Wifi tampak belakang

Apakah Anda bingung dengan perbedaan antara router dan access point? Perbedaan utama kedua perangkat ini terletak pada fungsi, dimana router berfungsi menghubungkan berbagai perangkat ke internet melalui satu jaringan, sedangkan access point berfungsi memperluas jangkauan jaringan yang sudah ada. Memahami perbedaan ini penting untuk meningkatkan kinerja jaringan dan memastikan koneksi yang lancar.

Artikel ini akan membahas perbedaan router dan access point, serta memberikan tips praktis untuk mengoptimalkan jaringan sesuai kebutuhan Anda.

Pahami Perbedaan Wireless Router

Perbedaan Router dan Access Point

Berikut beberapa perbedaan utama antara router dan Access Point:

1. Perbedaan Dari Segi Fungsi dan Fitur

Perbedaan router dan access point yang pertama terletak pada fungsinya. Wireless router adalah perangkat jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan berbagai perangkat ke Internet atau jaringan lain. Selain itu, router juga berfungsi sebagai titik akses nirkabel, yang memungkinkan perangkat nirkabel (seperti komputer, smartphone, dan tablet) terhubung ke jaringan.

Sementara Access point, atau AP, adalah perangkat jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat nirkabel ke jaringan yang sudah ada, biasanya melalui kabel. AP berfungsi sebagai jembatan antara perangkat nirkabel dan jaringan kabel.

Wireless router tidak hanya berfungsi sebagai titik akses, tapi juga memiliki banyak fitur lain seperti pembagian IP (DHCP), firewall, dan bahkan fungsi server VPN. Sementara itu, AP biasanya hanya berfungsi sebagai titik akses untuk perangkat nirkabel ke jaringan kabel.

2. Dari Segi Penggunaan

Wireless router biasanya digunakan di rumah atau lingkungan kecil. Di mana hanya ada satu jaringan dan perlu diakses oleh beberapa perangkat. Di sisi lain, AP biasanya digunakan dalam lingkungan yang lebih besar. Seperti perkantoran atau kampus, di mana banyak titik akses diperlukan untuk menangani jumlah pengguna yang besar.

3. Arsitektur Jaringan

Wireless router dapat membuat jaringan baru, sementara AP menambahkan kemampuan nirkabel ke jaringan yang sudah ada. Ini berarti jika Anda ingin membuat jaringan baru, Anda membutuhkan router. Tetapi jika Anda ingin memperluas jaringan yang sudah ada, AP mungkin lebih sesuai.

4. Jangkauan Jaringan

Dalam hal jangkauan jaringan, wireless router umumnya memberikan cakupan yang lebih luas. Juga mampu menjangkau jarak yang lebih jauh daripada access point. Namun, perlu diingat bahwa faktor-faktor seperti desain fisik bangunan, penghalang, interferensi, dan lingkungan sekitar juga dapat mempengaruhi jangkauan sebenarnya dari kedua perangkat ini.

5. Fungsi Routing dan Switching

Wireless router memiliki kemampuan routing yang memungkinkan pengiriman paket data antara jaringan lokal (LAN) dan jaringan luas (WAN). Sementara access point tidak memiliki fungsi routing. Selain itu, wireless router juga memiliki fungsi switching yang memungkinkan pengiriman data antara perangkat dalam jaringan lokal (LAN) melalui port Ethernet yang ada. Sementara itu, access point hanya berfungsi sebagai titik akses nirkabel. Tanpa memiliki kemampuan routing dan switching yang kompleks seperti yang dimiliki oleh wireless router.

6. Konektivitas Ethernet

Perbedaan dalam segi konektivitas Ethernet antara wireless router dan access point terletak pada jumlah port Ethernet yang tersedia dan fungsionalitas yang terkait. Wireless router umumnya dilengkapi dengan beberapa port Ethernet. Yang memungkinkan koneksi kabel langsung ke perangkat seperti komputer, printer, atau perangkat jaringan lainnya. Jumlah port Ethernet yang dimiliki oleh wireless router biasanya lebih banyak. Seperti empat atau lebih, yang memungkinkan penggunaan multipleksing dan pengaturan jaringan yang lebih kompleks.

Sementara itu, access point umumnya memiliki jumlah port Ethernet yang lebih terbatas dibandingkan dengan wireless router. Sebagian besar access point hanya memiliki satu atau dua port Ethernet. Umumnya digunakan untuk menghubungkan access point ke jaringan kabel yang ada. Port Ethernet ini biasanya digunakan untuk menghubungkan access point ke router atau switch yang sudah ada dalam jaringan.

