close

Kelebihan dan Kekurangan Root Pada Android

keuntungan dan kekurangan root pada androidJika anda mengalami dilema apakah anda harus melakukan root pada ponsel Android baru milik anda, lebih baik anda membaca artikel ini terlebih dahulu mengenai kelebihan dan kekurangan root pada Android. Mungkin untuk para pengguna baru, anda akan bertanya-tanya apakah sebenarnya root itu? Dan apa kelebihan dan kekurangan melakukan root? Pada artikel ini, kami akan membahas keseluruhan keuntungan dan kelemahan melakukan root pada ponsel berlambang robot hijau ini.

Overview

Sebelum beranjak lebih jauh, kita akan membicarakan tentang pertanyaan yang paling dasar tentang rooting. Dan apakah setiap orang harus untuk melakukan root atau tidak pada ponsel Android milik mereka? Let’s see

keuntungan dan kekurangan root pada android
Root pada Android

Melakukan root pada ponsel Android. Apa sebenarnya makna kalimat tersebut?

Sebenarnya jawaban pertanyaan diatas cukup mudah, melakukan root pada ponsel Android berarti anda membiarkan ponsel anda dan anda tentunya, untuk mendapatkan hak administratif (biasa disebut root akses, jika anda memiliki background sebagai pengguna Linux) ke dalam sistem operasi. Ketika anda membeli sebuah ponsel Android baru, anda hanya menggunakannya sebagai “pengguna yang sedang bertamu” (Guest user). Make it simple, Anda hanya akan mengoperasi ponsel Android, sama seperti ketika anda login sebagai Guest user pada Windows. Anda bisa menggnakan ponsel tersebut, namun tidak memiliki akses untuk bisa merubah sistem file-nya.

Terlihat sedikit menyenangkan bukan melakukan rooting? Bagaimanapun juga, ketika anda telah memiliki akses ke dalam file sistem, anda memiliki kemampuan untuk bisa masuk ke dalam root folder dari sistem dan membuat banyak perubahan pada sistem file. Dengan kemampuan tersebut, anda bisa melakukan perubahan dan memasang berbagai aplikasi yang cukup berguna. Hal tersebut tentu saja tidak bisa dilakukan dengan menggunakan ponsel Android yang tidak di rooting.

Kelebihan dan Kekurangan Root pada Android

Pada sub bab ini kita beralih membahas kelebihan dan kekurangan root pada Android. Mari kita mulai dengan sisi baiknya terlebih dahulu.

Kelebihan root pada Android

Seperti yang telah kami jelaskan diatas, ketika melakukan root pada ponsel Android. Pengguna akan mendapatkan akses lebih untuk bisa masuk dan memodifikasi sistem file sesuai dengan kepentingan dan kebutuhan pengguna. Ini dia beberapa keuntungan root pada Android

1. Menjalankan aplikasi yang spesial
Sesaat setelah anda melakukan root pada ponsel Android, anda bisa menjalankan berbagai aplikasi yang memiliki kemampuan spesial. Beberapa aplikasi ini memang membutuhkan akses ke dalam root ponsel Android anda. Ketika dibandingkan dengan ponsel yang belum dilakukan root, aplikasi ini memang tidak bisa dijalankan. Dan aplikasi-aplikasi yang bisa berjalan dengan membutuhkan akses root, biasanya memiliki fitur yang lebih kompleks dan tentunya memudahkan.

keuntungan dan kekurangan root pada android
Salah satu aplikasi yang hanya bisa dijalankan pada Android yang telah di root

Mengapa beberapa aplikasi ini membutuhkan akses root? Hal tersebut tidak lain karena aplikasi ini membutuhkan akses ke dalam sistem file Android, aplikasi ini dapat merubah sistem file Android dengan berbagai cara yang cukup bagus dan ekstensif. Sebagai contohnya, anda bisa melakukan uninstall pada berbagai aplikasi bawaan ponsel, setelah anda mendapatkan akses root dengan menggunakan aplikasi eUnistall.

