close

Apple iPad Air 2: Tablet Ringan, Tipis dan Bertenaga

review ipad air 2
review ipad air 2

review ipad air 2

Akhir tahun 2014 pihak Apple meluncurkan iPad versi terbarunya, yaitu iPad Air 2. Lalu apa kelebihannya? Layar yang lebih lebar? Tidak, lalu apa kelebihannya? Desain dan bentuknya yang lebih tipis. Dengan desain yang terkesan baru dan bentuk yang lebih tipis, mampu menjadi headline di berbagai media dunia.

Sepertinya pihak Apple kini mulai beralih dari desain device yang tebal, menjadi lebih tipis dan berbahan solid. Sayangnya, hal ini tidak di dukung oleh perubahan hardware secara besar-besaran pula. iPad Air 2 tidak hadir dengan CPU yang lebih cepat atau layar dan kamera yang berkembang. Apple mungkin lebih memberikan pasar sebuah perangkat dengan desain tampilan yang bagus.

Overview

Seperti kemunculan Apple iPad Air sebelumnya, iPad Air 2 juga kini mampu memimpin pasar penjualan tablet. Dengan desain yang unik dan berbeda, Apple iPad Air 2 mampu memberikan performa yang cukup dengan tampilan yang mampu memuaskan pelanggan. iPad Air 2 memiliki berat sebesar 437g, lebih ringan dibanding versi sebelumnya yang memiliki berat sebesar 469g. iPad Air 2 juga hadir dengan bodi setebal 6.1 mm, lebih tipis dibandingkan dengan versi sebelumnya yang memiliki ketebalan sebesar 7.4 mm.

review ipad air 2
Apple iPad Air 2

Jika kita mengamati lebih detail, Apple iPad Air 2 memiliki beberapa perubahan dibandingkan dengan versi sebelumnya. Tombol yang ada pada iPad Air 2 telah di desain ulang mirip seperti milik iPhone 6 atau iPhone 6 plus. Speaker juga terletak pada satu bagian saja, yaitu dibagian bawah. Dan yang paling berbeda pada iPad Air 2, tombol switch dihilangkan. Beberapa pengguna khawatir karena terdapat pengurangan fitur pada bagian tombol, tapi pihak Apple memberikan statment jika masih banyak fitur lain yang bisa di eksplorasi dan lebih berguna untuk membantu kegiatan pengguna. Lalu bagaimana cara untuk melakukan mematikan suara yang ada? Kita bisa dengan mudah menekan tombol volume kurang lebih lama.

Apple iPad Air 2 kini hadir dengan varian warna baru, yaitu emas. Tenang saja, bagi anda yang tidak menyukai warna tersebut, Apple masih memiliki 2 varian warna yaitu silver dan abu-abu seperti biasanya.

Review

Untuk mengetahui sebuah produk kita tidak bisa melihat satu sisi nya saja, begitu pun dengan Apple iPad Air 2. Untuk mengetahui iPad Air 2 lebih lanjut, kita bisa melihat dari sisi desain, layar, performa, dan kamera dan speaker.

1.Desain

Dengan ketebalan sebesar 6.1 mm, Apple iPad Air 2 merupakan salah satu tablet dengan desain paling ramping di pasaran. Bukan berarti bahwa iPad Air 2 merupakan tablet paling tipis, namun dengan ketebalan yang hanya sebesar 6.1 mm mampu menjadikan Apple iPad Air 2 masuk jajaran tablet tertipis di dunia. Tentu saja desain yang bagus juga di dukung oleh performa yang bagus pula. Seperti kita tahu bahwa Apple selalu memberikan yang terbaik bagi penggunanya, baik dari segi desain maupun performa.

iPad Air 2 memiliki desain yang cukup solid, dengan begitu anda bisa merasakan kenyamanan ketika menggunakannya. iPad Air 2 juga merupakan tablet yang cukup besar, besar layarnya hampir sama seperti Samsung Galaxy Tab S yang menjadi saingan terberatnya.

review ipad air 2
iPad Air 2 memiliki desain lebih tipis

Apple iPad Air 2 di kemas dalam bentuk yang lengkap, menarik, smooth dan mudah digunakan dengan 1 tangan. Dengan bentuk yang seperti tersebut, bukan berarti Apple iPad Air 2 tidak butuh case pelindung. Jika anda menggunakannya untuk kegiatan sehari-hari, anda sebaiknya membeli sebuah hardcase untuk melindungi bagian-bagian sudutnya yang bisa saja lecet atau penyok. Namun, jika anda kebanyakan menggunakannya dirumah, sebuah smart case saja sudah cukup untuk melindungi bodi iPad Air 2 milik anda.

