close

Asus dan Google Luncurkan Komputer Mini Bernama Chromebit

Chromebit

Salah satu produsen asal Taiwan, Asus, bersama dengan Google akhirnya merilis komputer mungil bernama Chromebit. Komputer ini berukuran mini, hanya sebesar flashdisk. Namun tidak hanya ukurannya saja yang mini, komputer ini juga dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu sekitar 85 dollar AS atau sekitar Rp 1,1 juta.

Chromebit

Chromebit menggunakan sistem operasi Chrome OS yang dibuat oleh Google. Selama ini, OS ini memang telah diselipkan pada laptop Chromebook yang dibuat oleh beberapa vendor. Google memang membuat Chrome OS sebagai salah satu solusi komputasi murah yang dibuat berdasarkan aplikasi web. Sehingga pengguna tidak perlu repot lagi untuk memperbarui berbagai aplikasi serta sistem yang ada di dalamnya. Semuanya telah ditangani melalui cloud.

Sedangkan Chromebit merupakan tawaran komputasi yang murah dan serupa dengan Chromebook. Namun bedanya terletak pada beberapa komponen mahal yang dihilangkan seperti layar, baterai, trackpad, hingga keyboard. Sehingga ukuran maupun harganya akan benar-benar mini.

Komputer berukuran mini ini dapat digunakan pada monitor atau televisi yang memiliki port HDMI. Hanya dengan dicolokkan saja, semuanya akan berjalan seperti komputer pada umumnya. Namun, pengguna juga harus mengetahui bahwa kinerja Chromebit ini tidak terlalu tinggi.

Asus dan Google hanya menyematkan prosesor Rockchip. Prosesor ini  merupakan otak pemrosesan generasi baru yang tidak akan sanggup digunakan untuk multitasking maupun memutar video dengan  resolusi tinggi karena RAM di dalamnya hanya tersedia 2 GB saja. Apabila Anda tertarik, pengguna harus menyiapkan keyboard serta mouse yang memiliki koneksi Bluetooth.

Leave a Response