close

ASUS VivoPC VC60: Bodi Minimalis, Desain Stylish, Performa Maksimalis

Ketika kita memikirkan sebuah desktop PC, kita mungkin tidak memikirkan jika perangkat PC berbentuk kecil akan memiliki performa yang bagus. Yang kita yakini, jika sebuah perangkat PC dengan ukuran yang besar, mampu membawa performa yang bagus pula. Tapi, di jaman inovasi yang telah berkembang ini, kita tidak boleh lupa jika ukuran bukanlah salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja dari sebuah PC. Ada beberapa perusahaan manufaktur yang telah membuat sebuah PC dengan ukuran hanya sebesar buku, dan tampaknya trend tersebut mulai dikembangkan. Salah satu perusahaan yang ikut mengembangkan trend tersebut adalah ASUS. ASUS hadir dengan salah satu miniPC-nya bernama ASUS VivoPC VC60. VivoPC VC60 memiliki bodi berukuran kecil, desain yang stylish dan performa maksimalis. Dengan kemampuan seperti itu, membuat ASUS VivoPC VC60 menjadi PC yang cukup sesuai untuk kebutuhan kantor ataupun kegiatan di rumah.ASUS-VivoPC-VC60-1

Lalu apa kelebihan ASUS VivoPC VC60 jika dibandingan dengan desktop PC biasa? Pada artikel ini kami akan membahas miniPC ini lebih lanjut dan memberikan pandangan kepada anda mengenai keunggulan miniPC.

Overview

ASUS-VivoPC-VC60-1
ASUS VivoPC VC60

“ASUS VivoPC VC60 membangun kualitas dan desain yang bagus”

Kalimat diatas merupakan statment dari kami ketika pertama kali melihat desain dari ASUS VivoPC VC60. Desain dari VC60 pasti membuat anda merasa tercengang dan yang yang pasti cukup eye catching. Pada kesan awal melihat miniPC tersebut, anda akan merasa PC tersebut berbentuk hampir menyerupai kotak dan tidak ada yang istimewa. Namun material bodi yang berbahan metalik dan dilapisi dengan aluminium membuat kesan awal cukup stylish dan mewah. Pada bagian depan terdapat sebuah slot tipis yang akan menyala, lampu tersebut mengindikasikan bahwa VC60 sedang menyala/beroperasi. Sedangkan jika anda melihat sedikit ke bawah, akan terdapat lubang yang digunakan sebagai sirkulasi udara yang juga merangkap sebagai sistem pendingin PC.

Pada bagian belakang memiliki desain yang sangat rapi dan enak dilihat, anda akan menemukan beberapa port untuk perangkat yang bisa mendukung pekerjaan anda. ASUS VivoPC VC60 juga dilengkapi dengan interface wireless 802.111ac, tentu saja interface tersebut mampu memproduksi kecepatan nirkabel yang cukup cepat.

Dengan ukuran yang cukup kecil dan bisa dibilang minimalis, membuat ASUS VivoPC VC60 bisa dipasang dengan menggunakan VESA mount. Aksesoris ini membuat anda bisa meletakkan VC60 dibalik monitor yang anda gunakan. Salah satu kelemahan jika kita meletakkannya dibalik monitor adalah akses untuk menggunakan USB port, sehingga jumlah port menjadi cukup terbatas, bisa dibilang kurang leluasa. Tapi VC60 memiliki desain yang cukup kecil untuk bisa diletakkan/dipasang dimanapun, sehingga anda bisa memilih letak yang nyaman baik itu untuk akses port atau untuk penggunaannya.

Fitur ASUS VivoPC VC60

Ketika ingin menilai sebuah perangkat ada baiknya kita mempertimbangkan fitur-fitur bawaannya. ASUS VivoPC VC60 juga memiliki berbagai fitur yang tidak ada pada PC biasa. Here they are, berbagai fitur yang membuat anda bisa mempertimbangkan untuk beralih menggunakan miniPC:

  1. Wireless dengan kecepatan tinggi
  2. Bundle dengan Software Menarik
  3. Dukungan Sound System dengan ASUS SonicMaster
  4. Sekuritas desain yang baik
  5. Aksesoris pendukung yang bervariasi

Dengan berbagai fitur diatas, ASUS VivoPC memiliki berbagai keunggulan yang tidak dimiliki oleh PC biasa. MiniPC menawarkan fleksibilitas yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan PC biasa.

Spesifikasi

Saat ini tak jarang banyak orang yang meragukan kemampuan MiniPC jika dibandingkan dengan PC biasa. Ukurannya yang kecil membuat perangkat ini dipandang sebelah mata. Kemunculan ASUS VivoPC tampaknya membuat hal tersebut tidak lagi menjadi patokan performa sebuah MiniPC. ASUS VivoPC VC60 membuktikan kepada dunia jika dengan bodi yang relatif kecil, tidak serta merta memiliki performa yang kecil pula.