Salah satu hal yang cukup disayangkan adalah Apple tidak menghilangkan tombol Silence, tombol ini di korbankan karena iPad Air 2 memiliki desain yang cukup tipis. Pihak Apple berkata bahwa mereka telah memberikan sebuah aplikasi Control Center yang baru untuk bisa mengaktifkan mode sunyi (silence), aplikasi ini terdapat pada sistem operasi yang baru. Sepertinya hal tersebut cukup rumit mengingat pengguna akan dengan mudah mengaktifkan mode sunyi hanya dengan menekan tombol tersebut.

review ipad air 2
Tombol silence yang dihilangkan pada iPad Air 2

Apakah desain dari Apple iPad Air 2 setara dengan tinggi harganyal? Menurut kami, iya. Tidak ada tablet di pasaran yang memiliki kualitas desain premium seperti iPad Air 2. iPad Air 2 memiliki kesan desain yang berkualitas, bagus dan mewah.

2. Tampilan Layar

Jika kita melihat dari segi layar, sepertinya tidak ada banyak perubahan yang signfikan pada iPad Air 2. Sama seperti versi sebelumnya, iPad Air 2 memiliki lebar layar sebesar 9.7 inci, memiliki resolusi sebesar 1536×2048 dan dilengkapi dengan teknologi Retina display. Apple memberikan perubahan tampilan layar iPad Air 2 dengan memberikan kedalaman pixel sebesar 264 ppi. Dengan begitu kualitas tampilan layar iPad Air 2 terlihat lebih tajam jika dibandingkan dengan versi sebelumnya, dan kualitas layarnya pun juga sangat baik. Hal tersebut dibuktikan dengan tingkat kecerahan maksimal yang mampu mencapai angka 401cd/m2

review ipad air 2
Tampilan layar iPad Air 2

Selain tingkat kecerahan yang cukup baik, Apple Air 2 mampu menghasilkan kontras hingga perbandingan 1.019:1. Akurasi warna yang dihasilkan pun juga tak kalah baiknya, dengan rata-rata Delta E sebesar 1.82 dan layarnya mampu untuk melakukan cover terhadap 93.3% warna sRGB. Dengan detail penjelasan diatas, merupakan bukti bahwa tampilan layar iPad Air 2 sangat hebat.

Jika anda tidak percaya, anda bisa meletakkan iPad Air dan iPad Air 2 secara bersebelahan. Kami jamin, anda akan melihat perbedaan yang cukup besar. Layar bagian depan pada iPad 2 dilengkapi dengan bahan yang tidak memantulkan sinar, sehingga anda akan merasa nyaman meskipun melihatnya dibawah sinar matahari atau sinar lampu secara langsung.

Layar LCD pada iPad Air 2 kini dilengkapi dengan bahan kaca diatasnya, sama seperti iPhone 6 dan iPhone 6 plus. Hal ini pula yang mampu memberikan perbedaan yang cukup besar dibanding versi sebelumnya ketika menampilkan gambar atau memutar video. Grafik, teks dan foto-foto yang di tampilkan dapat anda lihat dengan lebih tajam dan jelas dengan spesifikasi tampilan layar seperti ini. Apple juga melakukan pembaharuan terhadap chip yang memiliki bagian untuk memproses sentuhan pada layar. Meski perubahan yang ada tidak cukup mencolok, namun jika kita bandingkan secara langsung, baik dari hasil tampilan, input sentuhan dan kecepatan respon, Apple iPad Air 2 lebih bagus dan nyaman.

3. Kamera dan Speaker

Saat ini trend selfie dan foto semakin berkembang. Tak jarang seseorang menggunakan iPad nya untuk mengambil foto dan video untuk mengabadikan momen yang bisa saja terjadi kapanpun. Dengan melihat kebutuhan konsumen seperti ini, Apple memberikan spesifikasi kamera untuk iPad Air 2, mirip dengan milik iPhone 6. Meski spesifikasinya sama, nampaknya kinerja kamera iPad Air 2 ini tidak secanggih milik iPhone 6. iPad Air 2 tidak memiliki flash yang mampu membantu mengambil gambar dalam keadaan minim cahaya dan fitur deteksi autofokus-nya lebih lambat jika dibandingkan dengan kamera milik iPhone 6.

iPad Air 2 memiliki kamera dengan sebesar 8 mp, dengan aperture sebesar f/2.4 dan ukuran pixel sebesar 1.12 microns. Tak pelak, hal ini membuat iPad Air 2 mampu menghasilkan gambar dan video yang lebih detail daripada versi sebelumnya, namun tentu saja gambarnya memiliki ukuran lebih besar.

