close
Review

Acer Liquid Z205: Performa Tinggi, Harga Terjangkau

Acer Liquid Z205

Selain sukses dalam produk komputer, ACER merambah bidang bisnisnya dengan terjun pada bisnis ponsel cerdas. Salah satu ponsel cerdas keluaran Acer adalah Acer Liquid Z205. Acer Liquid Z205 adalah smartphone terbaru yang dikeluarkan oleh vendor asal Taiwan pada awal tahun 2015 untuk wilayah Indonesia. Acer Liquid Z205 sendiri merupakan suksesor dari ponsel sebelumnya yaitu Acer Liquid Z205 yang populer pada kelas menengah. Spesifikasinya secara umum sama dengan pendahulunya dan harganya terkenal terjangkau. Diharapkan smartphone ini akan lebih mampu sukses di pasaran elektronik. Kali ini akan dibahas mengenai review Acer Liquid Z205.

Acer Liquid Z205

Dimulai dari layar. Acer Liquid Z205 memiliki layar sebesar 4 inchi yang menggunakan tipe layar TFT capacitive touchscreen. Kedalaman warna yang bisa dicapai oleh ponsel ini adalah 16 juta warna dengan resolusi 480 x 800 pixels. Kerapatan warnanya mencapai 233 pixel per inch yang cukup jernih. Untuk ukuran ponsel kelas menengah, Acer Liquid Z205 sudah cukup bagus dalam hal layar yang merupakan tameng utama ponsel ini. Beralih pada desain, Acer Liquid Z205 agak berbeda dengan Acer Liquid Z200. Acer Liquid Z205 memiliki dimensi 126 x 65 mm yang cukup nyaman digenggam dan digunakan satu tangan saja. Bodinya terbilang cukup tebal dengan ketebalan mencapai 10.3 mm dan bobotnya yang cukup terjangkau yaitu 130 gram. Bodi belakang juga dilengkapi dengan Acer Rapid Key yang bisa berfungsi sebagai tombol shutter atau pintasan pembuka kamera.

Untuk urusan konektivitas, Acer Liquid Z205 hadir dengan dua slot SIM yang mendukung sistem dual SIM dan dual standby. Perangkat ini memang belum dilengkapi dengan dukungan jaringan 4G LTE namun untuk ponsel sekelasnya Acer Liquid Z205 menjadi salah satu ponsel yang cukup mampu bersaing dengan fitur dan kemampuan lainnya seperti dukungan jaringan 3G HSDPA dan 2G GSM. Kecepatan internet yang bisa dicapai menggunakan ponsel ini adalah HSDPA 21 Mbps dan HSUPA 5.76 Mbps. Acer Liquid Z205 juga dilengkapi dengan fitur konektivitas seperti Wi-fi, hostpot yang bisa digunakan untuk tethering, serta bluetooth v4.0 dan port USB v2.0.

Dapur pacu Acer Liquid Z205 ini ditunjang oleh MediaTek MT6582 yang bisa membawa prosesor Dual-Core Cortex-A7 dengan kecepatan mencapai GHz. Dapur pacunya sama dengan milik pendahulunya namun pada Acer Liquid Z205 lebih diseimbangkan dengan diberi RAM 1 GB sehingga bisa lebih memberikan kelancaran dalam pengoperasian menggunakan ponsel Acer Liquid Z205 ini. Sebenarnya, Acer Liquid Z205 dijhual dengan beberapa harga yang salah satu faktor penyebabnya adalah varian RAM yang juga tersedian dalam ukuran 512 MB. Pengolah grafis pada Acer Liquid Z205 ini menggunakan Mali 400 serta sistem operasi yang digunakan adalah Android OS v4.4.2 KitKat.

Acer Liquid Z205 diluncurkan sebagai smartphone yang berbekal dua speaker menghadap ke depan di atas dan bawah layar menggunakan teknologi DTS Studio Sound sehingga mampu memancarkan suara yang bagus dan memanjakan telinga penggunanya. Untuk melengkapi fitur ini, Acer juga melengkapinya dengan port audio 3.5 mm jack sebagai colokan earphone. Beralih pada fitur kamera, Acer Liquid Z205 dilengkapi dengan 1 kamera utama berukuran 2 MP resolusi 1600 x 1200 pixel yang ditunjang dengan Fixed Focus. Fitur ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur pendukung seperti auto smile shot, continuous shot, dan panorama shot.

Beberapa kelebihan yang ada pada Acer Liquid Z205 adalah dukungan jaringan 2G dan 3G HSDPA, layarnya sebesar 4 inchi yang membuat ponsel ini nyaman digenggam, memori internal penyimpanan untuk ponsel sekelas Acer Liquid Z205 cukup besar yaitu 4 GB dengan varian RAM 1 GB dan 512 MB. Memori eksternal yang bisa ditambahkan adalah 32 GB tipe micro SD. Sistem operasinya sudah mendukung Android v4.4.2 KitKat dan terdapat dua slot SIM GSM serta harganya yang terjangkau untuk ponsel kelas menengah dengan sejuta fitur yang diberikan. Sementara untuk kelemahannya, Acer Liquid Z205 masih menggunakan layar tipe TFT, belum dibekali dengan dukungan terhadap jaringan 4G LTE, kamera utamanya masih berukuran 2 MP, tidak ada kamera depan, serta baterai yang berkapasitas kecil yaitu Li-Ion 1300 mAh.

Leave a Response