7. Manajemen Jaringan

Perbedaan mendasar dalam segi manajemen jaringan antara wireless router dan access point terletak pada tingkat fungsionalitas. Selain itu juga kemampuan administratif yang dimiliki oleh masing-masing perangkat. Wireless router biasanya dilengkapi dengan berbagai fitur manajemen jaringan yang lebih lengkap dan canggih. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengatur pengaturan jaringan, mengelola perangkat yang terhubung, dan memantau lalu lintas data dengan lebih mudah. Beberapa fitur umum yang sering ditemukan pada wireless router meliputi konfigurasi firewall, pengaturan keamanan, manajemen bandwidth, serta kemampuan untuk mengatur jaringan tamu.

Di sisi lain, access point umumnya memiliki fitur manajemen jaringan yang lebih terbatas. Meskipun access point juga memungkinkan pengguna untuk mengatur pengaturan dasar seperti SSID (Service Set Identifier) dan kunci enkripsi. Tetapi fitur lanjutan seperti pengaturan firewall atau manajemen lalu lintas data mungkin tidak tersedia. Access point biasanya dirancang untuk menjadi lebih sederhana dalam hal konfigurasi dan penggunaan. Terlebih dengan fokus pada menyediakan konektivitas nirkabel yang andal dan stabil. Penggunaan access point lebih sering ditemukan dalam skenario di mana perlu memperluas jangkauan jaringan yang sudah ada. Seperti memperluas jangkauan Wifi di gedung atau ruang yang lebih besar.

Pahami Perbedaan Wireless Router

Cara Mengoptimalkan Jaringan Anda

Pemilihan antara wireless router dan AP tergantung pada kebutuhan spesifik jaringan Anda. Jika Anda memerlukan jaringan baru dengan koneksi internet, wireless router adalah pilihan yang tepat. Namun, jika Anda sudah memiliki jaringan dan hanya perlu menambahkan lebih banyak perangkat nirkabel, AP adalah solusi yang lebih baik.

Selain itu, menggunakan AP dapat membantu meningkatkan cakupan dan kapasitas jaringan Anda. Misalnya, jika Anda memiliki jaringan di kantor besar dan Anda perlu memastikan setiap perangkat memiliki koneksi yang baik, Anda dapat menambahkan beberapa AP di lokasi strategis.

Pemahaman yang baik tentang perbedaan antara wireless router dan access point akan membantu Anda membuat keputusan yang lebih tepat. Terutama tentang perangkat mana yang harus digunakan untuk memenuhi kebutuhan jaringan Anda. Dengan pemilihan perangkat yang tepat, Anda dapat mengoptimalkan kinerja dan efisiensi jaringan Anda. Bicara tentang pemilihan perangkat, Anda dapat membaca artikel berjudul Tips Memilih Router Sesuai Dengan Kebutuhan untuk mengetahui kebutuhan router yang tepat.

Kesimpulan

Kesimpulannya, memahami perbedaan router dan access point sangat penting untuk mengoptimalkan jaringan Anda. Sementara wireless router bertindak sebagai hub pusat.

Perangkat ini juga menghubungkan beberapa perangkat lain ke internet, access point, serta memperluas jangkauan jaringan dan menghilangkan titik-titik yang mati. Dengan menempatkan access point secara strategis dan memanfaatkan koneksi kabel, Anda dapat meningkatkan kinerja jaringan Anda.

Selain itu juga memastikan konektivitas yang lancar di seluruh rumah atau kantor Anda. Dengan pengetahuan ini, Anda dapat membuat keputusan yang tepat saat mengatur jaringan Anda dan menikmati pengalaman internet yang andal dan efisien.

Rekomendasi Distributor Penyedia Router dan Access Point

Anugrah Pratama adalah online store yang tepat untuk menemukan wireless router dan access point dengan kualitas terbaik. Kami juga menyediakan berbagai macam laptop dan perlengkapan komputer lainnya. Segera hubungi admin untuk mendapatkan penawaran harga terbaik.

AnugrahPratama.com

Jl. Karimun Jawa no.2 Surabaya, 60281
Jawa Timur – Indonesia
Telepon: 031-5928580
Whatsapp: 08113127777
https://www.anugrahpratama.com