TWS Putih

Dalam era modern yang penuh dengan mobilitas dan konektivitas, teknologi audio menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari. Penggunaan perangkat audio, seperti headphone dan earphone, telah menjadi semakin umum untuk memenuhi kebutuhan mendengarkan musik, berkomunikasi, atau bahkan menikmati hiburan di lingkungan yang bising. Dua teknologi yang telah muncul sebagai solusi untuk mengatasi gangguan suara di sekitar kita adalah Environmental Noise Cancellation (ENC) dan Active Noise Cancellation (ANC).

Ketika berbicara tentang teknologi penekanan kebisingan, penting untuk memahami perbedaan mendasar antara ENC dan ANC. Keduanya dirancang untuk menghadirkan pengalaman mendengarkan yang lebih baik dengan mengurangi atau menghilangkan suara dari lingkungan sekitar. Namun, pendekatan dan mekanisme kerja keduanya berbeda secara signifikan. Apa sajakah itu?

Mengenal ENC (Environmental Noise Cancellation) dan Cara Kerjanya

Environmental Noise Cancellation (ENC) adalah teknologi yang digunakan untuk mengurangi atau menghilangkan kebisingan latar belakang dari lingkungan sekitar, sehingga memungkinkan perangkat elektronik atau aplikasi untuk mendeteksi dan memproses suara dengan lebih baik. Teknologi ini digunakan dalam berbagai perangkat, seperti perangkat telekomunikasi, headphone, dan mikrofon untuk meningkatkan kualitas komunikasi suara. Sementara cara kerjanya adalah sebagai berikut:

1. Deteksi Kebisingan

Sensor pada perangkat mendeteksi kebisingan latar belakang di sekitar pengguna. Ini bisa berupa suara dari lalu lintas, mesin, atau percakapan orang di sekitar.

2. Analisis Sinyal

Perangkat memproses sinyal audio yang diterima dari mikrofon atau sensor untuk mengidentifikasi bagian dari suara yang merupakan kebisingan lingkungan.

Sinyal Anti Noise

3. Pembuatan Sinyal Anti-Noise

Berdasarkan analisis sinyal, perangkat menciptakan sinyal anti-noise yang berlawanan dengan kebisingan yang terdeteksi. Sinyal ini dibuat dengan fase yang berlawanan sehingga ketika digabungkan dengan kebisingan latar belakang, keduanya saling membatalkan satu sama lain.

4. Penerapan Sinyal Anti-Noise

Sinyal anti-noise ini kemudian diterapkan atau dikombinasikan dengan sinyal asli yang dihasilkan oleh mikrofon atau perangkat input suara lainnya. Proses ini dapat dilakukan secara real-time, memberikan efek “pencabutan” pada kebisingan lingkungan.

5. Output Bersih

Hasil akhirnya adalah suara yang lebih bersih dan jernih, di mana kebisingan latar belakang secara efektif dihilangkan atau dikurangi secara signifikan. Hal ini memungkinkan pengguna untuk fokus pada suara yang diinginkan tanpa gangguan dari lingkungan sekitar.

Mengenal ANC (Active Noise Cancellation) dan Cara Kerjanya

Active Noise Cancellation (ANC) adalah teknologi inovatif yang dirancang untuk mengurangi atau menghilangkan kebisingan lingkungan dengan menggunakan perangkat elektronik yang menghasilkan gelombang suara dengan fase yang berlawanan. Hal ini membantu menciptakan lingkungan hening dan memperbaiki kualitas audio pada perangkat audio seperti headphone dan earphone. Sementara, cara kerjanya adalah sebagai berikut:

Bising

1. Deteksi Kebisingan

Mikrofon atau sensor pada perangkat mendeteksi kebisingan latar belakang di sekitar pengguna. Ini bisa termasuk suara lalu lintas, suara mesin, atau percakapan orang.

2. Analisis Sinyal

Perangkat memproses sinyal audio yang diterima dari mikrofon untuk mengidentifikasi frekuensi dan karakteristik kebisingan lingkungan.

3. Generasi Sinyal Anti-Noise

Berdasarkan analisis, perangkat menciptakan gelombang suara dengan fase yang berlawanan dengan kebisingan yang terdeteksi. Sinyal ini disebut “anti-noise.”

4. Penyisipan Sinyal Anti-Noise

Sinyal anti-noise tersebut kemudian dimasukkan ke dalam output audio perangkat. Ini bisa dilakukan dengan menyinkronkan sinyal anti-noise dengan sinyal asli menggunakan teknologi digital.

5. Pembatalan Fase

Ketika sinyal asli dan anti-noise dipadukan, gelombang suara dengan fase yang berlawanan saling membatalkan. Ini menciptakan efek pembatalan fase, menghilangkan atau mengurangi kebisingan latar belakang.

6. Output Bersih

Akibatnya, pengguna mendengar suara yang lebih bersih, tanpa gangguan dari kebisingan lingkungan. ANC beroperasi secara dinamis, menyesuaikan sinyal anti-noise dengan perubahan dalam kebisingan sekitar secara real-time.

Perempuan mendengarkan musik

ENC vs ANC, Apa Saja Perbedaannya?

