Durasi Bermain Gadget Untuk Anak, Kenali Cara Yang Tepat

anugrahpratama.com – Gadget telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Bahkan anak-anak pun tak luput dari daya tariknya. Namun, penting bagi orang tua dan pengasuh untuk memahami betapa pentingnya mengatur durasi bermain gadget anak.

Baca juga: Berapa Lama Masa Pakai untuk Gadget Apple?

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara rinci tentang durasi bermain gadget untuk anak. Selain itu juga mengenali cara yang tepat untuk memastikan anak Anda tetap sehat dan bahagia dalam dunia digital.

Ini Durasi Bermain Gadget Untuk Anak Yang Tepat

Sumber: channel Pediatrician Zakaria Mukalla

Pertanyaan yang sering muncul adalah, berapa lama seharusnya anak-anak bermain dengan gadget? Durasi yang tepat bervariasi tergantung pada usia anak. Berikut adalah panduan umum tentang berapa lama anak sebaiknya bermain gadget:

  • Usia di Bawah 2 Tahun

Pada usia ini, anak-anak sebaiknya tidak diberi akses pada gadget sama sekali. Para ahli merekomendasikan agar anak-anak di bawah 2 tahun menghabiskan waktu bermain dengan dunia nyata, berinteraksi dengan orang tua mereka, membaca buku, atau bermain dengan mainan fisik. Stimulasi dalam kehidupan nyata sangat penting untuk perkembangan otak mereka.

  • Usia 2-5 Tahun

Pada tahap ini, anak-anak mulai dapat diperkenalkan pada gadget, namun dengan sangat hati-hati. Disarankan agar durasi bermain gadget tidak melebihi 1 jam per hari. Orang tua harus memilih aplikasi dan konten yang sesuai dengan usia anak, serta selalu mengawasi aktivitas mereka saat bermain gadget. Selain itu, pastikan bahwa bermain gadget tidak menggantikan aktivitas fisik dan interaksi sosial anak.

  • Usia 6 Tahun Ke Atas

Anak-anak yang lebih besar boleh bermain gadget, tetapi dengan waktu yang sudah disepakati bersama orang tua. Ini adalah waktu yang baik untuk memberikan pemahaman tentang penggunaan gadget yang bertanggung jawab. Tetapkan aturan tentang kapan dan berapa lama mereka boleh bermain, dan pastikan bahwa waktu bermain gadget tidak mengganggu tugas sekolah serta kegiatan lainnya.

  • Remaja

Untuk remaja, yang sudah lebih mandiri, durasi bermain gadget bisa lebih lama, tetapi tetap perlu batasan. Rata-rata, remaja menghabiskan sekitar 257 menit (4 jam 17 menit) per hari dengan gadget. Orang tua perlu terus berkomunikasi dengan remaja mereka tentang penggunaan gadget yang aman, termasuk batasan waktu dan jenis konten yang boleh diakses.

Tugas Penting Bagi Orang Tua

Tugas Penting Bagi Orang Tua
Sumber foto: freepik.com

Mengatur durasi bermain gadget untuk anak adalah tugas yang penting bagi orang tua dan pengasuh. Hal ini dapat berdampak signifikan pada perkembangan fisik, emosional, dan kognitif anak.

Dengan mengikuti panduan umur dan selalu berkomunikasi dengan anak, kita dapat memastikan bahwa mereka mengalami manfaat positif dari teknologi digital tanpa mengorbankan kesehatan dan kesejahteraan mereka. Ingatlah selalu bahwa peran orang tua dalam mengawasi dan membimbing anak dalam menggunakan gadget sangatlah penting.

Baca juga: Mitos Tentang Baterai Smartphone, Laptop dan Gadget

Hal itu untuk membentuk pengalaman yang positif dalam dunia digital yang terus berkembang. Dengan begitu, kita dapat membantu anak-anak tumbuh menjadi individu yang cerdas dan bertanggung jawab dalam penggunaan teknologi.

Anugrahpratama.com
Klampis Jaya 29E, Surabaya 60117
Jawa Timur – Indonesia

Telepon: 031-33601117
Whatsapp: 08113127777

Leave a Reply