuah PC/laptop, fitur ini juga mengatur aplikasi mana yang harusnya dijadikan prioritas. Untuk melihat pengaturan power plan anda, anda bisa melakukannya dengan cara:

  • Tekan tombol Windows pada keyboard anda, dan ketikan Power Plan.
  • Lalu klik tombol Settings dan tekan Enter.

Power plan anda jika dalam keadaan default menggunakan mode balanced (seimbang), dalam mode ini Windows 8.1 cenderung menurukan kecepatan CPU anda ketika tidak diperlukan. Hal ini tentu saja sangat berguna, karena akan menekan konsumsi tenaga. Untuk mengeluarkan seluruh performa dari laptop/PC anda, anda mungkin ingin mencoba mode High Performance. Dalam mode High Performance, kecepatan CPU anda tidak akan menurun dan akan bekerja dengan kecepatan tinggi sepanjang waktu selama dia menyala.

tips optimasi windows 8.1
Mengatur power options

Bagaimanpun juga, hal ini tidak baik bagi laptop/PC anda. Meskipun anda memiliki sebuah PC gaming dengan prforma yang tinggi, ketika anda hanya menggunakannya untuk melakukan web browsing, anda tidak membutuhkan kecepatan CPU penuh. Hal ini malah membuang pengeluaran anda dalam membayar listrik dan juga membuat PC anda semakin panas.

Apapun power plan yang anda pilih, pastikan jika anda tidak menggunakan mode Power saver. Mode ini hanya berguna jika anda pengguna laptop, dan laptop anda sedang kehabisan baterai namun anda sedang berada pada keadaan dimana masih membutuhkan kinerja laptop tersebut (baca tips memperpanjang daya tahan baterai laptop disini).

Dengan memilih power plan yang tepat, tentunya pekerjaan anda akan lebih mudah dan efisien dikarenakan Optimasi Windows 8.1 anda bekerja dengan tepat.

6. Gunakan mode tidur

Salah satu fitur yang dirasa paling kontroversial pada Windows 8.1 adalah posisi opsi Shut Down yang terdapat di dalam menu yang disembunyikan pada opsi disebelah kanan. Microsoft lebih menyarankan anda menggunakan mode Sleep dibandingkan dengan mode Shut Down. Ketika anda menggunakan mode Sleep, computer anda akan mengkonsumsi tenaga yang cukup rendah, untuk tetap menjaga program dan dokumen yang aktif pada memori RAM PC anda tetap terbuka. Ketika anda kembali menggunakan komputer tersebut, PC anda akan memulai semuanya sama persis dengan sebelum anda mematikannya. Menggunakan mode Sleep dibandingkan dengan mode Shut Down dapat meningkatkan kecepatan penggunaan komputer anda.

tips optimasi windows 8.1
Menggunakan mode sleep dibandingkan shut down

Anda bisa menemukan opsi mode Sleep dibawah opsi dari tombol power. Selain itu, terdapat juga pengaturan untuk PC/laptop anda agar bisa melakukan sleep secara otomatis. Anda bisa mengubah pengaturan ini dengan melakukan klik terhadap opsi choose what the power buttons do pada jendela program Power Options, seperti yang telah kami sebutkan diatas.

7. Optimalkan media penyimpanan

Windows 8.1 memiliki fitur standart Disk Defragmenter, namun sekarang berbeda nama menjadi Optimize Drives. Untuk mengakses fitur ini, anda bisa dengan mudah melakukan cara sebagai berikut:

  • menekan tombol Windows, lalu mengetikan Defragment. 
  • lalu klik Settings dan tekan tombol Enter. Pastikan jika Windows 8.1 anda secara otomatis melakukan Defragment harddisk seminggu sekali. Namun, jika anda menggunakan SSD, hal ini tidak perlu dilakukan (baca optimalisasi SSD disini).
tips optimasi windows 8.1
Mengoptimalkan drive penyimpanan dengan aplikasi Optimize Drive

Jika anda mampu mengoptimalkan penggunaan HDD anda, maka optimasi Windows 8.1 anda akan terasa lebih maksimal. Seharusnya ketika sudah melakukan berbagai tahap ini, anda bisa merasakan perbedaan pada sistem operasi Windows 8.1 anda. Namun masih ada 1 lagi cara terakhir untuk optimasi Win 8.1.

