close

Siri, Cortana dan Google Now: Mana yang Paling Baik?

Siri, Cortana dan Google Now

Akhir-akhir ini voice assistant seperti Siri, Cortana dan Google sedang mengalami lonjakan permintaan pada beberapa gadget. Baru-baru Cortana (voice assistant milik Microsoft) dapat diunduh pada gadget yang memiliki OS Android dan iOS.

Siri, Cortana dan Google Now

Saat ini memang ada tiga voice assistant yang bisa dikatakan banyak digunakan oleh para pengguna seperti Siri, Cortana dan Google Now. Pertanyaannya mana yang paling baik diantara ketiganya?

Siri pertama kali muncul dan membuat ‘rasa’ yang berbeda pada Gadget Apple. Menyadari akan hal ini, beberapa produsen besar mulai menciptakan voice assistant seperti Siri atau bahkan ada yang menciptakan lebih daripada Siri. Setelah itu muncul Cortana untuk Windows Phone yang beberapa review mengatakan lebih pintar daripada Siri dan Google Now yang dapat digunakan oleh para pengguna Android.

Siri, Cortana dan Google Now: Mana yang Terbaik?

Untuk mendapatkan hasil mana sebenarnya yang paling baik diantara Siri, Cortana dan Google Now, ada beberapa elemen perbandingan yang digunakan.

Player

Siri: Siri adalah asisten siara yang sepenuhnya digunakan dan tersedia bagi para pengguna iPhone. Pertama kali dikenalkan pada iPhone 4S. Siri menawarkan kebebasan para pengguna untuk menayakan pertanyaan apapun, mesin pengingat, mengatur pertemuan dan bertinteraksi dengan digital diva dengan mensetting nama panggilan.

Cortana: Cortana adalah buatan Microsoft yang namanya diambil dari salah satu franchise game Microsoft Halo. Cortana menggunakan suara aktris Jane Taylor. Cortana tersedia untuk para pengguna Windows Phone 8.1 (sekarang dapat dinikmati pada OS Android dan iOS). Dalam beberapa hal, Anda akan menerima hasil pencarian dan pertanyaan dengan suara yang dihasilkan komputer yang, diakui kurang menarik daripada suara Taylor.

Google Now: Google Now adalah semua tentang akses mudah dan kesederhanaan. Ketika memicu perintah suara, Anda hanya bisa mengatakan, “OK, Google …” dan kemudian memberikan perintah Anda. Seperti Siri dan Cortana, Anda dapat mencari info online, tetapi Google Now juga pandai memberikan rekomendasi pribadi berdasarkan sejarah pencarian Anda dan preferensi.

Dalam hal pemutar ini, sudah ada gambaran mana yang terbaik diantara Siri, Cortana dan Google Now?

Suara

Suara adalah salah satu elemen untuk menentukan mana yang terbaik antara Siri, Cortana dan Google Now. Ada banyak faktor untuk memilih diantara Siri, Cortana dan Google Now untuk memilih asisten suara digital masing-masing, tetapi suara adalah satu faktor yang memiliki peran yang besar.Di satu sisi, Anda dapat mendengar suara aktris pada Cortana, tapi pidato ikonik pada Siri adalah yang paling terkenal di seluruh dunia masih menjadi terfavorit. Di lain sisi “OK, Google” menjadi yang paling tidak favorot diantara Siri dan Cortana.

Diantara Siri, Cortana dan Google Now, Siri bisa dibilang yang paling dapat dibedakan dengan suara disesuaikan yang bahkan memungkinkan Anda untuk memilih suara laki-laki jika Anda tidak menyukai suara perempuan. Sementara Cortana terkunci untuk tetap menggunakan suara merdu Jen Taylor, sedangkan Google Now tidak menawarkan pilihan kustomisasi.Dalam hal ini pemenangnya adalah Siri.

Aktivasi Suara

Bagi beberapa orang yang membutuhkan penggunaan hands-free, aktivasi suara asisten pribadi telepon adalah plus besar. Diantara Siri, Cortana dan Google Now, siapa pemenangnya?

