close
Gadget

Fitur Android 11 terbaru yang jadi sorotan netizen

Fitur Android 11 terbaru yang jadi sorotan netizen

Fitur android 11 terbaru semakin menarik untuk digunakan. Beberapa fitur akan membuat pengguna android 11 akan lebih mudah dalam menggunakan android. Dalam kesempatan ini anugrahpratama.com telah memberikan ulasan beberapa fitur android 11 untuk Anda.

Sederhanakan pembaruan aplikasi di Play Store

Android 11 akan mengikuti jejak Android versi sebelumnya yaitu versi 10, di mana Google dapat memperbarui berbagai elemen dalam sistem.

Tujuannya adalah memberi Google lebih banyak kebebasan untuk memperbarui aplikasi langsung dari Play Store tanpa melibatkan pengembang.

Android 11 juga akan mengalami beberapa pembaruan modul dalam sistem aplikasi. Ini termasuk pengaturan untuk mengontrol akses privasi ke penyimpanan internal dan lainnya untuk mengelola antarmuka sistem aplikasi.

Kamera dan mikrofon hanya aktif saat menggunakan aplikasi

Di Android 10, Google telah melakukan pembatasan akses aplikasi ke lokasi pengguna. Akses lokasi ini diberikan hanya ketika aplikasi aktif. Fitur ini membuat privasi pengguna Android 11 lebih aman. Di Android 11, Google meningkatkan keamanan privasi pengguna. Nantinya, seperti halnya dengan lokasi, kamera dan mikrofon juga akan memiliki akses terbatas. Karena itu, kamera dan mikrofon hanya akan aktif saat aplikasi dibuka. Setelah menutup aplikasi, kamera dan mikrofon akan dinonaktifkan.

Akses lokasi

Google sekarang tampaknya lebih memperhatikan masalah privasi. Di Android 11 nanti, Google akan menerapkan izin akses ke lokasi aplikasi yang berjalan di latar belakang. Sebab, hingga saat ini, banyak aplikasi yang mengklaim membutuhkan akses ke lokasi pengguna saat berjalan di latar belakang. Bahkan, tanpa akses ini, aplikasi akan tetap dapat berjalan sebagaimana mestinya. Nantinya, Google akan melakukan otorisasi aplikasi secara manual untuk memastikan kebutuhan akses lokasi latar belakang atau tidak.

Klasifikasi notifikasi

Android 10 mengklasifikasi pemberitahuan menjadi dua kategori. Pertama, notifikasi utama dan notifikasi yang tidak memiliki prioritas. Kemudian pada Android 11 akan ada kategori notifikasi lain, yaitu notifikasi berbasis pesan. Bagian ini ada di bagian atas panel notifikasi.

Pemberitahuan gelembung

Fitur ini telah ada sejak tahun lalu dan telah disimpan di Android 10. Gelembung pemberitahuan memungkinkan aplikasi tampak kecil di layar saat ada pemberitahuan baru. Konsepnya mirip dengan pesan pop-up yang dapat digunakan untuk merespons pesan dengan cepat.

Pengguna dapat mengetuk gelembung pemberitahuan untuk membuka aplikasi dan mengetuk gelembung lagi untuk mengecilkannya. Ini bukan fitur baru, beberapa versi Android mungkin sudah mencoba fitur ini.

Google ingin fitur ini menjadi fitur default yang dapat digunakan untuk lebih banyak aplikasi, bukan hanya aplikasi pengiriman pesan.

Demikian informasi fitur android 11 terbaru dari anugrahpratama.com untuk Anda. Apakah Anda ingin meggunakan gadget yang menerapkan android 11?

Tags : android 11gadgetgoogleplay store