close

Kaspersky Endpoint Security for Business: Solusi Tepat Mengamankan Bisnis

kaspersky 3Kaspersky kini makin berkembang! Tren penjualan yang main naik menunjukan produk ini semakin digemari oleh masyarakat. Terbukti pada tahun 2014, menurut data yang dirilis Gartner, Kaspersky menduduki peringkat ke tiga sedunia sebagai vendor aplikasi IT Security, dan disebut sebagai “Leader”  dalam Gartner Magic Quadrant untuk produk Endpoint Protection Platforms. Namun, untuk kali ini kita akan membahas produk Kaspersky yang digunakan untuk kegiatan bisnis. Produk ini bernama Kaspersky Endpoint Security for Business. Lalu apa perbedaan produk ini dengan produk personal? Apa kelebihan produk ini? Lalu apa fitur unggulan dari produk ini? Pada artikel ini kami akan bahas satu per satu mengenai pertanyaan-pertanyaan diatas.

Perbedaan Kaspersky for Home dan Kaspersky for Business

Kaspersky sebagai penyedia antivirus kelas dunia jelas tidak mau kehilangan pangsa pasar baik dari segi personal ataupun corporate. Kaspersky menyediakan 2 tipe antivirus, yaitu untuk personal user dan corporate user. Lalu apa perbedaannya? Dari segi produk yang di tawarkan cukup berbeda, untuk personal user, Kaspersky menyediakan 3 tipe antivirus, yaitu Kaspersky Internet Security, Kaspersky Antivirus dan Kaspersky Soho.

Sedangkan untuk corporate user, Kaspersky Endpoint Security for Business hadir sebagai solusi pengaman tingkat tinggi untuk perusahaan-perusahaan berskala kecil hingga besar. Selain produknya apalagi yang berbeda? Anda bisa melihat fasilitas-fasilitas fitur yang ditawarkan pada tabel dibawah ini untuk mengetahui perbedaan dari personal user dan corporate user.

Fitur Kaspersky Personal Corporate
Jumlah Pengguna Kurang dari 10 orang Minimal 10 orang pengguna
Kemampuan pengaturan secara terpusat Tidak ada Ada
Single console yang diatur oleh admin Tidak ada Ada
Single license Tidak ada Ada
Laporan inventory perusahaan Tidak ada Ada
Sistem manajemen Tidak ada Ada

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa dengan menggunakan Kaspersky Endpoint Security for Business, yang ditujukan untuk corporate user, anda dengan mudah bisa melakukan deploy atau instalasi melalui server atau administrator secara terpusat. Tentunya hal ini akan membuat kinerja perusahaan anda menjadi efisien, terutama jika perusahaan anda memiliki banyak cabang, hal dikarenakan anda hanya perlu melakukan instalasi di satu tempat saja.

Anda bisa mendapatkan ilustrasi penjelasan diatas melalui gambar dibawah ini, perhatikan gambar dibawah dengan seksama

kaspersky
Instalasi Kaspersky secara terpusat

Tingkatan Kaspersky Endpoint Security for Business

Kaspersky Endpoint Business memiliki berbagai tingkatan level, hal ini bertujuan agar pihak Kaspersky mampu memberikan pelayanan untuk segala jenis bisnis, dimulai dari bisnis yang bertipe kecil/startup bisnis hingga bisnis yang sudah menjadi besar dan bahkan memiliki beberapa cabang diberbagai tempat. Tingkatan level Kaspersky Endpoint Business ini dibagi menjadi 4, yaitu Core, Select, Advanced dan Total. Lalu apa perbedaannya? Mari kita simak penjelasan diberikut, here they are

kaspersky
Fasilitas berdasarkan level Kaspersky Endpoint Business

Kaspersky Endpoint Security for Business – Core

Tingkatan level yang pertama untuk Kaspersky Endpoint Security for Business adalah tipe Core, tipe Core ini merupakan tipe dasar dari Kaspersky untuk corporate user. Jika membeli tipe Core ini anda akan mendapatkan sebuah fitur dasar berupa teknologi anti-malware dan protective firewall ala Kaspersky yang telah teruji kualitas dan kehandalannya. Selain itu, anda juga akan mendapatkan tambahan Kaspersky Security Center. KSC (Kaspersky Security Center) merupakan konsol yang dipasang (install) didalam server, dan digunakan sebagai administrator.

