close

Google Cardboard : Cara Baru Melihat Dunia Dengan Menyenangkan

google cardboard
google cardboard

google cardboard 3

Anda memiliki ponsel Android dan sebuah cardboard? Sekarang anda memiliki opsi untuk bisa melakukan perjalanan keliling dunia, tentunya secara visual. Peta yang dibuat oleh pihak Google untuk versi Android kini memiliki mode virtual reality yang bekerja dengan baik bersama dengan sebuah alat bernama Google Cardboard. Dengan fasilitas ini anda bisa melakukan perjalanan ke berbagai tempat di dunia tanpa meninggalkan rumah anda, website yang akan dibuat untuk fitur ini dikabarkan akan di rilis sebelum natal tahun ini.

Overview

Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan Google Cardboard? Google Cardboard merupakan kombinasi antara sebuah cardboard (tempat kertas) dan smartphone, kedua benda tersebut lalu dikombinasikan dengan lensa, magnet dan sebuah benda berbentuk lingkaran yang terbuat dari besi untuk bisa merasakan teknologi Virtual Reality.

google cardboard
google cardboard

Sebuah smartphone dengan perangkat lunak stereoscopic display cocok untuk dikombinasikan dengan cardboard, hal ini karena ponsel tersebut mendukung untuk bisa mendapatkan sebuah gambar lalu dibagi menjadi 3 dimensi gambar.

google cardboard
Desain Google Cardboard

Google dengan sangat baik hati memberikan sebuah prototype desain dan cara merangkai cardboard sendiri. Mereka tidak menunjuk satu perusahaan manufaktur untuk membuat cardboard. Google sangat menyarankan bagi anda untuk membuat cardboard anda sendiri, dengan begitu anda tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk merasakan teknologi virtual reality tersebut.

google cardboard
Cara merangkai Google Cardboard

Untuk merasakan teknologi Virtual Reality dengan baik, anda bisa dengan mudah membuka aplikasi Street View bawaan Google pada smartphone Android anda, tekan 2 kali pada ikon ‘refresh’ pada layar bagian kanan bawah dan anda akan menemukan sebuah sensasi baru menikmati pemandangan dengan teknologi Virtual Reality. Satu yang pasti, anda harus menempatkan ponsel anda pada Google Cardboard yang telah anda desain sendiri atau anda beli. Ketika anda melakukan hal tersebut, anda bisa mendapati tempat-tempat terkenal di berbagai belahan dunia seperti Taj Mahal di India, Big Bang di Inggris dan lain-lainnya.

google cardboard
Cara mengganti gambar pada Google Cardboard

Teknologi ini juga akan digunakan oleh pihak Volvo untuk mengenalkan produk barunya, yaitu Volvo XC90. Dengan aplikasi berbasis Android dan iOS diharapkan Google Cardboard akan membantu mengenalkan Volvo XC90 ini pada dunia luas.

Dengan adanya Google Cardboard, tentunya teknologi kini berkembang dengan luas dan semakin inovatif. Anda bisa menjelajah berbagai tempat di dunia tanpa perlu meninggalkan rumah anda. Dan tentunya, kini Google Cardboard yang didukung oleh teknologi Virtual Reality mampu membawa anda menuju ke era baru.

Leave a Response