close
Panduan Membeli

Tips Memilih Speaker: Merancang Home Theater Sendiri

tips-memilih-speaker

Apakah anda seorang penggemar musik? Tentunya jika anda seorang penggemar musik dan sensitif dengan suara, anda pasti tidak ingin salah dalam memilih speaker yang akan digunakan. Sayangnya, saat ini banyak sekali tipe dan jenis varian dari speaker yang ada di dalam pasaran. Jika salah dalam memilih speaker untuk anda gunakan, hasilnya jelas tidak akan maksimal dan malah membuat anda menyesal.tips-memilih-speaker

Anda akan mendapatkan kualitas nomer satu ketika anda memilih speaker yang tepat untuk kegiatan entertaiment yang anda lakukan. Ada baiknya sebelum memilih speaker, anda mengevaluasi beberapa hal seperti besar ruangan, tipe speaker dan juga spesifikasi speaker. Pada artikel ini kami memberikan sebuah tips memilih speaker yang sesuai dengan kegunaan anda.

Melakukan konfigurasi speaker untuk kenyamanan entertaiment

Ketika kita melakukan konfigurasi speaker, salah satu hal yang menjadi bahan pertimbangan pada umumnya adalah tipe dari audio yang akan anda dengarkan. Jika anda tertarik untuk mendengarkan koleksi musik anda, anda sebaiknya membeli speaker dengan tipe suara stereo pada bagian kanan dan kiri. Jika anda kebanyakan menggunakannya untuk melihat film, anda bisa menambahkan beberapa speaker yang menawarkan sebuah kenyamanan untuk digunakan sebagai home theater.

Ada beberapa lagi faktor lainnya yang bisa anda pertimbangkan dalam memilih speaker, anda bisa menyimak faktor-faktor tersebut di bawah ini.

1. Perhatikan ruangan anda

Besar ruangan anda sangat berpengaruh terhadap kualitas suara yang di hasilkan. Semakin kecil ruangan, akan semakin terdengar keras suara speaker. Dan begitu pula sebaliknya. Selain besar ruangan, anda juga harus memperhatikan permukaan ruangan milik anda. Permukaan yang keras seperti kaca atau lantai akan memantulkan kembali suara, hal tersebut dapat menyebabkan distorsi pada suara yang dihasilkan oleh speaker tersebut. Lalu apa yang terjadi jika distorsi terjadi? Tentunya suara yang dihasilkan akan tidak maksimal karena distrosi tersebut mengganggu suara yang keluar, anda bisa memilih speaker yang mampu menghasilkan suara yang sedang atau cenderung rendah untuk mendapatkan kenyamanan pada ruangan dengan permukaan yang keras/kasar. Sebuah permukaan yang lebih halus, seperti karpet atau tirai dapat menyerap atau meredam suara yang dihasilkan oleh speaker, jadi anda bisa mempertimbangkan untuk memilih speaker yang keras sehingga suara yang anda dengar masih tetap jelas.

Jika anda menggunakan speaker tersebut pada beberapa ruangan, anda bisa mempertimbangkan untuk memilih portable speaker. Dengan menggunakan portable speaker tentunya akan memudahkan fleksibilitas anda. Bahkan beberapa portable speaker kini telah dilengkapi dengan baterai yang bisa di isi kembali.

2. Gunakan insting telinga anda

Mungkin setiap orang memiliki tingkat kenyamanan pada suara yang berbeda. Anda pasti pernah mengalami teman atau kerabat anda mengecilkan/memperbesar suara dari radio anda padahal anda telah nyaman dengan suara seperti itu. Untuk masalah yang satu ini, anda bisa menggunakan insting telinga anda untuk mengatasi permasalah menentukan speaker. Anda bisa sejenak diam dan merasakan suara dari speaker tersebut, apakah suaranya sudah halus, nadanya jelas ataukah suara bass-nya sudah sesuai dengan keinginan anda.

Anda juga bisa melakukan konsultasi pada toko distributor langganan anda untuk mendapatkan pengetahuan lebih sebelum anda benar-benar membeli speaker tersebut.

