close
GadgetTips & Trick

Laptop rusak karena terkena air, cegah kerusakan dengan cara ini

Laptop rusak karena terkena air, cegah kerusakan dengan cara ini

Laptop rusak karena terkena air, cegah kerusakan dengan cara ini. Pernah kalian mengalami ini? Jangan panik dulu karena kalian masih bisa lakukan dengan cara ini untuk mengcegah dan mengatasinya. Sebenarnya ini merupakan hal yang sangat krusial dan cukup beresiko apabila laptop kalian terkena air.

Apabila kerusakaan hingga ke motherboard maka pilihannya adalah kalian mengganti komponen motherboard atau kalian membeli laptop baru yang dimana harganya mungkin tidak jauh berbeda dari motherboard yang kalian pakai sebelumnya.

Lepaskan Charger laptop

Hal ini perlu kalian lakukan terlebih dahulu karena jika kalian tidak melakukan ini sebagai penangan pertama maka kalian bisa saja terkena setruman arus listrik yang masuk ke dalam kabel serta komponen utama seperti motherboard bisa terkena efek korosi dari tumpahan air.

Hal ini juga perlu kalian waspadai karena jangan sampai kalian menyambungkan kabel charger ke unit laptop via tombol power karena secara otomatis akan menghantarkan arus listrik.

Balikkan Laptop

Terdengar kelihatannya seperti aneh, tapi ini layak kalian lakukan karena dengan melakukan upaya ini maka air yang terlanjur masuk lewat celah-celah keyboar bisa terbuang. Ketika kalian melakukan ini pastikan posis laptop kalian di dalam keadaan terbalik dan tunggu 1-2 jam hingga semua air keluar.

Hilangkan Sisa-sisa cairan yang ada pada laptop kalian

Langkah selanjutnya adalah kalian menghilangkan sisa-sisa cairan air yang ada pada laptop kalian dengan cara kalian bisa menggunakan kain yang berbahan lembut dan lap secara pelan-pelan. Ini bertujuan untuk menghilangkan sisa-sisa cairan air yang menempel pada laptop serta membantu mengurangin resiko terjadinya korsleting.

Lepaskan Hardware Eksternal

Cabut seluruh hardware eksternal, beberapa item yang perlu di cabut di antaranya perangkat USB, kartu memori, pengontrols seperti mouse, pengecas laptop.

Gunakan Handuk

Tempatkan handuk di permukaan rata, handuk tersebut digunakan untuk meletakkan laptop selama beberapa hari kedepan dengan tujuan membantu membuat laptop cepat kering dan mencegah dari gangguan apapun.

Sekian pembahasan dari Anugrah Pratama mengenai Laptop rusak karena terkena air, cegah kerusakan dengan cara ini. Semoga kalian bisa lebih teliti lagi di dalam meletakkan laptop, jangan menggunakan laptop saat kalian sedang menaruh gelas ataupun botol minum yang tidak di tutup dengan rapat serta pastikan kembali tempat taruh laptop kalian aman.

Tags : harwarelaptoptips