close
Info Komputer

Komputer Generasi Pertama Di Dunia

komputer generasi pertama

Komputer generasi pertama di dunia yang banyak dikenal yaitu UNIVAC I. UNIVAC sendiri merupakan singkatan dari Universal Automatic Computer. UNIVAC I dibuat oleh Mauchly dan juga Eckert untuk perusahaan Remington-Rand Corporation pada tahun 1951.

Namun tahukah Anda, bahwa sebelum munculnya UNIVAC I sebenarnya sudah ada komputer yang telah muncul lebih dulu.

Namun sebelum lebih dalam mengetahui tentang komputer terdahulu sebelum UNIVAC I. Alangkah baiknya jika Anda mengetahui arti komputer secara bahasa.

Pengertian komputer

Jadi komputer sebenarnya berasal dari kata “to computer” yang memiliki arti menghitung. Dimana komputer juga sering dikatakan sebagai mesin hitung. Pengertian awal komputer memang sangat sederhana, dibandingkan dengan fungsi komputer saat ini yang sangat kompleks.

Sejarah Perkembangan Komputer Generasi Pertama

1882

Seperti pengertian awalnya sebagai mesin untuk menghitung. Mesin pertama yang berfungsi untuk menghitung adalah Analytical Engine yang muncul pada tahun 1882. Mesin ini disebut sebagai komputer, karena sesuai fungsinya yaitu untuk menghitung. Alat ini dibuat oleh Charles Babbage.

1937

Lebih kompleks dari Analytical Engine yang muncul tahun 1882, kemudian Atansoff-Berry Computer (ABC) muncul di tahun 1937.

1942

Perkembangan komputer tidak lepas dari adanya perang dunia kedua, termasuk komputer buatan Jerman. Konrad Zuse yang merupakan insinyur jerman pada tahun 1941 membuat komputer z3 yang digunakan untuk membuat desain pesawat dan juga rudal (peluru kendali).

1943

Tak mau kalah dengan Jerman, Inggris juga membuat komputer untuk memecahkan kode rahasia yang disebut dengan Colossus. Komputer Collossus ini digunakan untuk memecahkan kode rahasia Jerman.

Mark I

Amerika juga mengembangkan komputer yang kemudian dinamakan Mark I. Mark I merupakan karya insiyur Harvard yang bernama Howard H. Aiken yang bekerjasama dengan IBM. Mark I merupakan kalkulator elektronik yang dibuat untuk US Navy.

Yang menarik dan banyak diingat orang, bahwa Mark I memiliki ukuran setengah lapangan sepak bola dengan kabel sepanjang 500 mil.

Mark I juga memiliki nama panjang yaitu Harvard-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator.

Mark I dianggap memiliki kecepatan yang lambat yaitu antara 3 hingga 5 detik untuk setiap kali proses perhitungan. Selain itu Mark I juga dianggap masih kurang sempurna karena urutan kalkulasinya tidak dapat diubah. Meski demikian Mark I mampu melakukan perhitungan seperti aritmatik dasar serta persamaan yang kompleks.

ENIAC

Setelah Mark I, muncul ENIAC yang bisa bekerja 1000 kali lebih cepat dari pada Mark I. ENIAC merupakan singkatan dari Electronic Numberical Integerator and Computer. ENIAC dibuat oleh Pemerintah Amerika Serikat yang bekerjasama dengan Univeristy Of Pennsylvania.

EDVAC

Bergabungnya John Von Neumann dalam tim University Pennsylvania memunculkan desain komputer yang dinamakan Electroni Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC). Pada komputer EDVAC ini terdapat memori yang bisa melakukan penyimpanan baik itu data dan juga program.

Nah, baru setelah itu munculah UNIVAC I yang merupakan singkatan dari Universal Automatic Computer. Komputer ini merupakan komputer komersial pertama di dunia. UNIVAC tidak terlepas dari penyempurnaan ENIAC dan juga EDVAC.

Prestasi mengesankan dari komputer generasi pertama UNIVAC ini yaitu penggunaannya dalam PEMILU Presiden Amerika Serikat pada 1952. Jadi dengan menggunakan UNIVAC, mampu melakukan prediksi kemanangan Dwight D. Eisenhower sebagai pemenang PEMILU Presiden Amerika Serikat pada tahun 1952.

Nah, itu adalah sekilas informasi tentang komputer pertama di dunia. Semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi pengunjung anugrahpratama.com

Tags : jual komputerjual laptopkomputerkomputer generasi pertama