Pada sub bab ini kita lebih mengarah ke pembahasan mengenai keunggulan teknik dari segi spesifikasi pada ASUS VivoPC VC60

1. Benchmarks & Performa

VC60 merupakan MiniPC yang sangat disarankan untuk digunakan sebagai perangkat pendukung perkantoran. Jika anda hanya menjalankan pekerjaan kantor dan beberapa aplikasi pendukung seperti browser dan software edit gambar, maka VC60 akan berjalan tanpa kendala. Apalagi jika anda menggunakan aplikasi tersebut melalui aplikasi remote desktop seperti Citrix. Pengguna juga tidak perlu khawatir mengenai tempat penyimpanan yang ada, karena ASUS VivoPC VC60 juga dilengkapi dengan tempat penyimpanan yang cukup besar. Pengguna juga memiliki opsi untuk bisa mengganti HDD dengan SSD, sehingga kinerja dari VC60 juga akan semakin cepat.

Jika pekerjaan pada kantor anda sangat banyak sekali melakukan interaksi dengan software grafis, maka jangan mengharapkan VC60 bisa berjalan dengan lancar. VC60 bukanlah MiniPC yang cocok untuk kegiatan grafis yang berlebih, seperti rendering gambar 3D. Jika anda menggunakan koneksi internet melalui Wi-Fi, pastikan jika anda memiliki router yang kompatibel dengan Wi-Fi dari VivoPC. Pengguna VivoPC juga bisa menyambungkan smartphone atau tablet milik mereka dengan menggunakan software bawaan yaitu Wi-Fi Go, dengan Wi-Fi Go anda bisa mengaktifkan fitur remote access sehingga bisa mengontrol PC dan berkas melalui ponsel pintar milik anda.

ASUS-VivoPC-VC60
Fitur Wi-Fi Go pada ASUS VivoPC VC60

2. Keyboard & Mouse

ASUS-VivoPC-VC60-1
Mouse dari ASUS VivoPC VC60

ASUS VivoPC VC60 juga dilengkapi dengan keyboard dan mouse wireless. Menurut kami, keyboard yang ada cukup responsif dan jarak antar karakternya juga cukup luas (tidak terlalu berdekatan) sehingga cukup nyaman digunakan.

Untuk papan ketik (keyboard) kami rasa tidak ada masalah. Problematika yang terdapat pada VivoPC VC60 adalah wireless mouse yang dirasa terlalu inovatif tanpa mengetahui kebutuhan pengguna. Dengan bentuk mouse yang melingkar, anda bisa melakukan klik kanan dan kiri pada bagian sisinya masing-masing. Kami memuji konsepnya yang cukup unik, bagus dan terkesan baru, namun konsep tersebut tampaknya tidak di ikuti dengan performa yang baik pula. Ketika dipegang, mouse ini terasa aneh dan pada beberapa momen terkesan kurang nyaman digunakan. Selain itu, tombol klik-nya lebih nyaman pada daerah pinggir bukan pada daerah tengah. ASUS VivoPC VC60 juga dilengkapi dengan perangkat lunak untuk memaksimalkan kinerja dari mouse wireless tersebut, tapi perangkat lunak ini rasanya tidak memberikan banyak perubahan pada kinerja dari mouse wireless tersebut.

Salah satu hal yang merugikan adalah kedua perangkat ini membutuhkan port USB yang berbeda. Jadi, jika anda ingin menggunakan kedua perangkat ini, tentu saja akan menyita jumlah port yang ada pada bagian belakang. Anda bisa membeli port USB eksternal untuk mengatasi masalah ini.

3. Panas dan suara yang dihasilkan

Salah satu kelebihan dari ASUS VivoPC VC60 adalah suara noise yang rendah bahkan sama sekali tidak ada. Ketika di uji pada performa maksimum, kipas dari VC60 pun bersuara cukup rendah. Hal tersebut cocok untuk penggunaan perkantoran yang membutuhkan ketenangan dalam pengerjaan setiap tugasnya.

Selain itu, VC60 juga tidak menghasilkan panas yang terlalu berlebih, sehingga anda tidak perlu khawatir. Namun, anda juga tetap harus membersihkan bagian dalamnya, setidaknya 1 tahun sekali. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga performa dan merawat perangkat VivoPC milik anda.

Kesimpulan

Sebagai perangkat yang digunakan untuk keperluan bisnis, ASUS VivoPC VC60 merupakan perangkat. VC60 merupakan sebuah perangkat yang sedikit lebih baik jika dibandingkan dengan beberapa MiniPC yang ada di pasaran. Performa yang ada juga cukup menjanjikan untuk bisa menangani keperluan-keperluan perkantoran di masa mendatang.

Leave a Response