Siri, Cortana dan Google Now

Google Now mengalahkan Apple dan Microsoft dengan fitur “Always-listening”, yang memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan Google Now setiap saat dengan mengatakan “OK, Google.” Kelemahan jenis aktivasi, bagaimanapun, adalah bahwa hal itu hanya tersedia pada ponsel yang lebih tinggi.

Dengan perilisan iOS 8, Siri menerima kemampuan untuk diaktifkan dengan perintah suara saat telepon tersambung ke sumber listrik dengan mengatakan “Hei, Siri.” Meskipun fitur ini tidak memiliki fleksibilitas seperti yang ditawarkan Android, itu masih bagus untuk penggunaan hands-free dalam kendaraan atau di rumah.

Cortana saat ini tidak menawarkan aktivasi handsfree pada setiap model Windows Phone. Namun, menurut Microsoft, model garis Lumia dengan Snapdragon 800 prosesor seri (Lumia Icon, Lumia 930 dan Lumia 1520 dikonfirmasi sejauh ini) akan diperbarui akhir tahun ini untuk memanfaatkan aktivasi suara pasif untuk Cortana dengan kedatangan “Lumia Denim “update firmware. Dalam hal ini pemenangnya adalah Google Now.

Interface

Siri

Antarmuka Cortana dan Siri terlihat mirip, namun Google Now adalah sedikit lebih interaktif. Ketika diaktifkan, Cortana dan Siri menyajikan layar polos mendorong pengguna untuk berbicara perintah. Google Now melibatkan layout kartu yang mencoba untuk mengantisipasi apa yang mungkin Anda inginkan.

Siri, Cortana dan Google Now

Anda tidak perlu memberitahu Siri banyak tentang diri Anda. Bila Anda mengaktifkan asisten digital, layar hitam akan dihiasi dengan garis putih bergelombang sepanjang teks bawah dan putih yang berbunyi, “Apa yang bisa saya bantu?” di tengah layar.

Ikon tanda tanya kecil yang berada di sudut kiri bawah. Ketika mengetuk, ia membawa berbagai saran untuk bagaimana menggunakan Siri. Pilihan berkisar dari “Call Brian” atau “Tweet lokasi saya” menjadi “film Apa yang bermain?” atau “Ingatkan saya untuk menelepon Mom.”

Jika Anda tidak berbicara permintaan Anda, atau Anda mengatakan itu terlalu pelan, Siri akan meminta Anda untuk mengulang sendiri. Untuk melakukan itu, bagaimanapun, Anda harus tekan ikon mikrofon di bagian tengah bawah layar.

Hasil muncul dengan cepat dan sering sangat jelas, bahkan meminta klarifikasi untuk yang menghubungi saya inginkan atau untuk mengkonfirmasi bahwa Siri memiliki informasi untuk pengingat yang benar. Semua dalam semua, kesederhanaan Siri membuatnya sangat mudah digunakan.

Cortana

Siri, Cortana dan Google Now

Selama proses setup, Cortana meminta serangkaian pertanyaan untuk lebih mengenal Anda seperti, “Bagaimana Anda ingin menghabiskan malam Anda?” dan “Apa yang Anda baca pertama di koran?” Dia juga meminta Anda untuk nama dan double-cek pengucapan nya. Proses setup agak lama, tapi setelah itu selesai, Cortana akan tahu siapa kontak favorit Anda, jika Anda ingin mengatur pengingat, apa jam tidak mengganggu Anda, apa yang Anda tertarik, di mana Anda bekerja dibandingkan mana Anda tinggal, dan bagaimana untuk menyajikan berita Anda. Cortana mencatat semua rincian ini pribadi di Notebooknya.

Setelah diaktifkan, Cortana menyambut Anda dengan dashboard, bertema warna biru. Sebuah lingkaran biru duduk di pojok kiri, dan memperluas dan memendek, seperti bernapas, tapi tidak ada yang lain. Di kanan atas, Anda akan menemukan sepasang catatan musik dan tombol menu tiga baris.

Bagian bawah layar memiliki bar putih yang mengatakan “Ask me Anything” di sebelah ikon mikrofon. Anda dapat mengetik pertanyaan Anda atau meminta dengan keras, tetapi untuk melakukan yang kedua, Anda harus tekan ikon mikrofon. Bila Anda melakukannya, layar hitam kosong terbuka dengan lingkaran biru di tengah. Tepat di bawah yang saran untuk apa yang harus bertanya Cortana, seperti “Apakah saya perlu mantel?” atau “Ambil catatan.”

