close

Mengenal Perbedaan Jenis-jenis USB

Perbedaan Jenis-jenis USB

Menindaklanjuti jenis-jenis USB baru yang diterbitkan setiap tahunnya, ada baiknya Anda mengenal perbedaan jenis-jenis USB yang ada sebelum membelinya. Hal ini penting sekali agar para pengguna dapat memilih USB jenis apa yang sesuai dengan kebutuhan.

Perbedaan Jenis-jenis USB

Beberapa tahun terakhir USB (Universal Serial Bus) hadir dengan menyuguhkan inovasi yang lebih baik. Tak heran jika per tahun rata-rata ada kurang lebih 3 milyar USB dijual setiap tahunnya. ada tiga jenis USB yaitu USB type A, USB type B dan yang terbaru adalah Untuk itu ada baiknya untuk mengenali perbedaan jenis-jenis USB dengan baik.

Perbedaan Jenis-jenis USB

USB Type-A

USB type-A ini lebih dikenal dengan USB standard-A. USB tipe ini memiliki desain dengan bentuk asli dari USB yaitu persegi panjang dan berbentuk pipih. USB tipe A ini dapat dijumpai pada port yang ada pada laptop, PC, desktop, game console dan media player. Host untuk USB tipe ini adalah port USB. Type-A male dimasukkan sedangkan tipe B female berfungsi sebagai colokan. Pendek kata Anda memerlukan konektor type A.

Perbedaan Jenis-jenis USB

Ada beberapa versi USB yang berbeda untuk tipe A ini. Diantaranya adalah USB 1.1, USB 2.0, USB 3.0 (dan versi kebawah). Hal ini berarti konektor tipe A ini pasti kompatibel dengan port tipe A walaupun para pengguna memakai tipe yang berbeda. Seperti contoh device menggunakan USB 3.0 tetapi juga dapat digunakan dengan port 2.0.

Selain itu device kecil seperti mouse, keyboard, network adapter, flashdisk dan bluetooth juga menggunakan konektor tipe A. Uraian tersebut penting diketahui untuk mengetahui perbedaan jenis-jenis USB.

USB Type B

USB tipe B adalah sebuah ujung USB yang dapat dihubungkan dengan peripheral (printer, hardisk eksternal dan smartphone/ponsel). Seperti yang diketahui bahwa device peripheral memiliki bentuk yang bermacam-macam, maka USB tipe B dan port nya juga memiliki desain yang bermacam-macam. Untuk itu penting mengetahui perbedaan jenis-jenis USB.

Perbedaan Jenis-jenis USB
USB Type-B: Dari kiri, Standard-B, Mini-B, Micro-B, Micro-B USB 3.0, dan Standard-B USB 3.0.

Jenis-jenis USB tipe B

  • Jenis pertama yaitu Standarad-B USB 3.0

Desain dari jenis ini sama dengan USB Standard-B. Namun kecepatannya dibuat sama dengan kecepatan USB 3.0. Ciri khas dai jenis ini terletak pada ujungnya yaitu berwarna biru.

  • Micro USB 3.0

Jenis ini merupakan desain terbaru dari USB tipe B. Sebagian besar dari tipe ini digunakan pada USB 3.0 port driver.

  • Micro USB

Micro USB memiliki bentuk yang lebih kecil dibanding Mini USB. Saat ini untuk port USB tipe B ini paling banyak digunakan pada perangkat smartphone, kamera dan drive portable lainnya.

  • Mini USB

Ukuran USB jenis ini sangat kecil. Sayangnya saat ini tidak banyak yang menggunakan jenis USB ini. USB tipe B jenis ini bisa ditemukan pada drive portable tua seperti kamera dan smartphone.

  • Original Standar

Original standar ini dibuat untuk peripheral besar seperi printer atau scanner ke komputer. Pertama kali dibuat USB 1.1 yang juga dapat digunakan oleh USB 2.0

USB Type C

Perbedaan Jenis-jenis USB

USB Tipe C yang baru dirilis beberapa waktu lalu memiliki bentuk yang sama dengan tipe B (port dan konektor). Port untuk tipe C berukuran 8.4 mm dan 2.6 mm. Tentunya, dengan ukuran yang kecil akan kompatibel untuk device kecil. Kabel yang berada pada bagian ujung sangat kecil sehingga dapat digunakan secara bolak-balik

USB tipe C ini akan didukung oleh USB 3.1 dengan kecepatan super yaitu10 Gbps dan daya output tinggi mencapai 20V (100W) dan 5A. USB tipe C ini memiliki peran dua arah yaitu sebagai charge peripheral dan charge device host. Salah satu produk yang menggunakan USB-C adalah flashdisk SanDisk Dual USB. Flashdisk ini dibandrol dengan harga US$50 atau kira-kira Rp 600 ribuan.

Mengetahui perbedaan jenis-jenis USB penting untuk diketahui apalagi saat ini ada banyak jenis USB. Mengenali perbedaan jenis-jenis USB juga sangat membantu untuk melakukan pekerjaan sehari-hari, mengingat sekarang banyak pekerjaan yang dilakukan dengan menggunakan USB.

 

 

 

 

 

 

Leave a Response