close
Tips & Trick

Cara Menjaga Keamanan Data Perusahaan

Cara Menjaga Keamanan Data Perusahaan

Keamanan data perusahaan merupakan suatu hal yang sangat vital bagi masa depan perusahaan tersebut. Data perusahaan berisi segala informasi penting dan sangat sensitif bagi perusahaan ataupun pelanggan. Jika terjadi kebocoran data, maka akan memberikan pengaruh berbahaya bagi operasional perusahaan pada saat ini hingga masa depan perusahaan tersebut.

Namun faktanya banyak perusahaan yang belum memiliki kesadaran akan keamanan data yang mereka miliki. Biasanya pimpinan perusahaan merasa sudah aman dan nyaman dengan sistem yang mereka gunakan saat ini. Padahal kemanan data ini harus selalu diperbarui untuk mengimbangi kejahatan siber yang juga selalu menggunakan cara baru untuk meretas data.

Perlu Anda ketahui bahwa hampir semua sistem yang ada saat ini bisa diretas (hack) oleh pejahat siber. Saat sistem diretas maka data yang ada di dalamnya bisa diambil bahkan data tersebut bisa disalah gunakan hingga diperjualbelikan. Tak pandang bulu peretasan ini bisa terjadi pada semua instansi pemerintahan dan juga perusahaan.

Bahayanya jika data ini mengandung unsur privasi pelanggan, maka kebocoran data tersebut bisa menjadi boomerang bagi perusahaan karena reputasi perusahaan akan turun.

Untuk melindungi data harus meningkatkan sistem keamanan data perusahaan. Langkah yang perlu dilakukan mulai dari pola pikir hingga teknis perlindungan data. Simak lebih lengkapnya berikut ini.

Hal penting dalam sistem keamanan data dalam suatu perusahaan yaitu dimulai dari pimpinan perusahaan tersebut. Dimana pimpinan perusahaan harus memiliki security awaresness, dengan hal ini keamanan sistem perusahaan bisa menjadi prioritas. Jadi sebelum menjalankan sistem keamanan data perusahaan yang benar-benar efektif, security awareness ini harus dimiliki oleh seorang pimpinan perusahaan.

Langkah penting lain yang perlu dilakukan yaitu dengan melakukan identifikasi semua aset data perusahaan yang paling rentan terkena retas. Jika telah menemukan data yang rentan kena retas, maka perlu dilakukan pengurutan berdasarkan tingkat resikonya.

Kemudian yang perlu dilakukan dalam menjaga keamanan data perusahaan, perlu dilakukan update mulai hardware hingga software yang digunakan. Versi terbaru baik hardware atau software yang menjaga kemanan data perusahaan ini juga memiliki mencegah atau melawan virus hingga cara terbaru yang dimiliki penjahat siber untuk meretas data.

Selain update hardware dan software, salah satu metode yang cukup ampuh untuk dilakukan dalam keamanan data yaitu dengan melakukan enkripsi data. Perlu Anda ketahui bahwa enkripsi data ini perlu, jadi sekalipun data diretas maka di peretas tidak akan bisa membaca informasi dalam data tersebut.

Backup data juga hal penting untuk dilakukan. Dengan melakukan backup data secara berkala, maka data Anda telah di duplikasi. Sekalipun data utama hilang atau rusak, maka Anda masih memiliki data cadangan. Lebih baik lagi jika melakukan enkripsi data utama dan data hasil backup, jadi jika data di retas maka peretas tidak dapate membaca isi informasi yang ada di dalamnya. Data hasil backup pun tidak akan bisa dibaca oleh semua orang, jadi hanya orang tertentu saja yang bisa membaca informasi yang ada didalamnya.

Banyak ahli dalam sistem keamanan data juga menyarankan bagi perusahaan yang ingin benar-benar datanya aman, maka bisa mengikuti atau memenuhi standarisasi misalnya ISO, PCI, DSS dan sebagainya. Semakin memenuhi standar yang diberikan maka semakin aman data yang dimiliki perusahaan.

Bagi Anda yang ingin konsultasi tentang keamanan data perusahaan dan mendapatan solusi permasalahan keamanan data yang Anda hadapi. Anda bisa menghubungi kami melalui halaman kontak kami (klik disini).

Tags : datadata perusahaankeamanan datakeamanan data perusahaansecurity sistem