close

OneDrive Susutkan Kapasitas Penyimpanan Gratis Jadi 5GB

onedrive-anugrahpratama

OneDrive dikenal sebagai pesaing Google Drive dan Apple iCloud yang cukup baik dengan segala fitur, keamanan dan kapasitas penyimpanan bagi penggunanya. Sebagian besar pengguna Microsoft Office mungkin juga lebih memilih OneDrive berkat kemampuan sinkronisasi otomatis dari komputer yang dipakainya. Serta kapasitas penyimpanan yang melegakan, membuat pengguna memiliki keleluasaan untuk mengunggah dari sekedar dokumen hingga file-file lainnya.

onedrive-anugrahpratama

Namun kini tampaknya OneDrive meralat user-privilege tersebut dan semakin mengkomersialisasikan virtual storage ini dengan paket-paket harga tertentu yang ditawarkan saat pengguna sudah melewati batas kapasitas gratisnya. Dilansir dari blog resmi OneDrive, keputusan kontroversial ini karena faktor pengguna yang cenderung sembarangan dalam mengunggah file untuk disimpan.

Microsoft menemukan beberapa akun yang secara sengaja mengunggah seluruh komputernya (full backup) ke dalam OneDrive. Dan beberapa pengguna yang juga sengaja menyimpan koleksi film-filmnya yang memiliki ukuran besar ke OneDrive, memanfaatkan kapasitas sebesar 15GB yang disediakan secara gratis.

Beberapa transisi dan perubahan yang dilaksanakan oleh Microsoft untuk aturan main OneDrive ialah sebagai berikut:

a. Unlimited storage untuk Office 365 Home, Personal atau versi University ditiadakan. Mulai saat ini subskripsi untuk ketiga akun tersebut hanya mendapatkan kapasitas sebesar 1TB.

b. Kapasitas sebesar 100GB dan 200GB ditiadakan dari opsi pembuatan akun baru. Digantikan oleh paket harga sebesar $1.99/bulan yang menawarkan storage sebesar 50GB di awal tahun 2016.

c. Kapasitas akun gratis yang tadinya sebesar 15GB dikurangi menjadi 5GB. Keputusan ini akan dilaksanakan juga diawal tahun 2016.

Beberapa tindakan transisi pun akan segera dilakukan oleh Microsoft guna mengantisipasi adanya feedback negatif dari para pengguna yang kecewa. Khusunya bagi para pengguna aplikasi perkantoran mereka yang terbaru. Office 365.

Leave a Response