2. Menggunakan Custom ROM

Salah satu hal yang membuat pengguna mempertimbangkan melakukan root untuk Android adalah pengguna bisa menggunakan Custom ROM. Apakah sebenarnya Custom ROM itu? Custom ROM sama hal nya dengan Android bawaan biasa, namun Custom ROM memiliki tampilan, menu dan bahkan aplikasi yang jauh lebih menarik jika dibandingkan dengan tampilan sistem operasi bawaan pabrik. Selain itu, dengan menggunakan Custom ROM banyak perubahan yang terjadi pada bagian sistem dan performa. Jika dibandingkan dengan Stock ROM (ROM bawaan), Custom ROM jauh lebih bagus dari segi apapun, termasuk optimalisasi performa dan baterai. Selain itu, Custom ROM menyajikan pembaharuan yang lebih cepat jika dibandingkan dengan ROM bawaan.

keuntungan dan kekurangan root pada android
Tipe custom ROM pada Android

3. Penyimpanan internal menjadi lebih besar

Para pengguna ponsel Android yang memiliki penyimpanan internal yang sedikit, dapat memindahkan berbagai aplikasi dari memori internal ke dalam SD card setelah melakukan proses rooting. Beberapa aplikasi memang bisa dipasang pada SD card, namun beberapa aplikasi lainnya tidak dapat di pasang pada SD card. Ketika memori internal penuh, tentu saja hal tersebut mempengaruhi kinerja dari ponsel Android. Anda bisa memindahkan aplikasi-aplikasi pada memori internal dengan menggunakan aplikasi bernama symlink.

Itulah beberapa kelebihan ketika anda melakukan rooting pada ponsel Android. Bagi anda yang merasa cocok dengan berbagai kemudahan dan akses lebih pada ponsel, anda bisa mempertimbangkan untuk melakukan root pada Android milik anda. Tampaknya, tidak ada yang sempurna di dunia ini, begitu pula dengan root Android. Selanjutnya, kita beralih membahas sisi negatif dari root pada Android. Here they are.

Kekurangan root pada Android

Beberapa orang memang takut atau tidak berani melakukan eksperimen dengan Android miliknya. Termasuk melakukan root pada Android. Ini dia beberapa, kekurangan melakukan root pada Android.

1. Menyebabkan bricked pada ponsel Android

Kami bukan bermaksud untuk menurunkan motivasi dari para pembaca yang ingin melakukan root pada Android. Ketika anda tidak memiliki pengetahuan yang lebih, kami menyarankan anda untuk membaca tutorial tersebut baik-baik, karena kadang sebaik apapun tutorialnya, hal tersebut tidak menurunkan resiko ponsel Android mengalami kerusakan. Jika dengan membaca tutorial anda belum memahami, usahakan untuk mencari video tutorialnya juga. Setelah mengetahui tutorial dan video-nya, pastikan jika bahan-bahan instalasi anda dalam keadaan yang baik (tidak corrupt/rusak), karena terkadang ada bahan yang rusak sehingga menyebabkan ponsel Android anda rusak/bricked.

keuntungan dan kekurangan root pada android
Ponsel Android yang mengalami brick

Jika anda mendapati ponsel anda dalam keadaan bricked, dan anda tidak bisa memperbaikinya lagi, anda bisa menghubungi pusat servis yang disediakan oleh pihak manufaktur. Sayangnya, proses tersebut kadang tidak bisa cepat, bisa membutuhkan waktu yang cukup lama hingga 2 minggu. Dan jika pihak produsen ponsel mengetahui anda telah melakukan percobaan untuk melakukan root, anda akan terkena biaya tambahan.

2. Garansi ponsel menjadi hangus/hilang

Ketika anda telah sukses melakukan root atau bahkan masih mencoba melakukan root, garansi dari ponsel anda menjadi hangus/hilang. Jadi ketika terjadi sesuatu yang menyebabkan kerusakan pada ponsel anda, perusahaan produsen tidak memberikan garansi untuk bisa memperbaiki ponsel Android anda. Pada beberapa kasus, anda bisa melakukan un-root untuk mengembalikan garansi anda.

keuntungan dan kekurangan root pada android
Garansi Android yang telah void

Kesimpulan

Jika mengambil kesimpulan terhadap beberapa pertimbangan diatas, kami telah memberikan beberapa peringatan kepada anda sebelum mencoba melakukan proses rooting. Jika anda berpikir bahwa keuntungan melakukan proses rooting cukup berharga, anda bisa mulai untuk melakukannya. Sekali lagi, kami menyarankan untuk terlebih dahulu membaca atau bahkan melihat tutorial video-nya. Dan jika anda berpikir bahwa poses rooting tidak berguna atau tidak memberikan dampak yang positif, anda tidak perlu melakukannya.

Pada kedua proses ini memang terdapat kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tentu saja, hal tersebut bergantung juga pada kebutuhan dan penggunaan ponsel Android milik anda.

Leave a Response