close

Empat Jenis Komputer di Dunia yang Perlu Diketahui

Empat Jenis Komputer di Dunia

Setidaknya ada empat jenis komputer di dunia ini . Tak hanya komputer pribadi saja, tetapi ada juga jenis komputer yang lain yang memiliki tugas dan fungsi masing-masing.

Empat Jenis Komputer di Dunia

Komputer sejak kemunculannya telah menjadi alat bantu yang sangat bermanfaat bagi manusia. Mungkin tak banyak yang tahu ternyata komputer juga mempunya berbagai jenis. Berikut ini adalah empat jenis komputer yang ada di dunia yang perlu anda ketahui.

 

Sebenarnya, istilah komputer berasal dari bahasa latin “computare” yang memiliki arti alat hitung. Dahulu kala, komputer berfungsi tak lebih sebagai alat hitung. Dari tahun ke tahun, komputer telah berkembang menjadi alat multifungsi. Generasi pertama komputer yang telah berevolusi yaitu pada saat perang dunia kedua. Komputer sangat berperan dalam mendesain pesawat terbang peluru kendali. Otomatis, penggunaan komputer akan lebih dieksploitasi untuk memiliki hasil tekhnologi yang maksimal. Generasi kedua komputer pada tahun 1948. Pada masa itu perkembangannya sangat berpengaruh di masa itu. Yang tadinya komputer hadir dengan versi besar, pada waktu itu sudah dirampingkan menjadi bentuk yang lebih kecil.

Seiring dengan berjalannya waktu, komputer menjelma menjadi salah satu alat yang dibutuhkan di seluruh dunia hampir di semua sektor. Pada era sekarang, tekhnologi yang ditawarkan komputer bisa dikatakan sangat aduhai. Tak heran memiliki komputer atau computer jinjing adalah suatu keharusan.

 

Empat Jenis Komputer di Dunia

 

Superkomputer

Empat Jenis Komputer di Dunia
Salah satu contoh Superkomputer

Salah satu dari empat jenis komputer di dunia adalah superkomputer. Superkomputer ini adalah jenis komputer yang paling mahal dan tercepat. Mereka dapat melakukan perhitungan-perhitungan superior dan tugas-tugas intensif. Mekanika, fisika kuantum, teori molekul, dan prakiraan cuaca yang akurat dapat dilakukan oleh superkomputer ini. Superkomputer dirancang dengan memori yang cemerlang sehingga jenis komputer ini dapat memberikan kekuatan dan kemampuan untuk memproses hal parallel. Selain itu memberikan kekuatan pemrosesan transaksi yang lebih besar. Sebuah superkomputer yang khas dapat melakukan hingga satu triliun atau lebih perhitungan individu setiap detiknya.

 

Komputer Sever

Empat Jenis Komputer di Dunia

Komputer server juga termasuk dalam salah satu dari empat jenis komputer di dunia. Komputer server berada pada tingkat yang lebih rendah dibandingkan dengan superkomputer. komputer server mencoba untuk memecahkan masalah yang kompleks, tetapi tidak fokus pada masalah tunggal saja. Jadi komputer server ini berfungsi untuk menyimpan data yang banyak sekaligus mengatur traffic yang masuk pada website kalau anda mempunyai website. Komputer server biasanya memiliki ukuran yang besar dan memiliki banyak hard drive dan prosesor besar. Jenis komputer ini dirancang untuk tahan terhadap kecelakaan dan aman. Server adalah sebuah komputer pusat, yang terdiri dari banyak program dan data.

 

Personal Computer (PC)

Empat Jenis Komputer di Dunia
Personal Computer

PC adalah salah satu dari empat jenis komputer di dunia. Jenis komputer ini adalah yang sering kita lihat sehari-hari. Komputer jenis ini biasanya dipakai di rumah ataupun di perkantoran. Kemampuan komputer pribadi telah berubah sangat sejak komputer elektronik diperkenalkan. Pengenalan mikroprosesor chip tunggal dengan semua sirkuit di dalamnya menjadi sangat populer. Komputer pribadi awal terjual dalam bentuk kit dan dalam volume terbatas. Komputer rumah dikembangkan untuk penggunaan pribadi pada 1970-an dan 1980-an. Mereka menawarkan beberapa produktivitas pribadi. Sekarang ini, komputer pribadi adalah perangkat serba bisa yang dapat menjadi media server, alat produktivitas, serta mesin game.

 

Workstation

Empat Jenis Komputer di Dunia

Jenis terakhir dari empat jenis komputer di dunia adalah komputer workstation. Komputer jenis workstation adalah komputer yang dipakai untuk keperluan tertentu. Komputer jenis ini memiliki harga yang mahal dan memerlukan biaya tinggi untuk memakainya. CPU yang digunakan biasanya enggunakan CPU kelas server 64-bit. Memori nya pun juga tidak seperti komputer pada umumnya. Komputer jenis ini biasanya memiliki memori 10000 atau 15000 RPM cakram keras atau solid state drive. Sebelumnya, workstation nyata tidak pernah dijual di toko-toko ritel, tapi sekarang ini berubah secara bertahap.

Kesimpulannya, komputer adalah peralatan vital yang harus ada dalam setiap kegiatan manusia pada zaman sekarang ini. Tak heran perkembangan komputer pun melesat bak roket yang akan ke luar angkasa. Seiring dengan perkembangan tekhnologi yang tinggi, pekembangan komputer pun jga seakin tinggi dengan dibarengi oleh tekhnologi yang semakin canggih.

1 Comment

Leave a Response