3. Menggunakan Magnolia home theater

Dengan menggunakan Magnolia, anda bisa merasakan kualitas suara seperti pada industri-industri karaoke. Magnolia menyediakan berbagai teknologi seperti Definitive, Bower & Wilkins dan MartinLogan. Ketika teknologi tersebut anda gunakan, anda akan merasakan tingkat kenyamanan yang tinggi.

Jenis-jenis speaker

Sama halnya dengan perangkat keras lainnya, speaker pun memiliki jenis-jenis tersendiri untuk mengklasifikasikan kegunaan dan keunggulannya. Ada 2 jenis speaker secara umum yaitu individual speaker dan juga complete speaker. Kedua jenis tersebut masih di bagi menjadi beberapa tipe-tipe speaker.

Tipe individual Speaker

Dengan menggunakan individual speaker bisa mendesain sendiri speaker yang akan anda gunakan. Berikut, merupakan tipe-tipe speaker yang termasuk ke dalam individual speaker

  • Floor Speaker

Floor speaker memiliki speaker yang cukup keras pada bagian atas di sisi kiri dan kanannya. Dengan kemampuan yang cukup keras tersebut, speaker tipe ini mampu menghantarkan suara yang lebih realistik. Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih floor speaker ketika anda sering menggunakannya untuk melihat televisi dan film. Beberapa floor speaker dengan kemampuan stereo juga bagus untuk digunakan mendengarkan musik. Floor speaker juga bagus jika disandingkan dengan TV bertipe LCD dengan layar yang cukup lebar.

  • Bookshelf Speaker

Hampir sama dengan floor speaker, bookshelf speaker biasanya juga menawarkan respon bass yang kecil, namun memiliki trebel yang cukup kuat. Dengan modelnya yang cukup kecil, bookshelf speaker tidak butuh tempat yang luas. Speaker tipe ini biasanya memiliki sebuah aksesoris yang memungkinkan speaker ini bisa di atur secara berdiri. Anda juga bisa mengaturnya sebagai speaker tambahan untuk memperluas suara speaker anda. Anda bisa memilih speaker tipe bookshelf speaker ketika anda memiliki ruangan yang kecil, namun ingin merasakan suara speaker yang lebih keras.

  • Center-channel speaker

Ketika anda membangun sebuah home theater, anda bisa memulai dengan memilih speaker bertipe center-channel yang berkualitas. Speaker tipe ini mampu menghasilkan suara yang berada pada frekuensi tengah, namun anda akan merasakan suara tersebut secara tidak langsung akan tersebar sehingga rasanya akan tetap terdengar keras. Seperti namanya, speaker ini biasanya di letakkan pada bagian bawah dan berada di tengah televisi anda.

  • Surround speaker

Tipe speaker surround ini biasanya merupakan speaker tambahan, karena speaker tipe ini tidak memiliki bass dan trebel yang kuat. Anda bisa menggunakannya sebagai tambahan home theater milik anda untuk lebih memperkuat dan memperjelas suara yang ada. Surround speaker mampu mengantarkan suara yang lebih ambient, sehingga akan menawarkan suara yang lebih jelas dan keras, terutama saat anda bermain video game atau menonton film. Speaker tipe ini sangat cocok di sandingkan dengan speaker tipe bookshelf.

  • Subwoofer

Speaker tipe ini mampu menawarkan efek suara bass yang cukup realistik. Hal tersebut membuat subwoofer sebagai speaker yang cocok untuk digunakan bagi anda yang suka mendengarkan musik. Pengguna subwoofer pun bisa menempatkan speaker ini di tempat manapun, tapi tetap harus mempertimbangkan kenyamanan suara yang akan dihasilkan. Semakin anda menempatkan subwoofer pada bagian pojok ruangan, maka akan semakin jelas dan keras efek suara bass yang dihasilkan.

Complete speaker

Complete speaker merupakan tipe speaker yang terdiri dari beberapa individual speaker pada satu paket. Complete speaker menawarkan sebuah kemudahan bagi kita yang tidak ingin rumit dalam hal memilih speaker yang tepat. Complete speaker saat ini juga dilengkapi dengan opsi pilihan portable speaker atau wireless speaker agar bisa digunakan secara fleksibel.

