close

5 Cara Menghemat Kuota Data Internet

Menghemat Kuota Data Internet

Cara menghemat kuota data internet perlu diketahui oleh para pengguna smartphone agar tidak terjadi pemborosan data internet lagi. Saat ini perkembangan teknologi semakin pesat. Setiap orang dituntut untuk selalu update dengan teknologi. Saat ini hampir seluruh komunikasi di dunia menggunakan internet, baik melalui PC, laptop, smartphone, maupun tablet. Penggunaan internet dengan menggunakan smartphone atau handphone memiliki persentase lebih banyak digunakan dibanding PC atau laptop. Orang menggunakan smartphone karena lebih praktis digunakan untuk berkomunikasi. Kuota data internet yang dibutuhkan pada smartphone pun semakin bertambah.

Menghemat Kuota Data Internet

Ada dua jenis paket data yang sering digunakan oleh pengguna smartphone, yaitu paket data berdasarkan kuota dan unlimited. Keduanya memiliki kecepatan dan kapasitas yang telah disesuaikan dari masing-masing operator. Selain itu, sama-sama memiliki batas wajar pemakaian. Perbedaannya hanya pada sistem pemakaian saat data akan habis. Apabila pengguna memakai paket data unlimited, pengguna akan tetap bisa mengakses walaupun kecepatannya menjadi lambat. Sedangkan paket data kuota, koneksi internetnya akan terputus jika data telah habis.

Beberapa alternatif dapat dilakukan agar paket kuota data internet Anda bisa hemat, namun koneksi internet tetap lancar. Anda bisa mengandalkan Wi-Fi di beberapa tempat umum secara gratis. Berikut beberapa cara jitu yang dapat dilakukan agar kuota data internet milik Anda bisa lebih hemat.

Mengawasi Penggunaan Data

Menghemat Kuota Data Internet

Pengguna harus mengetahui tipe-tipe konsumsi data yang digunakan pada smartphone miliknya. Misalnya saja untuk mengakses media sosial, browsing, download aplikasi, bermain game, atau menonton video online. Seluruh informasi penggunaan data tersebut dapat dilihat di menu yang tersedia di ponsel. Biasanya menu tersebut tersedia di bagian pengaturan. Menu tersebut akan menunjukkan banyak data yang telah digunakan, sekaligus aplikasi apa saja yang telah digunakan.

Tidak hanya menu dari smartphone itu sendiri, ada juga aplikasi yang bisa menghitung konsumsi data misalnya Onavo Count. Dengan mengetahui jumlah data yang telah dikeluarkan, pengguna dapat berupaya untuk hemat. Misalnya dengan mencari tahu aplikasi apa yang banyak menghabiskan data. Setelah mengetahui, pengguna bisa membukanya hanya saat menggunakan Wi-Fi saja.

Matikan Update Otomatis

Menghemat Kuota Data Internet

Fitu update otomatis memang menguntungkan pengguna. Pengguna bisa mendapatkan aplikasi terbaru secara langsung tanpa harus repot-repot. Tapi jika tidak terkendali, kuota smartphone Anda akan cepat habis. Sebaiknya pengguna mematikan fitur ini dan menggantinya dengan cara lain, seperti melakukan update secara manual atau otomatis hanya saat sedang terkoneksi dengan Wi-Fi.

Melakukan Kompresi Data di Browser

Menghemat Kuota Data Internet

Beberapa browser memang telah memiliki fitur yang otomatis akan memampatkan data. Fitur ini berfungsi untuk pengguna yang sering melakukan browsing dengan ponsel milik mereka. Browser yang memiliki fitur ini adalah Chrome dan Opera Mini. Kedua browser tersebut menggunakan server milik mereka sendiri untuk melakukan kompresi data situs yang dikunjungi oleh pengguna, kemudian mengirimkannya dalam bentuk data yang telah diperkecil.

Cerdik Saat Menonton Video secara Streaming

Menghemat Kuota Data Internet

Menonton video secara streaming memang sangat mengasikkan. Apalagi jika sedang dilanda kebosanan atau tidak ada kegiatan. Tapi streaming merupakan kegiatan yang paling banyak menghabiskan kuota di smartphone. Alternatif yang dapat dilakukan yaitu dengan cara menonton video secara streaming saat ada koneksi Wi-Fi. Atau langsung mengunduh video tersebut saat menggunakan Wi-Fi. Jika memang harus menonton saat menggunakan data selular, Anda bisa mengakali dengan cara menurunkan ukuran kualitas video. Semakin rendah ukuran kualitasnya, maka data yang dikeluarkan juga semakin sedikit. Cara lain yang dapat dilakukan yaitu dengan cara menonton video secara offline. Anda bisa mengunduh video saat ada koneksi Wi-Fi, Kemudian menontonnya di waktu lain. Namun sayangnya tidak semua vide bisa diunduh melalui versi offline.

Meminimalkan Download Aplikasi

Menghemat Kuota Data Internet

Kurangi mengunduh aplikasi yang tidak terlalu penting dan berukuran besar. Beberapa aplikasi yang dapat memakan banyak data antara lain Game, Path, Facebook, dan Instagram. Beberapa game memang memiliki tampilan grafis berukuran besar. Belum lagi data-data pendukung game tersebut yang juga harus diunduh. Sedangkan beberapa media sosial tersebut saat awal download memang tidak memakan banyak data. Namun, setelah digunakan konsumsinya datanya bisa membesar. Anda bisa mengatasi hal ini dengan cara mengurangi upload foto ke media sosial dan mengurangi refresh linimasa saat tidak terhubung dengan koneksi Wi-Fi.

Cara-cara di atas dapat Anda lakukan untuk menghemat kuota data internet di smartphone agar tidak terkuras banyak. Intinya, sesering mungkin Anda bisa mengakses data menggunakan koneksi Wi-Fi secara gratis. Kemudian sering-sering memantau jumlah konsumsi data di aplikasi yang telah tersedia.

Leave a Response