close
Info KomputerTips & Trick

Kursor Laptop Kamu Sering Bergerak Sendiri? Berikut Ini Cara Mengatasinya

kursor laptop

Pernah nggak sih, kamu mengalami hal aneh seperti ada saatnya kursor laptop tiba-tiba bergerak sendiri, tanpa ada yang mengarahkan dan mengendalikan. Wah, horor sekali bukan? Tapi, kira-kira apa ya penyebab kursor bergerak sendiri? Dan apa saja sih, cara yang bisa kita terapkan untuk mengatasi hal tersebut?

Yuk, langsung saja mari kita simak pembahasan pada artikel berikut ini.

1.   Sensitivitas yang Tinggi Terhadap Mouse dan Touchpad

Salah satu penyebab mengapa kursor mouse atau touchpad bergerak sendiri adalah karena laptop memiliki sensitivitas yang terlalu tinggi. Tak hanya itu, terpencetnya paduan dari dua tombol, yakni  shortcut mouse + tombol panah pada keyboard juga bisa menyebabkan kursor bergerak sendiri, lho.

Nah, untuk mengurangi sensitivitas pada laptop, yang mana saat masuk ke Control Panel kamu akan menjumpai tab Button, dan melakukan penurunan Double Click Speed ke arah slow. Demikian juga pada tab Pointer Options, turunkan pointer speed pula ke arah slow. Ini dapat dilakukan untuk mengurangi sensitivitas mouse.

2.   Menggunakan Keyboard Default Produsen dan Pengendali Mouse

Nah, cara berikutnya yang dapat kamu terapkan adalah dengan melakukan pengunduhan pengendali bawaan touchpad driver yang sebelumnya memang telah dirilis oleh produsen laptop. Nah, dengan melakukan pengunduhan ini, diharapkan berbagai problematika kursor yang sering bergerak dan berpindah sendiri dapat teratasi.

Untuk melakukan cara yang satu ini, kamu harus melakukan download terlebih dulu drivernya di website milik produsen laptop yang saat ini tengah kamu kenakan. Disana, pencarian terhadap “Touchpad Driver” atau “Hotkey Driver”dapat dilakukan.

3.   Charger Bermasalah

Penyebab selanjutnya yang mungkin saja terjadi adalah karena charger yang bermasalah. Bagaimana cara mengetahuinya? Ketika permasalahan sensitivitas laptop timbul saat laptop tengah diisi daya baterainya, maka berpeluang besar penyebab kursor tak terkendali tersebut, karena munculnya daya arus listrik yang berlebih, yang mana aliran tersebut juga ikut mengaliri touchpad dan monitor laptop. Faktor yang satu ini, bisa saja disebabkan karena charger laptop yang dikenakan bukanlah charger yang secara resmi dirilis langsung oleh produsen laptop.

Maka dari itu, solusi dari permasalahan ini adalah, usahakan kamu menggunakan charger yang dirilis resmi. Atau, jika tengah mengalami kondisi darurat, kamu bisa meminjam charger laptop ke orang lain. Namun, terlebih dahulu, ada baiknya kamu pastikan tidak adanya tanda-tanda konsleting, yang muncul nantinya seperti touchpad yang mulai bergetar, rasa panas yang timbul pada colokan VGA, dan rasa tersetrum yang dialami saat saat memegang laptop.

4.   Melakukan Pengunduhan Ulang Driver Mouse/Touchpad

Masih belum menemukan titik temu? Mungkin cara berikut ini dapat dicoba, saat pengunduhan pembaruan dari driver mouse atau touchpad dilakukan. Dan caranya adalah dengan melakukan uninstall driver tersebut, lalu beralih untuk me-restart laptop milikmu. Umumnya, secara spontan driver dari mouse atau touchpad akan terinstall kembali.

5.   Sulitnya Kinerja Pada Sensor

Mouse sendiri memiliki sensor yang merupakan inti dari kinerja kursor. Namun, kendala pada sensor seringkali terjadi, yang mana pada akhirnya sensor mouse pun bermasalah dan kinerja kursor pun ikut tak terarah. Beberapa faktor yang mempengaruhi hal ini antara lain adalah penggunaan mouse pada permukaan yang tidak rata, meletakkan mouse pada permukaan berkaca, dan mouse yang terdapat pada permukaan berbahan busa. Jadi, pastikan kamu melakukan peninjauan dengan baik ya.

6.   Masalahnya Muncul Pada Mouse Itu Sendiri

Mungkin saja penyebab kursor bergerak sendiri ada pada mouse itu sendiri. Yup, salah satu penyebab kursor bergerak adalah karena mouse memiliki masalah. Entah itu pada mouse nirkabel ataupun mouse tanpa kabel alias wireless. Berbagai problematika sangat memungkinkan untuk terjadi.

Lantas, apa saja masalah yang bisa  terjadi? Dan apa saja sih, yang dapat dilakukan untuk mengatasi kursor bergerak sendiri? Yuk, simak uraian berikut ini.

  • Kabel mouse terjepit atau bengkok, masalah yang satu ini mungkin saja terjadi pada mouse nirkabel. Nah, untuk mengatasi hal ini maka kamu cukup meluruskannya saja.
  • Kemudian masalah selanjutnya bisa terjadi pada mouse wireless atau nirkabel, yang mana masalah yang dapat timbul adalah kerusakan sensor mouse. Nah, jika sensor dan konektor mouse rusak, satu-satunya cara memperbaiki mouse adalah dengan memperbaharuinya.

7.   Aktivasi Pada Touchpad

Dalam aktivasi pada touchpad ini bisa saja menimbulkan permasalahan, lho. Karena bisa saja kursor di layar akan bergerak sendiri karena ketidaksengajaan tangan atau jari Anda ada yang menyentuh touchpad. Dan cara terbaik untuk mengatasi permasalah ini adalah dengan mematikan fungsi touchpad di laptop yang dapat dikatakan cukup mudah untuk dilakukan, yakni dengan mengkombinasikan penonaktifan touchpad dengan kombinasi berbagai tombol.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kursor laptop yang bergerak sendiri. Semoga cara yang kita bahas dapat memudahkan kamu mengatasi permasalahan terkait kursor laptop, ya.

Jika kursor Sobat masih bermasalah, mungkin saatnya Sobat ganti laptop baru. Kunjungi website anugrahpratama untuk mengetahui produk laptop terbaru dan terlengkap dengan harga terjangkau dan variatif.