close
Kenali tanda smartphone kamu terkena virus berbahaya

Kenali tanda smartphone kamu terkena virus berbahaya. Sekarang ini virus bukan hanya dapat menyerang komputer, akan tetapi virus juga dapat menyerang smartphone kamu. Ancaman virus dari tahun ke tahun semakin meningkat bahkan sempat beberapa waktu yang lalu Ransomware WannaCry sempat mengancam pengguna android.

Maka dari itu kalian harus bisa berwaspada dengan mengenali terlebih dahulu tanda-tanda virus pada smartphone. Pastikan smartphone kamu bebas dari virus sehingga kamu bisa tetap aman di dalam menggunakan smartphone mu.

Hal-hal spele seperti misalnya kalian mengunduh sebuah file tertentu atau mungkin kalian tidak sengaja meng-akses ke suatu situs yang tanpa kalian sadari itu dapat menyebabkan smartphone kalian bisa terkena virus.

Smartphone yang sudah terkena virus tentunya akan menimbulkan kerugian, kerugian yang bahkan bisa mempengaruhi performa ponsel bahkan yang terparah adalah bisa saja terjadi pencurian data pribadi.

Tentu itu akan sangat berbahaya sekali, maka dari itu penting untuk kalian mengetahui dan mengenali tanda smartphone kalian terkena virus berbahaya jadi kalian juga bisa segera mengambil tindakan lebih awal sebelum terjadi.

Daya baterai melemah

Sifat jahat virus baik di dalam komputer ataupun di smartphone adalah selalu aktif di background. Di smartphone virus akan aktif dalam bentuk iklan yang tiba-tiba sering muncul, manipulasi data hingga menjalankan program yang tidak penting yang akan membuat baterai cepat habis.

Jika kamu baru membeli smartphone tapi data tahan baterai-nya terasa buruk dan cepat habis maka itu bisa saja smartphone kamu terkena virus, akan tetapi jika kamu sudah menggunakan smartphone dalam jangka waktu yang lama bisa jadi saat daya batterai kamu melemah smartphone kamu rusak dan minta di ganti.

Kualitas panggilan terganggu

Pernah kalian melakukan panggilam telepon dengan orang, tapi suaranya gak jelas walaupun sinyalnya kuat? Jika hal ini sering terjadi, ada kemungkinan smartphone kamu terinfeksi virus. Karena virus bisa mencuri data dari percakapan telepon, sehingga mereka akan menganggu kualitas panggilan kamu.

Tagihan telepon atau pulsa membengkak

Tanda lainnya kalau smartphone kamu terkena virus adalah tagihan telepon yang membengkak atau tagihan pulsa kamu yang membengkak. Kok bisa? Karena virus sekarang banyak menggunakan untuk mengirimkan data dalam bentuk SMS ataupun secara otomatis bisa terjadi pembayaran sendiri.

Tujuannya untuk menguntungkan pengembang virus dan di dalam beberapa kasus si virus hanya akan mengirimkan beberapa SMS dalam waktu sebulan agar tidak dicurigai. Namun ada juga virus yang melakukan pembayaran besar-besaran lewat SMS sehingga membuat tagihan dan pengeluaran pulsa membengkak dan parahnya lagi adalah si virus ini bisa membuat dirinya terhapus dengan sendirinya setelah membuat tagihan besar.

Data intenet meningkat

Nah bagian ini juga bisa jadi tanda adanya virus di smartphone kamu. Jadi selain aktif mengirimkan data dari korban, si virus juga rajin melakukan download dan update untuk menjaga dirinya bisa tetap hidup di smartphone kamu.

Maka dari itu jangan malas untuk memantau penggunaan data kamu, jadi kalia bisa coba dengan mengaktifkan fitur data usage untuk mengatur dan memantau batasan data di smartphone kamu.

Performa tidak maksimal

Bagian ini juga merupakan salah satu bagian yang dapat mempengaruhi performa smartphone kamu akibat terkena virus. Kalau smartphone kamu tiba-tiba ke restart sendiri dan lag, itu sudah pasti smartphone kamu terkena virus.

Karena adanya virus di smartphone kamu akan membuat konsumsi sumber daya smartphone kamu jadi boros dan dampaknya performa smartphone kamu bisa jadi tidak maksimal jika kalian bandingkan dengan spesifikasi yang dibawa.

Sekian pembahasan dari Anugrah Pratama mengenai kenali tanda smartphone kamu terkena virus berbahaya. Jika kamu pernah mengalaminya, jangan lupa untuk menceritakan pengalaman kamu ya. Solusi anti-virusnya di tunggu di next post~

Tags : androidsmartphonevirus