close

Ponsel dengan Kecepatan Pengisian Baterai Terbaik

Ponsel dengan Kecepatan Pengisian Baterai Terbaik

Ponsel dengan kecepatan pengisian baterai terbaik menjadi PR utama bagi para produsen smartphone terutama yang memakai OS Android. Ada beberapa brand ponsel pintar yang memiliki hasil sebagai ponsel dengan kecepatan pengisian baterai terbaik setelah melalui beberapa uji coba.

Ponsel dengan Kecepatan Pengisian Baterai Terbaik

Beberapa ponsel pintar dengan kecepatan pengisian baterai terbaik adalah Asus Zenfone 2, iPhone 6, Samsung Galaxy S6, Google Nexus 6, Motorola Droid Turbo, One Plus 2 dan LG G4. Dari ketujuh brand tersebut mana yang memiliki kecepatan pengisian baterai terbaik?

Berdasarkan tes yang dilakukan oleh Tom’s Guide menemukan bahwa Asus Zenfone 2 adalah ponsel dengan kecepatan pengisian baterai terbaik. Asus Zenfone 2 bersaing ketat dengan Samsung Galaxy S6. Sayangnya, untuk Apple iPhone 6 grafis pengisian baterai berada pada peringkan paling bawah dalam percobaan.

Tekhnologi dan Ponsel dengan Kecepatan Pengisian Baterai Terbaik

Kebanyakan produsen menjanjikan kecepatan pengisian cepat baterai menggunakan tekhnologi Qualcomm Quick Charge 2.0. Quick Charge mengambil keuntungan ekstra power dari 9 volt/1.67 amp. Untuk charging pada umumnya, power brick kecil yaitu 5 volt/1.5 amp.

Teknologi Qualcomm menjanjikan untuk mengisi baterai Anda penuh dalam waktu kurang dari 2 jam, tapi beberapa ponsel yang menggunakan Quick Charge seperti LG G4, tidak benar-benar seperti yang dijanjikan. Untuk itulah muncul istilah lain yaitu Turbo Charge yang dipakai oleh Droid Turbo dan Google Nexus 6. Zenfone 2 sendiri menggunakan merek “teknologi Boostmaster” Asus dan membutuhkan daya brick khusus.

Proses Pengujian Ponsel dengan Kecepatan Pengisian Baterai Terbaik

Untuk menguji setiap ponsel harus sampai ponsel tersebut kehabisan baterai lalu mati. Setelah itu ponsel tersebut dicharge selama 5 menit terlebih dahulu. Ketika baterai sudah mencapai lima persen, saatnya untuk menyetel waktu hingga lima menit, 15 menit hingga 30 menit. Tes dilakukan dengan menggunakan stopkontak yang sama di masing-masing ponsel.

Ponsel dengan Kecepatan Pengisian Baterai Terbaik

Menit-menit awal sangat penting untuk menjadikan ponsel tersebut sebagai ponsel dengan kecepatan pengisian baterai terbaik. Mencapai waktu 5 menit, performa Asus Zenfone 2 adalah yang paling solid. Dalam kurun waktu lima menit, Zenfone 2 sudah mendapat daya baterai sebesar 17 persen. Di tempat kedua diikuti oleh Google Nexus 6 yang mencapai 12 persen daya pengisian. Tempat ketiga fitempati oleh ponsel OnePlus 2 kemudian disusul dengan Samsung Galaxy S6. Sayangnya iPhone 6 ada di peringkat paling bawah dengan daya 6 persen . Kesimpulannya, untuk lima menit pengisian baterai, pemenangnya adalah Asus Zenfone 2.

Pengujian Setelah 15 Menit

Ponsel dengan Kecepatan Pengisian Baterai Terbaik

Salah satu pertimbangan menjadi ponsel dengan kecepatan pengisian baterai terbaik ketika mencapai 15 persen pengisian.  Setelah melalui proses pengujian pengisian baterai, kemudian beranjak pada 15 menit pengisian baterai. Hasilnya adalah tetap Asus Zenfone 2 adalah pemenangnya. 15 menit pengisian daya, Zenfone 2 sudah terisi sebanyak 32 persen. Untuk peringkat kedua ada perubahan. Kali ini posisi kedua ditempati oleh Samsung Galaxy S6 dengan 27 persen pengisian. Di peringkat ketiga ponsel dengan kecepatan pengisian baterai terbaik adalah Google Nexus 6. Untuk iPhone 6 masih tetap berada di urutan terbawah dengan pengisian daya 20 persen selama 15 menit.