Dibawahnya, ada warna biru untuk menekan dan melihat lebih banyak pilihan bagaimana menggunakan Cortana. Pilihan yang disarankan adalah tidak sepanjang Siri, tapi ada pilihan untuk tekan untuk mendapatkan lebih banyak ide.

Google Now

Membuka Google Now menampilkan bar pencarian Google di bagian atas layar, dengan ikon mikrofon di sebelah kanan.

Siri, Cortana dan Google Now

Kartu muncul di tengah layar. Kotak-kotak kecil dapat menampilkan informasi tanpa Anda meminta untuk itu. Sebagai contoh, dapat menarik skor olahraga, waktu perjalanan, boarding pass, tempat-tempat wisata, janji akan datang dan lebih. Google cukup baik untuk mengetahui kapan setiap kartu yang bersangkutan dan mendorong yang satu ke atas.

Selama proses kustomisasi, Anda dapat memberitahu Google bagaimana Anda mendapatkan sekitar kota. Anda juga dapat memberitahu apa yang tim olahraga dan saham Anda ikuti, alamat untuk bekerja dan rumah, apa penyedia kabel dan layanan streaming Anda gunakan, serta jika Anda ingin update cuaca atau waktu perjalanan. Setiap hasil ini di kartu muncul pada dashboard Anda dengan informasi yang relevan.

Integrasi Google dengan Google Search berarti Anda dapat mengurutkan hasil pencarian untuk jawaban. Setelah itu Anda menunjukkan gambar yang sebenarnya, bukan hanya URL situs. Anda juga dapat mengurutkan hasil, di bagian bawah halaman, untuk belanja, video, berita, aplikasi, buku, peta dan fitur ponsel.

Diantara Siri, Cortana dan Google Now, pemenangnya adalah Google Now. Google Now menawarkan informasi yang Anda inginkan sebelum Anda bahkan dapat meminta. Plus, lebih baik dapat mengurutkan hasil Anda.

Pengumpulan Informasi: Kecepatan dan Akurasi

Kecepatan dan akurasi menjadi salah satu hal untuk menetapkan voice assistant yang terbaik diantara Siri, Cortana dan Google Now.

Pengujian dilakukan dengan memberikan pertanyaan yang sama pada ketiga seperti Siri, Cortana dan Google Now.

“Where “Where can I see the movie The Equalizer? (Dimana saya bisa melihat film The Wqualizer?)”

Siri meresponnya dalam waktu 3.5 detik, Cortana 6 detik dan Google Now 5.47 detik.

Pemenangnya adalah Google Now, walaupun Siri lebih cepat. Hal ini dikarenakan Google menawarkan hasil yang lebih menhyeluruh seperti daftar bioskop yang menayangkan film tersebut.

  • Pengujian kedua yaitu sebagai reminder
    “Remind me to pick up dry cleaning (Ingatkan untuk mengambil pakaian)”

Siri, Cortana dan Google Now

Hasilnya, Siri menempati poisi pertama dengan respon 2.7 detik. Tempat kedua ditempati oleh Cortana dengan respon 5 detik dan Google now dengan 6 detik. Jadi, dalam hal ini Siri adalah pemenangnya.

  • Pengujian ketiga yaitu tentang memberikan direction atau arah.

“Directions to Churcill Downs (Arah menuju Churcill Downs”

Hasilnya, Siri merespon dengan waktu 6.4 detik, sedangkan tempat kedua Cortana dengan waktu 7 detik dan Google Now dengan 7.22 detik.

Pemenangnya dalam hal ini adalah Google Now. Mengapa demikian? dalam hal keakuratan Google Now lebih menunjukkan arah lebih detail seperti memberikan suara dan waktu tempun ke tujuan.

  • Pengujian keempat yaitu bertanya tentang pengetahuan umum.

“How tall is the Eiffel Tower? (Berapa tinggi menara Eiffel?”