Tabel di bawah ini membandingkan Environmental Noise Cancellation (ENC) dan Active Noise Cancellation (ANC) melalui fitur-fitur kunci, menyoroti perbedaan dalam fokus teknologi, susunan mikrofon, metode pemrosesan, kasus penggunaan, kompatibilitas perangkat, dan lainnya. Simak selengkapnya:

1.Tabel Perbedaan ENC vs ANC

FiturEnvironmental Noise Cancellation (ENC)Active Noise Cancellation (ANC)
Fokus TeknologiMeningkatkan kualitas audio selama komunikasi suara dengan mengurangi kebisingan latar belakang.Menciptakan lingkungan mendengarkan yang tenang dengan meniadakan suara eksternal.
Susunan MikrofonMemanfaatkan beberapa mikrofon untuk menangkap kebisingan sekitar.Tidak ada – ANC berfokus pada interferensi gelombang suara.
Pemrosesan Real-TimeMenggunakan pemrosesan real-time untuk menyaring dan menekan kebisingan latar belakang.Tidak ada – ANC menghasilkan gelombang anti-noise.
Peningkatan SuaraMeningkatkan kejelasan suara selama panggilan telepon dan konferensi video.Tidak ada – ANC utamanya untuk pemutaran audio.
Adaptasi DinamisMenyesuaikan tingkat pembatalan kebisingan berdasarkan lingkungan sekitar.Memungkinkan pengguna menyesuaikan tingkat pembatalan kebisingan.
Generasi Anti-NoiseTidak ada – ENC tidak menghasilkan gelombang anti-noise.Menggunakan headphone atau earbuds khusus untuk menghasilkan gelombang anti-noise.
Audio MendalamTidak ada – ENC tidak memberikan pengalaman mendengarkan yang mendalam.Memberikan pengalaman mendengarkan yang mendalam dengan memblokir kebisingan latar belakang.
Pengaturan yang Dapat DisesuaikanTidak ada – ENC tidak menawarkan pengaturan pembatalan kebisingan yang dapat disesuaikan.Memungkinkan pengguna menyesuaikan tingkat pembatalan kebisingan.
Daya Baterai LamaTidak ada – ENC tidak berdampak signifikan pada daya baterai.Banyak perangkat ANC menawarkan daya baterai yang panjang untuk mendengarkan tanpa gangguan.
Kasus PenggunaanIdeal untuk meningkatkan kualitas panggilan di lingkungan berisik.Sempurna untuk menikmati musik atau konten tanpa gangguan eksternal.
Kompatibilitas PerangkatUmumnya terintegrasi dalam smartphone dan perangkat konferensi.Ditemukan dalam headphone dan earbuds ANC khusus.
BiayaUmumnya tersedia sebagai fitur bawaan, sehingga tidak ada biaya tambahan.Headphone atau earbuds dengan ANC cenderung lebih mahal.
Efek Pengurangan KebisinganEfektif mengurangi kebisingan latar belakang selama percakapan.Sangat efektif dalam membatalkan suara eksternal untuk pengalaman mendengarkan yang mendalam.
Rentang AplikasiDigunakan terutama dalam perangkat komunikasi suara.Digunakan luas dalam perangkat pemutaran audio untuk konsumen.
KompleksitasLebih sederhana, berfokus pada pemrosesan audio real-time.Lebih kompleks, melibatkan generasi gelombang anti-noise dan pemrosesan real-time.

2.Mana yang Lebih Baik?

Pilihan antara ENC dan ANC sangat tergantung pada kebutuhan pengguna individu. Bagi mereka yang mengutamakan kualitas komunikasi suara dalam lingkungan bising, teknologi ENC mungkin menjadi pilihan yang lebih tepat.

Sebaliknya, bagi pengguna yang menginginkan pengalaman mendengarkan audio yang mendalam tanpa gangguan dari lingkungan eksternal, ANC bisa menjadi solusi yang lebih cocok. Namun, perlu dicatat bahwa ANC umumnya melibatkan biaya tambahan dan memiliki tingkat kompleksitas teknologi yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan ENC. Oleh karena itu, pemilihan antara keduanya sebaiknya dilakukan dengan mempertimbangkan kebutuhan spesifik dan preferensi pengguna.

Kesimpulan

Dalam era mobilitas dan konektivitas modern, teknologi audio seperti Environmental Noise Cancellation (ENC) dan Active Noise Cancellation (ANC) hadir sebagai solusi untuk mengurangi gangguan suara sekitar. ENC fokus pada peningkatan kualitas komunikasi suara, sementara ANC menciptakan lingkungan mendengarkan yang tenang untuk pengalaman audio yang mendalam.

Perbedaan utama terletak pada pendekatan dan kompleksitas teknologi. Pilihan antara keduanya tergantung pada kebutuhan pengguna: ENC untuk kualitas komunikasi, ANC untuk pengalaman mendengarkan audio yang lebih dalam. Tren terbaru menunjukkan upaya terus-menerus dalam menghadirkan solusi audio yang canggih dan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Desain TWS

Apakah Anda Sedang Mencari Earphone?

Setelah memahami perbedaan penting antara teknologi ENC (Environmental Noise Cancellation) dan ANC (Active Noise Cancellation), yang memainkan peran krusial dalam meningkatkan pengalaman mendengarkan Anda, inilah saatnya untuk mengambil langkah berikutnya. Temukan earphone berkualitas premium di Anugrah Pratama, tempat di mana inovasi bertemu dengan keunggulan. Kami tidak hanya menyediakan berbagai pilihan terbaru dengan harga kompetitif, spesifikasi lengkap, dan ulasan mendalam untuk membantu Anda membuat keputusan, tapi juga menjamin keaslian dan kepuasan Anda dengan garansi resmi pada setiap produk earphone. Lebih dari itu, setiap pembelian di Anugrah Pratama diiringi dengan layanan purna jual yang tak tertandingi. Jangan lewatkan kesempatan ini untuk meningkatkan pengalaman audio Anda. Hubungi kami hari ini untuk informasi lebih lanjut dan mulailah menikmati perbedaan yang nyata dalam kualitas suara!

Anugrahpratama.com

Klampis Jaya 29E, Surabaya 60117
Jawa Timur – Indonesia
Telepon: 031-5928580
Whatsapp: 08113127777
https://www.anugrahpratama.com