Kaspersky Endpoint Security for Business tipe Core ini cocok untuk anda yang perusahaannya hanya membutuhkan perlindungan terhadap malware atau berbagai virus lainnya.

Fitur Utama:

  • Anti-Malware dari tipe Endpoint Business yang cukup kuat
  • Sentralisasi manajemen sistem
  • Proteksi berbasis cloud
kaspersky
kaspersky tingkat core

Kaspersky Endpoint Security for Business – Select

Tingkatan level yang kedua untuk Kaspersky Endpoint Security for Business adalah tipe Select. Tipe Select ini dibangun dengan dasar tingkat Core, jadi fitur-fitur yang ada pada tingkatan Core sudah termasuk terhadap tingkatan Select. Tentunya fitur yang ada pada tingkatan Select ini lebih besar dibandingkan dengan tingkatan Core. Kaspersky menambahkan beberapa fitur, seperti sekuritas untuk File Server, Kontrol Aplikasi, Device, dan Web. Selain itu, Kaspersky menambahkan fitur Mobile Protection Solution, yang terdiri dari endpoint security agent dan MDM (Mobile Device Management). Dengan fitur tersebut anda bisa melakukan blok terhadap perangkat seperti harddisk eksternal, flashdisk atau smartphone yang dirasa mampu membahayakan sistem.

Anda bisa memasang Kaspersky Endpoint Security for Business dengan tingkatan Select, jika perusahaan anda membutuhkan sistem keamanan yang lebih kompleks. Terutama jika anda membutuhkan perlindungan terhadap File Server. Dengan berlangganan tingkat Select, anda mendapatkan sebuah peralatan yang mampu mengatasi berbagai macam ancaman, mengamankan kebijakan sekuritas IT pada perusahaan anda, dan mampu menghindarkan anda dari serangan malware.

Fitur Utama:

  • Anti-Malware dari tipe Endpoint Business yang cukup kuat
  • Sekuritas untuk device kantor seperti smartphone
kaspersky
Kaspersky tingkat Select

Kaspersky Endpoint Security for Business – Advanced

Tingkatan level yang ketiga untuk Kaspersky Endpoint Security for Business adalah tipe Advanced. Seperti halnya tipe Select, tipe Advanced memiliki kemampuan yang ada pada tipe select dan dibekali dengan beberapa fitur-fitur tambahan yang mampu membuat user menjadi lebih aman dan nyaman. Dengan berlangganan Kaspersky Endpoint Security for Business tipe Advanced anda akan mendapatkan sejumlah alat pengamanan jaringan yang di kombinasikan dengan optimisasi fitur-fitur IT yang mampu berperan sebagai penyedia solusi keterbatasan bisnis anda. Tipe Advanced memiliki 2 fitur unggulan yang tidak terdapat pada tipe select dan core, yaiut Data Encryption dan System Management.

Data Encryption merupakan sebuah fitur dimana seluruh data yang ada pada tempat penyimpanan anda terproteksi oleh sebuah pengaman bernama Advanced Encryption Standard (AES) dengan enkripsi data sebesar 256-bit. Fitur ini cukup berguna untuk anda yang memiliki sebuah data yang sangat berguna dan menjadi sebuah rahasia perusahaan, agar tidak tercuri atau hilang atau corrupt diserang oleh virus. Tak hanya itu, dengan fitur enkripsi data (Data Encryption) pelanggan akan diberikan sebuah kenyamanan saat melakukan data sharing. Hal tersebut dikarenakan ketika kita melakukan sharing data ke sesama orang di perusahaan, data tersebut terlebih dahulu di lindungi, agar tidak semua orang yang berada pada perusahaan tersebut bisa melihat data tersebut.