  • Packaged surround speaker

Jika anda telah memiliki receiver dan tidak ingin rumit dalam memilih individual speaker untuk dijadikan home theater, tipe packaged surrond speaker ini merupakan opsi yang cukup bagus untuk anda. Packaged surrond speaker merupakan speaker bundling (jadi satu dengan bagian lainnya), terdapat beberapa variasi konfigurasi dan retang harga yang juga bervariasi. Biasanya packaged surround speaker terdiri dari speaker kanan dan kiri, subwoofer dan 2 speaker pada bagian depan. Anda juga bisa memilih sebuah packaged surround speaker yang memiliki receiver, jika anda belum memiliki receiver.

panduan membeli speaker
Contoh speaker packaged surround speaker
  • Portable dan Dock speaker

Dari namanya saja kita pasti telah mengetahui tipe speaker ini. Portable speaker merupakan tipe speaker yang mampu memberikan anda fleksibilitas yang luar biasa. Speaker ini terdiri dari beberapa individual speaker yang memiliki fleksibilitas tinggi dan biasanya cukup ringan.  Speaker tipe ini biasanya bisa digunakan untuk berbagai acara.

panduan membeli speaker
Contoh speaker jenis portable dan Dock

Hampir sama portable speaker, dock speaker bisa digunakan untuk memainkan audio dari ponsel atau mp3 player. Kebanyakan dock speaker di desain untuk bisa digunakan pada perangkat Apple dan sedikit sekali yang bisa digunakan untuk selain perangkat Apple. Jika anda bukan pengguna Apple, anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk membeli wireless speaker.

  • Wireless speaker

Salah satu speaker dengan inovasi baru, yaitu wireless speaker. Dengan wireless speaker tentu saja anda akan bisa menggunakan speaker tersebut dimanapu dan kapanpun dengan mudah. Wireless speaker yang beredar di pasaran menggunakan teknologi Bluetooth, AirPlay (khusus untuk perangkat Apple) atau Wi-Fi untuk mendapatkan sinyal dari perangkat yang anda gunakan. Banyak model wireless speaker yang memiliki desain yang compact, sehingga bisa digunakan pada berbagai tempat.

panduan membeli speaker
Contoh speaker jenis wireless speaker

Tipe terbaru dari wireless speaker memiliki sistem yang mampu tersambung dengan speaker wireless lainnya. Ketika menggunakan wireless speaker, anda bisa dengan mudah mengontrol speaker tersebut dengan smartphone atau tablet anda.

  • Sound bars

Sounds bars merupakan salah satu tipe dari complete speaker yang menawarkan kemudahan untuk bisa memuaskan pengguna. Sounds bar bisa diakses langsung melalui televisi anda dengan port yang telah disediakan. Sounds bar memiliki beberapa keunggulan seperti, mampu menghasilkan suara yang jelas pada ruangan yang kecil, memiliki sedikit kabel untuk bisa disambungkan dan konfigurasinya cukup mudah. Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli sebuah complete speaker bertipe sounds bar, ketika ruangan anda tidak terlalu besar dan berbentuk simetris.

panduan membeli speaker
Contoh speaker jenis sounds bar

Beberapa sounds bars menggunakan teknologi seperti bluetooth, AirPlay atau Wi-Fi untuk bisa mendapatkan sinyal dari perangkat yang anda gunakan. Anda juga bisa menemukan sounds bars yang bundle dengan subwoofer. Anda bisa meletakkan subwoofer tersebut secara terpisah dengan sounds bar milik anda.

