close

Ini 5 Trik Memperkuat Sinyal Smartphone!

memperkuat sinyal smartphone

Banyak orang yang sering merasa kebingungan bagaimana caranya untuk memperkuat sinyal smartphone. Hal ini wajar saja terjadi karena sering terjadi beberapa kendala kehilangan sinyal seperti saat menelepon, browsing, atau membuka media sosial. Tentu saja hal ini menjadi sangat menyebalkan jika Anda sedang menelepon dengan rekan atau kolega yang membicarakan hal penting. Setelah dicek lagi, ternyata sinyal menjadi hilang karena sinyal operator yang melemah.

memperkuat sinyal smartphone

Jika hal ini terjadi, Anda bisa mengakalinya dengan beberapa cara seperti mengecek kekuatan sinyal telepon yang ada di sekeliling Anda dengan cara melihat bar sinyal. Selain itu, bisa juga dengan cara masuk ke dalam menu Setting, kemudian klik Network. Anda bisa melihat kekuatan sinyal yang ditunjukkan dalam satuan decibel miliwatts (dBm). Cara yang satu ini khusus untuk pengguna yang memakai smartphone Android.

Sedangkan untuk perangkat iPhone, Anda bisa mencoba menekan *3001#12345# pada dial pad. Setelah itu Anda akan masuk ke dalam menu ‘Field Test’ dan bar sinyal yang akan berubah menjadi satuan dBm. Anda bisa melihat kekuatan sinyal pada bar sinyal tersebut. Jika sinyal berada pada -100 dBm, berarti sinyal ponsel Anda sangat buruk. Sedangkan angka -70 dBm menandakan kualitas sinyal sudah baik. Setelah melakukan cara-cara tersebut, Anda bisa mencoba beberapa langkah di bawah ini agar bisa memperkuat sinyal smartphone.

Trik Memperkuat Sinyal Smartphone

Memasang ‘Airplane Mode’

Anda bisa mencoba untuk memperkuat sinyal smartphone dengan cara memasang sinyal Airplane Mode selama kurang lebih tiga detik. Jika sudah, matikan kembali mode tersebut. Cara ini dipakai agar koneksi ponsel dapat di-refresh ke jaringan operator selular yang digunakan. Kemudian smartphone milik Anda akan bisa terhubung ke pemancar sinyal yang lokasinya paling dekat saat digunakan. Sehingga sinyal yang dipancarkan akan lebih mudah dan kuat saat diterima.

Membuat peta sinyal

Anda bisa membuat peta sinyal untuk bisa memperkuat sinyal smartphone. Misalnya saja saat di rumah, buat sebuah denah rumah sederhana. Kemudian nyalakan mode ‘Field Test’ untuk melihat indikator kekuatan sinyal. Setelah mengetahui indikator kekuatan sinyal, berjalanlah mulai dari satu titik ke titik di dalam rumah agar bisa mengetahui seberapa besar kekuatan sinyal yang bisa didapatkan di sana. Kemudian tandai setiap titik yang ada di peta. Cara ini bisa mempermudah Anda untuk menemukan titik mana saja yang mempunyai sinyal kuat.

Mendekati pemancar sinyal

Cara lain yang bisa dilakukan ialah dengan cara mendekati pemancar sinyal. Anda bisa mengunduh dan menginstal aplikasi Open Signal yang ada di Google PlayStore. Aplikasi tersebut bermanfaat untuk mengecek jumlah menara pemancar sinyal yang ada di sekeliling. Setelah mengetahui, Anda bisa mendekati pemancar-pemancar tersebut agar mendapatkan sinyal yang lebih kuat saat melakukan panggilan suara atau SMS yang ter-pending.

Membuka jendela

Cara ini cukup sederhana dan tradisional. Untuk memperkuat sinyal smartphone saat menerima telepon, Anda bisa membuka jendela rumah terdekat. Hal ini juga berlaku saat sedang berada di dalam mobil. Buka jendela mobil saat sedang menerima telepon agar sinyal lebih kuat. Cara ini bermanfaat karena sinyal yang terpancar dari luar ruangan dapat ditangkap dengan ponsel lebih mudah, tanpa harus menembus penghalang.

Mengecek baterai smartphone

Hal ini juga cukup penting untuk diperhatikan. Anda bisa mengecek baterai smartphone. Biasanya smartphone menerapkan mode penghematan daya baterai ketika sudah low. Mode ini memungkinkan sinyal untuk putus karena untuk memindah koneksi dari satu pemancar ke pemancara lainnya akan memakan banyak daya pada baterai. Jika masalah ini yang terjadi, Anda cukup mengisi daya tahan baterai terlebih dahulu.

Kelima cara di atas dapat Anda lakukan agar bisa memperkuat sinyal smartphone saat terjadi putus-putus ketika menelepon atau SMS yang pending.

Leave a Response