System Management merupakan sebuah fitur yang mampu mengorganisasi semua kegiatan yang berfungsi untuk mengamankan data dan sistem. Dengan fitur ini anda bisa mendapatkan proteksi keamanan data dari kerentanan keamanan yang bisa terjadi secara otomatis.

Fitur Utama:

  • Enkripsi Data Dengan Teknologi yang Tinggi
  • Konfigurasi dan Manajemen Sistem
  • Anti-Malware dari tipe Endpoint Security for Business yang cukup kuat
  • Mobile Deployment dan sekuritas untuk smartphone dan tablet PC
kaspersky
Kaspersky tingkat Advanced

Kaspersky Endpoint Security for Business – Total

Kaspersky Endpoint Business tipe Total merupakan versi paling tinggi dari Kaspersky Endpoint Security for Business. Tipe ini sangat cocok untuk anda yang memiliki perusahaan besar dan memiliki fasilitas mail server, web server dan file server tersendiri. Sama halnya seperti yang sebelumnya, seluruh fitur yang terdapat pada tipe-tipe sebelumnya sudah tercakup pada fitur Total ini. Dengan tipe Total ini, anda akan mendapatkan 3 fitur yang tidak terdapat pada tipe-tipe sebelumnya, yaitu proteksi Mail Servers, Web Servers, Internet Gateway dan juga Collaboration.

1. Proteksi Mail Server

Fitur proteksi untuk Mail Server merupakan fitur yang cukup berguna untuk memberikan perlindungan terhadap Mail Server yang ada pada kantor anda dari serang virus, hacker ataupun bisa juga cukup berguna untuk pengamanan data yang anda. Kaspersky membaginya menjadi 3 yaitu

  • Proteksi terhadap trafik email

Fitur Mail Traffic Protection ini memberikan sebuah layanan keamanan mail server dengan versi yang paling baru. Selain itu, fitur ini bisa digunakan untuk berbagai platforms seperti Microsoft Exchange, IBM Lotus Domino dan juga Mail server berbasis Linux. Tentunya ini memberikan kenyamanan bagi anda tanpa harus pusing untuk mengganti tipe mail server anda.

  • Menurunkan trafik email

Dengan menggunakan teknologi cloud akan membantu anda mempermudah traffic email anda, sehingga tidak perlu ada email yang menunggu hingga waktu yang lama. Selain kenyamanan tersebut, anda akan diberikan sebuah kenyamann berupa filtering terhadap spam yang masuk ke dalam mail server anda, semakin jarang spam yang masuk pada server anda, tentunya diharapkan kinerja server tidak akan menjadi berat dan server diharapkan juga bisa bekerja secara maksimal dan efisien.

  • Fitur anti-spam dengan menggunakan KSN

Dengan fitur anti-spam pada Mail Server anda, tentunya diharapkan server menanggung  beban kerja yang sesuai dengan permintaannya, tidak lebih dan tidak kurang sehingga kinerja server lebih optimal. Fitur ini meningkatkan pendeteksian terhadap email yang dianggap sebagai spam. Fitur ini bekerja dengan menggunakan teknologi yang berbasis cloud pada Kaspersky Lab’s.

  • Optimasi resources yang ada pada sistem

Dengan fitur ini diharapkan optimasi kerja antivirus menjadi maksimal, load balancing berjalan lancar dan memberikan sebuah hak untuk mengatur berkas mana saja yang perlu di scan atau tidak, sehingga tidak memberatkan sistem anda.

2. Sekuritas untuk Internet Gateways

Fitur ini memastikan agar akses internet mampu terorganisasi dengan baik, serta secara otomatis terproteksi dari serangan-serangan yang ada. Dengan fitur ini, Kaspersky memberikan perawatan kepada akses internet anda untuk bisa menghilangkan kerentanan yang ada pada protokol HTTP(s)/FTP/SMTP dan POP3. Untuk fitur Internet Gateways sendiri pihak Kaspersky memberikan 2 layanan, yaitu Anti-virus dengan performa tinggi dan dukungan untuk multi-platform

  • Anti-virus dengan performa tinggi

Fitur ini merupakan fitur yang baru yang berupa anti-virus yang memiliki kemampuan yang cukup optimal dalam melakukan scanning dan menjaga performa load balancing serta mengurangi penggunaan resource untuk mendeteksi adanya virus.