Siri, Cortana dan Google Now

Hasilnya Siri 2.2 detik, Cortana 5.3 detik dan Google Now 5.6 detik. Pemenang dari pengujian ini adalah Cortana. Hal ini karena Cortana melewati informasi-informasi yang asing dan langsung pada pokok permasalahan.

  • Pengujian keempat yaitu tentang sebuah kejadian
    “Did the Maple Leafs win last night? (Apakah Maple Leafs menang tadi malam?”

Hasilnya Siri merespon paling cepat yaitu 2.8 detik, Cortana 4.2 detik dan Google Now 5.22 detik. Pemenangnya yaitu Siri. Tidak hanya apakah dia tahu bahwa Maples tidak bermain malam sebelumnya, tapi dua malam sebelumnya. Kecepatan dan keseluruhan presentasi yang optimal dan lebih baik daripada yang dari Cortana dan Google Now.

Keahlian yang Unik

Ketiga voice assistant dapat melakukan beberapa tugas pokok dan lebih rumit. Anda dapat memberitahu masing-masing asisten ini untuk membuka sebuah aplikasi yang diinstal, mengidentifikasi lagu yang sedang diputar, melacak saham Anda, mengatur alarm, menunjukkan cuaca dan banyak lagi. Tetapi masing-masing memiliki senjata khusus sendiri juga.

Cortana

Asisten Microsoft cukup pintar untuk mengetahui tidak hanya nama Anda, tetapi juga nama-nama kontak Anda. Anda kemudian dapat menggunakan Cortana untuk mengatur pengingat yang akan ditampilkan pada saat Anda berkomunikasi dengan orang tertentu, seperti, “Ingin Joey selamat ulang tahun.”

Plus, Cortana unggul untuk terus mengajukan pertanyaan kontekstual. Misalnya, jika Anda bertanya, “Apakah ada tempat pizza di Louisville, Kentucky”? Anda dapat menindaklanjuti dengan pertanyaan-pertanyaan seperti, “mana yang terdekat dengan saya?” dan “orang-orang yang baik?”. Dengan kata lain, Cortana dapat mengikuti garis Anda interogasi. Google Now dan Siri juga menyediakan fitur ini, tetapi mereka tidak dapat mengikuti lebih dari tiga atau empat pertanyaan.

Siri

Apple sangat terintegrasi Siri ke iOS (sebagai lawan untuk memiliki itu app sendiri). Dan ketika Anda sedang berhadapan dengan aplikasi Apple, seperti iTunes dan iMessage, Siri memberikan pengalaman yang lebih kohesif dari pesaingnya. Siri juga terintegrasi dengan layanan pihak ketiga. Misalnya, menghubungkan ke OpenTable untuk pemesanan buku makan malam dengan cepat dan Fandango untuk membantu Anda membeli tiket film.

Google Now

Google Now adalah satu-satunya dari tiga yang dilengkapi dengan mic yang selalu on, jadi cepat merespon ketika Anda mengatakan, “OK, Google.”

Saya juga seperti antarmuka pengguna Kartu, yang menampilkan sedikit informasi tambahan yang Anda inginkan yang tidak tersedia melalui layar rumah Siri dan Cortana ini.

Dalam hal ini, hasilnya adalah draw.

Kesimpulan

Siri

Cortana

Google Now

Voice X
Voice Activation X
Touch Activation X
Interface X
Gathering Information X
Unique Abilities X X
Totals 4 1 2

 

Secara keseluruhan diantara Siri, Cortana dan Google Now, pemenangnya adalah Siri. Siri adalah voice assistant pertama, sehingga Apple telah memiliki waktu untuk menyempurnakannya. Misalnya, Apple telah menambahkan opsi suara, aktivasi satu sentuhan dan integrasi dengan aplikasi pihak ketiga. Ini mulai bermain dengan aktivasi suara juga.

Namun, Google Now telah menguasai permainan aktivasi suara, dan menawarkan informasi lebih lanjut sebelum Anda harus bertanya. Sebagai anak baru di blok, Cortana masih memiliki banyak belajar. Ketika mengenai hal menjawab pertanyaan dengan cepat dan benar adalah asisten aplikasi pribadi, dan Siri adalah yang terbaik.

 

 

 

 

 

 

Leave a Response