close

Ketahui Hal Ini Sebelum Download Apple Music di Android

apple-music-android

Kini sudah saatnya pengguna Android ikut menikmati katalog musik yang berjumlah 30 juta milik Apple Music atau tune in ke radio live Beats One. Mereka yang telah memiliki Apple ID dan sering berbelanja musik di iTunes pun telah disediakan cara untuk menikmati lagu-lagu yang telah dibeli tersebut di Android sehingga bisa langsung mencoba download Apple Music.

download-apple-music-android

Apple Music merupakan aplikasi ofisial dari Apple untuk OS Android setelah Move to iOS, yaitu aplikasi untuk membantu pengguna dalam migrasi foto. Dan Beats Pill+ yang memfasilitasi pengguna remote control untuk Beats Pill speaker.

Didesain sederhana, fungsional dan sedikit mirip dengan Google Music atau Apple Music versi iOS-nya, Apple Music memiliki beberapa perbedaan mencolok, dimana tidak semua perbedaan ini akan ditanggapi positif oleh pengguna Android. Lalu apa saja yang harus diketahui sebelum download Apple Music di Google Play Store?

Butuh Apple ID untuk Mengoperasikannya

Bagi pengguna Android yang kebetulan juga menggunakan produk dari Apple, mungkin sudah Apple ID dan langsung bisa menggunakannya untuk logi di Apple Music versi Android. Namun bagi mereka yang belum memilikinya terpaksa harus membuat Apple ID terlebih dulu.

Apple ID merupakan akun khusus untuk menjelajahi semua produk yang ditawarkan Apple, termasuk untuk menikmati layanan di iTunes atau streamin melalui Apple TV dan menyimpan data di iCloud.

Semua Fitur Unggulan Dihadirkan

Sebagaimana versi iOS-nya, Apple Music untuk Android juga penuh fitur. Data dan daftar putar yang hadir saat pengguna mengoperasikan aplikasi ini terkurasi handal oleh manusia. Memastikan rekomendasi musik dan radio sesuai dengan selera penggunanya.

Pengguna juga dapat membuat daftar putar sesuai kesukaannya sendiri dan mengakses semua koleksinya di iTunes. Unduh sepuasnya lagu-lagu favorit untuk offline listening, atau jelajahi menu The Connect agar mendapat update terbaru dari musisi-musisi yang difavoritkan.

Sedangkan radio andalan milik Apple, Beats One, juga bisa dinikmati. Pengguna harus mendaftar terlebih dulu untuk preferensi musik yang disukai. Setelahnya rekomendasi genre dan artis pun akan muncul sesuai selera pengguna.

Nihil Fungsi Memainkan MP3

Jangan harap Apple Music berjalan seperti Google Music yang sanggup memutar berbagai koleksi lagu dalam sebuah perangkat Android. Apple Music bukan untuk ini dan tidak ada rencana Apple untuk membuat aplikasinya memutar lagu-lagu di MicroSD pengguna.

Apple Music disajikan untuk layanan musik secara online. Pengguna hanya bisa mendengarkan secara offline jika telah mengunduh lagu di iTunes sebelumnya.

Masih Dalam Tahap Beta Version

Apple Music dirilis ke pasar aplikasi Android dengan label Beta, mengisyaratkan masih belum finisnya perkembangan aplikasi ini. Pengguna mungkin akan menemukan bugs dan gangguan lainnya yang akan mempengaruhi user experience secara keseluruhan.

Beberapa pengguna menyebutkan jika lagging sering terjadi di perangkatnya. Sedangkan mereka yang menggunakan tablet malah tidak bisa mencobanya sama sekali. Namun dengan Beta Version ini, pengguna bisa mengirimkan kritik dan saran melalui menu feedback untuk membantu mencerdaskan aplikasi ini kedepannya.

Patut Dicoba Namun Tak Perlu Tinggalkan yang Lain

Apple Music memang membawa nama “Apple Computer” dengan segala eksklusivitas dan kredibilitasnya. Namun aplikasi ini datang paling terlambat daripada aplikasi layanan musik online lainnya.

Sebagai tuan rumah, layanan Google Music terus bertambah baik dan merebut banyak pengguna baru setiap saat. Sedangkan kompetitor lainnya juga rajin memperbarui aplikasinya dengan fitur-fitur unik yang menambah user experience seperti Spotify, Rdio, Pandora dan Rhapsody. Jika pengguna sudah memiliki akun di salah satu penyedia tersebut, jangan serta-merta meninggalkannya meski patut juga mencoba Apple Music.

1 Comment

Leave a Response