close
GadgetReviewTips & Trick

Cara ampuh yang akan membantu menghemat kuota intenet kamu

Cara ampuh yang akan membantu menghemat kuota intenet kamu

Cara ampuh yang akan membantu menghemat kuota internet kamu. Kalian sering kehabisan kuota internet? Jangan khawatir karena ada beberapa cara yang akan membantu kalian untuk menghemat kuota internet kamu.

Tidak dapat di pungkiri bahwa penggunaan kuota internet sekarang ini menjadi kebutuhan dasar di tambah lagi era pandemi yang banyak mengharuskan untuk bertemu dan bersosialisasi secara virtual.

Akan tetapi buat kalian yang lebih ingin irit di dalam menggunakan kuota intenet, kalian ikutin aja terus ya ulasan berikut ini. Sekarang ini kuota internet juga berbanding terbalik dengan harganya, semakin banyak dan cepat koneksi yang di tawarkan maka semakin mahal pula harganya.

Namun jangan khawatir karena kecanggihan sistem operasi smartphone saat ini juga bisa membantu kamu untuk melakukan beberapa hal yang dapat membantu kalian untuk menghemat kuota internet sehingga kalian bisa menggunakannya dengan lebih tahan lama.
Langsung saja kita simak ulasan berikut ini cara ampuh yang akan membantu menghemat kuota internet kamu :

Aktifkan Fitur Data Saver

Bagi kalian yang menggunakan browser chrome browser, maka kalian bisa menggunakan fitur data saver ini untuk membantu kalian menghemat kuota.

Caranya itu kalian bisa pergi ke menu Settings > Data Saver > ON Fitur ini akan melakukan kompresasi data hingga 50% sehingga dapat mengurangi pemakaian data di HP Android kamu.

Matikan Sinkronisasi

Cara ini juga merupakan cara yang ampuh, kalian hanya perlu menon-aktifkan akun dengan pilihan opsi sinkronisasi dan tidak kalian gunakan secara berkala.

Caranya pun sangat mudah yaitu kalian bisa masuk ke menu Settings > Accounts > Pilih akun yang tidak ingin kamu sinkronisasikan. Cara ini akan membantu menghemat kuota internet kalian karena aplikasi ini secara otomatis tidak akan tersambung ke internet.

Batasi Penggunaan Mobile Data dan Aktifkan Peringatannya

Buat kalian yang ingin menghemat menggunakan kuota internet, kalian juga bisa menggunakan car aini. Apalagi jika kalian pengguna Android pastinya sudah tau dong fitur data usage warning dan limit sistem yang sudah ada di hp android.

Kalian bisa memanfaatkan fitur ini untuk membantu memberikan kalian peringatan saat pemakaian data kalian sudah melampaui batas. Caranya kalian masuk ke settings > Data Usage > Celular Data > Set cellular data limit dan Tap untuk meng-aktifkannya.

Indentifikasikan Aplikasi yang menyedot kuota data

Kalian juga bisa menggunakan cara ini agar tidak boros kuota, aplikasi ini memang di buat untuk memudahkan kita ke koneksi internet akan tetapi hal ini kadang dapat membuatnya memakan banyak kuota.

Kalian bisa coba menggunakan cara ini untuk mengetahui aplikasi mana saja yang banyak menyedot kuota data kamu, dengan cara menu Settings > Data Usage > Scroll ke bawah dan temukan daftar aplikasi kalian yang memakan banyak data kamu.

Setelah itu kamu bisa uninstall aplikasi tersebut kemudian menggantinya dengan aplikasi baru yang lebih hemat kuota data mu.

Matikan update Aplikasi otomatis di Google Play

Jika kalian menggunakan aplikasi dari google play store, biasanya HP kamu akan melakukan update aplikasi yang terinstall secara otomatis. Maka dari itu biasanya hal ini bisa banyak memakan banyak kuota kamu, jadi untuk itu kalian bisa menggunakan cara ini yaitu mengaktifkan wifi only.

Kalian bisa masuk ke play strore dan pilih menu Settings > Auto-update-apps > Auto-Update Apps Over Wifi Only. Besaran update dari suatu aplikasi itu beragam, maka dari itu dengan menggunakan car aini menjadikan kuota internet kalian bisa lebih ampuh dan hemat.

Sekian pembahasan dari Anugrah Pratama mengenai cara ampuh yang akan membantu menghemat kuota internet kamu. Semoga ulasan berikut ini dapat membantu kalian memberikan solusi sehingga pemakaian penggunaan kuota data internet kalian bisa lebih hemat.

Tags : datagooglekuota