  • Sound base

Sounds base merupakan complete sounds yang memiliki ciri-ciri yang hampir sama dengan sounds bar. Speaker tipe ini di desain untuk bisa diletakkan pada tv yang berukuran kecil. Sound base juga mampu menghasilkan suara secara cinematik tanpa perlu membutuhkan ruangan yang besar. Beberapa sound base juga bisa menerima sinyal dengan teknologi Bluetooth, AirPlay atau Wi-Fi. Sound base sangat cocok bagi anda yang menginginkan home theater tersendiri tanpa perlu mengeluarkan biaya yang cukup tinggi. Selain itu, sound base juga cocok bagi anda yang memiliki ruangan yang kecil.

panduan membeli speaker
Contoh speaker jenis Sounds base
  • Architectural speakers

Inilah salah satu speaker yang cukup invoatif dalam bentuk desain. Architectural speaker memiliki bodi seperti arsitektur sebuah bangunan atau memiliki bodi yang cukup unik. Berbeda dengan complete speaker lainnya, anda mungkin tidak akan merasakan suara yang luar biasa yang dihasilkan dari speaker tersebut. Tapi, bentuk dari speaker ini tidak akan mengganggu dekorasi ruangan anda. Beberapa speaker jenis ini bisa di gunakan tanpa perlu menggunakan kabel.

panduan membeli speaker
Contoh speaker jenis architectural speaker

Architectural speaker cocok bagi anda yang memiliki rumah dengan desain minimalis.

  • Computer speakers

Jika anda merupakan seorang gamer yang cukup serius, anda mungkin bisa mempertimbangakan untuk membeli sebuah subwoofer bagi desktop anda. Dengan membeli sebuah subwoofer, anda akan ditawarkan sebuah suara yang lebih nyaman, keras dan jelas. Kebanyakan orang akan menggunakan computer speker yang memiliki bodi anti magnet sehingga tidak mengganggu kinerja dari monitor anda.

panduan membeli speaker
Contoh speaker jenis Computer speaker

Memahami spesifikasi speaker

Diatas anda telah memahami berbagai tipe speaker baik dari tipe individual speaker atau complete speaker. Satu hal lagi yang tidak bisa di abaikan ketika anda ingin memilih sebuah speaker adalah memahami spesifikasi dari speaker tersebut.

  • Respon frekuensi

Respon frekuensi dapat di ukur dengan satuan Hertz, respon frekuensi mengacu pada lebar frekuensi yang dapat dihasilkan speaker tersebut. Sebuah speaker mampu menghasilkan sinyal audio pada frekuensi dan level yang telah ditentukan oleh pihak developer masing-masing. Pada frekuensi maksimal yang telah ditentukan, speaker akan menghasilkan suara paling keras. Idealnya, keras atau pelannya suara yang dihasilkan oleh speaker tetap berada pada level dan frekuensi yang sama.

Manusia bisa mendengar suara pada rentang frekuensi maksimal di angka 20Hz hingga 20KHz, sehingga sebaiknya anda mencari speaker dengan respon frekuensi yang berada pada rentang tersebut.

  • Impedasi

Impedasi suatu speaker dapat di hitung dengan satuan Ohm. Impedasi mendeskripsikan seberapa besar resistansi elektrik sebuah amplifier yang akan berjumpa ketika speaker tersebut dinyalakan. Kebanyakan speaker di desain dengan impedasi sebesar 8 ohm.

  • Sensitivity

Sensitivitas pada sebuah speaker dapat di hitung dengan satuan desible per watt. Sensitivitas pada speaker mendeskripsikan seberapa keras speaker dapat menghasilkan suara per watt tenaga yang masuk. Semakin besar sensitivitasnya, maka akan semakin kecil listrik yang dibutuhkan oleh sebuah speaker untuk bisa mencapai volume tinggi. Sensitivitas rendah berkisar antara 88 desible per watt dan sensitivitas tertinggi berada pada angka 100 desible per watt.

  • Power handling

Power handling pada speaker bisa di hitung dengan satuan watt. Kapasitas dari power handling mendeskripsikan sinyal maksimum yang bisa di terima oleh speaker. Semakin besar listrik yang masuk pada speaker, maka semakin besar pula potensi bisa terjadinya kerusakan pada speaker. Namun, jika sebuah speaker membutuhkan tenaga listrik yang tinggi, pasti di dukung dengan amplifier yang juga kuat sehingga suara yang dihasilkan juga cukup bagus.

Untuk hasil yang bagus, anda bisa memilih speaker yang mampu menangani arus listrik yang masuk pada receiver anda.

2 Comments

Leave a Response