8. Mengontrol Windows Indexing

Servis Windows Indexing secara otomatis melakukan scan terhadap seluruh file yang ada pada computer anda dan memonitor mereka saat terjadi perubahan, sehingga mampu memudahkan anda untuk melakukan pencarian file tersebut dengan cepat, bahkan dengan waktu tunggu yang relatif cepat. Indexing menggunakan tenaga CPU yang memang relatif kecil namun secara terus menerus. Jadi, mematikan fitur ini dapat membantu anda menurunkan penggunaan CPU, sehingga Windows 8.1 anda dapat bekerja secara optimal dan efisien.

tips optimasi windows 8.1
Menonaktifkan Windows Indexing

Untuk mematikan fitur ini, anda bisa melakukan hal sebagai berikut:

  • Menekan start, lalu ketikan services.msc
  • Tekan tombol enter pada keyboard. Lalu gerakan menu kebawah.
  • Letakan pada pilihan menu Windows Search service, klik kanan pada bagian tersebut dan pilih Properties.
tips optimasi windows 8.1
Menonaktifkan Windows Indexing

Atur tipe Startup menjadi disable, dan tekan tombol Stop untuk menghentikan servis lalu klik OK.

Dibandingkan dengan mematikan seluruh servis Windows Indexing, anda mungkin bisa mempertimbangkan folder mana saja dari Windows yang terdeteksi fitur ini. Hal ini juga cukup membantu mengingat anda juga tidak perlu mematikan seluruh fitur.

tips optimasi windows 8.1
Mematikan sebagian fitur Windows Indexing

9. Menonaktifkan fitur tambahan pada aplikasi penjelajah internet anda

Anda mungkin tidak menyangka jika aplikasi yang anda pasang terkadang membawa sebuah fitur tambahan yang mampu memberatkan sistem operasi anda, fitur tambahan (add-ons) ini tak jarang memiliki ukuran yang besar dan penggunaannya juga tidak seberapa penting. Dengan mengetahui hal tersebut, anda seharusnya mematikan atau membuang fitur tambahan yang tidak perlu pada browser anda. Internet Explorer memiliki sebuah fitur yang mampu memudahkan anda untuk mengatur fitur-fitur tambahan tersebut. Anda juga bisa melakukan Reset untuk semua fitur tambahan (add-ons) yang telah terpasang pada browser anda. Bagaimana caranya? anda bisa melakukan langkah-langkah berikut:

  • Buka menu Internet Options, lalu pilih tab Advanced.
  • Ketika anda berada pada menu Advanced, anda bisa menekan tombol Reset..

Dengan melakukan hal tersebut, anda bisa mengatur ulang seluruh fitur tambahan (add-ons) yang terpasang pada aplikasi Internet Explorer. Untuk web browser lainnya, anda bisa melakukan hal yang sama. Semakin anda mengurangi add-ons yang terpasang pada browser anda, maka browser anda akan terasa semakin ringan, stabil dan responsif.

10. Jalankan fitur perawatan sistem

Dengan menggunakan sistem operasi Windows 8.1 anda telah dibekali dengan fitur perawatan sistem (System Maintenance), fitur ini berguna untuk mengindentifikasi dan membersihkan berkas-berkas dan jalan pintas (shortcut) yang tidak digunakan. Hal ini bertujuan agar, sistem operasi anda dapat berjalan dengan efisien dan cepat. Untuk melakukan hal ini, anda bisa melakukan langkah-langkah berikut:

  • Buka Charms Bar, klik Settings pada tautan Control Panel.
  • Buka menu Troubleshooting.
  • Ketika dibuka, tekan tombol Run untuk menjalankan fitur perawatan sistem.
tips optimasi windows 8
Fitur perawatan sistem

Jika terdapat sebuah kesalahan atau fitur ini mengindetifikasi berkas yang memberatkan sistem, fitur perawatan sistem (System Maintenance) akan memberikan rekomendasi yang cukup berguna dan mempuat anda memiliki kesempatan untuk membenahinya secara langsung.

Apakah anda menggunakan salah satu fitur diatas? Apakah tutorial diatas cukup membantu optimasi Windows 8.1 milik anda? Atau anda memiliki tips yang lainnya? Silahkan anda meninggalkan komentar, untuk bisa didiskusikan bersama kami.

back to top

1 Comment

Leave a Response