Pengujian Setelah 30 Menit

Ponsel dengan Kecepatan Pengisian Baterai Terbaik

Beralih ke 30 menit pengisian, Asus Zenfone 2 dan Samsung galaxy S6 sama-sama memiliki hasil yang sama. Dalam waktu 30 menit, keduanya berhasil mengisi daya sebesar 53 persen. Peringkat ketiga diikuti oleh Google Nexus 6 dan posisi iPhone 6 dalam waktu 30 menit berada di peringkat 2 dari bawah dengan 36 persen pengisian, sementara posisi juru kunci adalah OnePlus 2 dengan kapasitas 34 persen pengisian daya.

Mencapai 80 Persen

Ponsel dengan Kecepatan Pengisian Baterai Terbaik

Semakin dekat pengisian daya baterai mendekati 100 persen, Samsung Galaxy S6 semakin menunjukkan ‘taring’ nya. Samsung Galaxy S6 mencapai 80 persen hanya dalam waktu 48 menit Durasi tersebut lebih cepat 20 menit daripada rata-rata dan lebih dari 40 menit lebih cepat dari ponsel paling lambat, OnePlus 2. Asus Zenfone 2 turun ke tempat kedua dengan pengisian 80 persen hanya dalam 56 menit. Ini adalah satu-satunya ponsel lain untuk mengisi 80 persen dalam waktu kurang dari 1 jam. Pemenangnya dalam hal ini adalah Galaxy S6.

Ketika Baterai Mendekati 100 Persen

Ponsel dengan Kecepatan Pengisian Baterai Terbaik

Secara keseluruhan, ketika semakin mendekati pengisian penuh, kecepatan semakin menurun. walaupun demikian, Samsung Galaxy S6 masih bertengger di posisi pertama. Samsung galaxy S6 membutuhkan waktu 1 jam 22 menit untuk pengisian daya baterai secara sempurna. Catatan waktu ini lebih cepat 30 menit dari LG G4 yang dalam hal ini menduduki peringkat kedua. Sementara itu, Asus Zenfone 2 merosot ke peringkat 4 dengan waktu 1 jam 49 menit untuk pengisian daya secara sempurna. iPhone 6 tetap dalam posisi juru kunci dengan durasi waktu 2 jam 30 menit.

Kesimpulan Ponsel dengan Kecepatan Pengisian Baterai Terbaik

Dengan kemampuan power brick, ponsel-ponsel yang menggunakan tekhnologi Quick Charge dapat mengisi baterai penuh dalam waktu 2 jam atau kurang dari 20 persen pengisian dalam waktu 15 menit. Namun, Asus Zenfone 2 memberikan waktu tercepat yaitu 15 menit yang bersaing dengan Samsung Galaxy S6. Setelah itu, Galaxy S6 menjadi cepat ketika akan sampai pada pengisian 80 hingga 100 persen pengisian baterai. Kenyataannya, durasi waktu yang paling dekat untuk mengisi baterai secara penuh hanya selisih 14 menit dariSamsung galaxy S6.

Di sisi lain, para pengguna tidak boleh lupa kalau ponsel pintar ini memiliki kapasitas baterai paling kecil, yaitu 2550 mAh, sementara ponsel lainnya berkapasitas diatas 3000 mAh. Untuk itulah Asus Zenfone 2 mengalahkan Samsung dalam hal ponsel dengan kecepaan pengisian baterai terbaik. Meskipun S6 memberikan daya lebih milliamps per menit untuk mencapai pengisian daya yang sempurna, Zenfone 2 menawarkan waktu yang lebih cepat yaitu ketika pengisian selama 15 menit dan 30 menit, dimana pengguna sangat memerlukannya.

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Response