close
ReviewTips & Trick

Pakai VGA Card, Ubah Data Digital menjadi Desain Grafis Berkualitas!

VGA Card
Sumber: pixabay.com

Teruntuk anda yang memiliki pekerjaan dibidang multimedia atau yang hobby ngegame, kartu VGA ini harus segera anda miliki. VGA Card adalah suatu komponen terpenting yang ada pada perangkat komputer untuk memaksimalkan tampilan grafik agar tetap bagus. Sebelum memiliki kartu tersebut, anda harus mengetahui secara detail semua hal terkait VGA Card mulai dari pengertian, fungsi, jenis dan bagaimana kinerja kartu tersebut. Untuk menjawab semua pertanyaan dari anda maka simaklah penjelasan berikut

Apa itu VGA Card?

Bagi para gamer tentu saja tidak asing lagi dengan VGA Card bukan? Ya, VGA Card adalah singkatan dari Video Graphics Adapter, yakni suatu komponen eksternal yang terpasang pada perangkat komputer. Kartu grafis ini dapat memaksimalkan tampilan layar monitor menjadi tampak sempurna. Dilihat dari bentuknya terbagi menjadi 2 bagian yaitu VGA Card On-Board dan VGA Card Add-on.

VGA Card terpasang pada perangkat komputer. Tempat meletakkannya dinamakan slot ekspansi. Kartu tersebut memiliki chipset yang berbeda-beda tergantung pada pabrikan yang membuatnya. Karena setiap pabrik memiliki ciri khas chipset masing-masing.

Apasih fungsi VGA Card?

Fungsi VGA Card
Sumber: pixabay.com

Pada dasarnya fungsi utama sebuah VGA Card adalah merubah sinyal digital yang dihasilkan oleh perangkat komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor. Dimana kartu grafis dihubungkan secara langsung pada CPU komputer sehingga data-data yang ditampilkan tampak jelas, bagus dan sempurna.

Berikut fungsi lain dari VGA Card

  • VGA Card dapat membuat tampilan grafis yang ada pada game menjadi lebih jelas.
  • Dengan adanya VGA Card membuat tampilan grafis yang muncul pada layar monitor menjadi lebih tajam lagi.
  • VGA Card juga mendukung dalam proses kerja dibidang multimedia dalam pembuatan desain grafis atau video 3D.
  • VGA Card sangat cocok apabila digunakan oleh anda yang hobi menonton film karena detail yang ditampilkan sempurna
  • VGA Card dapat menghubungkan antara personal komputer dengan televisi menggunakan HDMI sehingga gambar yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik.

Jenis-jenis dari VGA Card

VGA Card terbagi menjadi beberapa jenis, berikut ulasannya:

  • VGA ISA

VGA ISA (Industry Standart Architecture) adalah salah satu jenis kartu grafis yang terpasang pada slot ekspansi ISA bus dengan sistem I/O antara 8 sampai 16 bit. Kini, sudah sangat jarang digunakan karena sistem transfer datanya yang lambat sehingga membutuhkan waktu yang lama. Selain itu, tampilan gambar dan warnanya juga belum sempurna.

  • VGA EISA

VGA EISA (Estended Industry Standart Architecture) adalah salah satu jenis kartu grafis yang terpasang pada slot ekspansi EISA bus yang memiliki sistem I/O sekitar 32 bit. Jenis ini dikeluarkan pertama kali pada tahun 1988 lalu dengan ketegangan 5 dan 12 volt dengan kecepatan clock nya 8,33 MHz dan untuk kecepatan transfernya hanya sekitar 32 mb per detiknya.

  • VGA PCI

VGA PCI (Peripheral Component Interconnect) adalah salah satu jenis kartu grafis yang terpasang pada slot ekspansi PCI bus yang memiliki sistem I/O antara 32 sampai 64 bit. Akibat adanya pembatasan penggunaan fitur-fitur, maka kartu jenis ini sekarang sudah jarang digunakan.

  • VGA AGP

VGA AGP ( Accelerated Graphics Port) adalah merupakan salah satu jenis kartu grafis yang terpasang pada slot ekspansi AGP bus yang memiliki sistem I/O yaitu 128 dan 256 bit. Ia memiliki kecepatan transfer data yang maksimal antara CPU ke perangkat yang digunakan.

  • VGA PCle

VGA PCle ( Peripheral Component Interconnect Express) adalah salah satu jenis kartu grafis yang terpasang pada slot ekspansi PCle bus yang memiliki sistem I/O yang merupakan suatu rangkaian seri. Dengan tingkat kecepatan transfernya sekitar 32gb  per menitnya. Sungguh merupakan kemampuan yang luar biasa.

Cara kerja VGA Card

Setelah mengetahui pengertian dan jenis-jenis VGA Card, selanjutnya pahami secara seksama bagaimana kinerja dari kartu tersebut berikut ini:

  1. Saat menjalankan suatu aplikasi, secara otomatis kartu grafis akan berfungsi. Aplikasi tersebut akan meminta bantuan kepada driver kartu grafis dan meminta izin mengambil data yang nantinya bakal dikonversi menjadi data versinya.
  2. Lalu, driver akan menyampaikan hasil data tadi kepada kartu grafis agar selanjutnya dapat menjalani proses rendering. Kemudian data akan menuju kartu grafis melalui slot motherboard.
  3. Selanjutnya, saat data digital sampai pada kartu grafis, ia akan disimpan sementara pada memori, nah GPU akan mengambil data tersebut dan mengolahnya menjadi piksel gambar. Piksel akan dikirim ulang ke Video RAM.
  4. VRAM akan mengirim data digital kepada RAM DAC agar dapat diubah menjadi sebuah data analog. Nah, itulah proses final kartu grafis karena selanjutnya data akan ditampilkan pada layar monitor dengan kualitas yang mumpuni.

Nah, setelah tahu apa itu VGA card, fungsi dan jenis-jenisnya, saatnya Anda benar-benar mendapatkannya. Di anugrahpratama.com tersedia berbagai pilihan laptop dengan spesifikasi terbaik dan terlengkap, silahkan cek seluruh produknya disini.