  • Dukungan untuk Multi-Platform

Fitur sekuritas pada Internet Gateways yang diberikan oleh pihak Kaspersky mendukung hampir semua gateways yang berbasis Windows ataupun Linux. So, anda tidak akan dibingungkan oleh tipe gateway internet anda.

3. Collaboration

Fitur Collaboration ini memberikan sebuah perlindungan tingkat tinggi untuk sistem anda terhadap serangan yang ada. Fitur Collaboration ini memiliki 2 layanan, yaitu Perisai pelindung Malware Sharepoint dan Filtering terhadap konten.

  • Perisai pelindung Malware untuk Sharepoint

Layanan ini merupakan sebuah inovasi dari teknologi yang digunakan untuk mendeteksi dan memblokir malware baik dari kegiatan upload maupun download secara real-time.

  • Filtering terhadap konten

Layanan ini membantu anda mencegah upload sebuah konten yang tidak wajar dan menghentikan setiap kegiatan yang mengakses konten yang telah diatur sesuai dengan ketentuan sebelumnya.

kaspersky
Kaspersky tingkat Total

Pemberian add-ons pada Kaspersky Endpoint Security for Business

Add-ons atau yang lebih ditawarkan dengan nama Targeted Solutions Product, merupakan sebuah fitur tambahan yang diberikan oleh pihak Kaspersky untuk setiap user yang menggunakan Kaspersky Endpoint Business. Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan add-ons atau Targeted Solutions Product? Targeted Solutions Product merupakan sebuah fitur tambahan yang bisa dibeli oleh pihak user untuk menambahkan sebuah fasilitas yang tidak ada pada tingkatan Kaspersky Endpoint Security for Business yang anda beli.

Mengapa pihak Kaspersky melakukan hal ini? Karena tingkatan bisnis seseorang tidak selalu sama seperti paket yang ditawarkan oleh perusahaan mereka. Jadi, ada beberapa fitur untuk sebuah produk yang terkadang terkesan terlalu tinggi dan ada beberapa fitur yang tak terpakai. Untuk menanggulangi hal tersebut, pihak Kaspersky memberikan penawaran Targeted Solutions Product.

Produk Targeted Solutions Product, berupa

  • Kaspersky Security for File Server
  • Kaspersky Security for Mobile
  • Kaspersky Security for File Server
  • Kaspersky Security for Virtualization
  • Kaspersky Security for Storage
  • Kaspersky Security for Collaboration
  • Kaspersky Security for Mail
  • Kaspersky Security for Internet Gateways

Apakah anda sudah memiliki pandangan? Jika masih bingung, kami akan menjelaskan dengan contoh berikut.

Sebuah perusahaan retail perlengkapan komputer membutuhkan sebuah anti-malware untuk perusahaannya, server dari perusahaan tersebut memiliki sebuah File Server yang digunakan untuk mengambil data-data oleh seluruh pegawainya.

Jika dalam kasus seperti ini, pastinya perusahaan tersebut seharusnya menggunakan Kaspersky Endpoint for Business tipe Select, karena mereka memiliki File Server yang harus dilindungi juga tentunya. Namun, perusahaan ini tidak membutuhkan perlindungan terhadap perangkat Mobile, seperti smartphone atau tablet PC, fitur tersebut merupakan fitur bawaan dari tipe select. Daripada fitur yang diberikan tidak digunakan, perusahaan ini memiliki opsi untuk bisa berlangganan Kaspersky Endpoint Security for Business tipe Core dan berlangganan pula produk Targeted Solutions Product (add-ons) berupa Kaspersky Security for File Server.

Dengan begitu, diharapakan perusahaan mengeluarkan biaya sesuai dengan kebutuhan mereka dan kinerja perangkat lunak yang mereka beli juga berjalan optimal di dalam perusahaan mereka.

Leave a Response