Spesifikasi dari speaker tidak berbeda dari tipe sebelumnya, namun Apple memberikan sebuah kejutan. Dengan desain bodi yang lebih tipis, Apple iPad Air 2 mampu menghasilkan suara yang lebih keras dan efek bass yang lebih terasa. Dengan memainkan musik yang sama pada iPad Air 2 dan iPad Air membuat anda menyadari bahwa, iPad Air 2 mampu menghasilkan suara yang lebih bagus, jelas dan keras.

review ipad air 2
Letak speaker iPad Air 2 yang kini berada dibagian bawah

iPad Air 2 memiliki aplikasi kamera yang cukup bagus, yaitu mode slow-motion pada kecepatan rekam 120 fps. Meski efeknya tidak seberapa bagus jika dibandingkan dengan milik iPhone 6 dan 6 plus, yang mampu memainkan mode tersebut pada kecepatan 240 fps. Namun, tetap saja hal tersebut cukup berguna bagi pengguna yang senang bermain-main dengan kamera perangkat pintarnya.

Terakhir, kamera depan pada iPad Air mengalami perubahan pada spesifikasinya. Bukan pada resolusinya, tapi pada lebar aperture. Gambar yang dihasilkan terlihat lebih detail, tapi hasilnya tidak sebagus milik iPhone 6.

4. Performa

Setelah melihat bagian depan dan material bodinya, rasanya tidak adil jika tidak melihat bagian dalamnya. iPad Air 2 memiliki perubahan yang cukup besar pada bagian dalam. Apple iPad Air dilengkapi dengan memori RAM sebesar 2GB. Tentu saja iPad Air 2 juga memiliki prosesor jenis terbaru, yaitu A8X. Prosesor ini mampu berjalan pada kecepatan 1.5 GHz, memiliki 3 core dan mampu bekerja 40% lebih cepat dibandingkan dengan prosesor A7. Selain prosesor yang berubah, GPU-nya pun juga berubah. iPad Air 2 memiliki GPU quad-core yang mampu menghasilkan kecepatan grafik sebanyak 2.5 kali lebih cepat dibandingkan dengan versi sebelumnya. Menurut penelitian dari Geekbench, jika membandingkan satu per satu core dari GPU-nya dengan miliki iPad Air, core GPU iPad Air 2 mampu bekerja 14% lebih cepat. Namun, jika membandingkan secara keseluruhan, kinerja GPU iPad Air 2 mampu bekerja 52% lebih cepat.

Jika kita membandingkannya untuk penggunaan sehari-hari, iPad Air 2 mampu bekerja lebih cepat dan unggul jauh dibandingkan dengan iPad Air. Dengan melakukan render sebuah film berdurasi pendek dengan resolusi sebesar 1080p menggunakan software iMovie, iPad Air 2 hanya memakan waktu sebesar 12 detik. Sedangkan iPad Air, membutuhkan waktu sebesar 17 detik. Mungkin perbedaannya tidak seberapa besar, namun coba kita lihat kembali. Apple iPad Air 2 mampu menghemat waktu sebesar 29% ketika melakukan render video berdurasi pendek, hasilnya akan jauh lebih besar ketika anda melakukan render video berdurasi lebih panjang.

Pengguna akan mengalami perbedaan yang cukup terasa ketika memainkan sebuah game. Dengan menggunakan iPad Air 2, semua game 3D rasanya lebih ringan. Menurut sebuah tes dari pihak GFXBench, iPad Air 2 memiliki tampilan layar yang cukup bagus, mampu memainkan berbagai game 3D dengan kecepatan rata-rata sebesar 53 fps. Hasil tersebut lebih bagus jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy Tab S 10.5.

Kita beralih ke penilaian menurut 3DMark. Secara mengejutkan iPad Air 2 mampu memiliki kecepatan sebesar 128 fps ketika melakukan tes grafik, dibandingkan dengan iPad Air yang hanya mampu berjalan pada kecepatan 77 fps. Apple iPad Air 2 memiliki skor rata-rata sebesar 21.741, lebih besar 40% dibandingkan dengan iPad Air yang memiliki skor rata-rata sebesar 15.516.

Beralih ke spesifikasi wireless, iPad Air 2 memiliki spesifikasi Wi-Fi dual-stream 802.11ac yang mampu berjalan pada kecepatan 866 Mbits/detik. Selain koneksi Wi-Fi, iPad Air 2 memiliki konektivitas seluler 4G, konektivitas ini mampu menghasilkan kecepatan download sebesar 150 Mbits/detik. Dengan kata lain, iPad Air 2 merupakan tablet dengan kecepatan yang luar biasa dan mungkin paling impresif.

Dengan berbagai kelebihan diatas, iPad Air 2 didukung juga dengan ketahan yang super. Seperti perangkat Apple lainnya, iPad memiliki ketahanan baterai yang lama pula. iPad Air 2 mampu memainkan video sepanjang 12 jam 46 menit. Cukup luar biasa bukan?

Kesimpulan

Apple telah membuat perubahan yang cukup bagus dengan iPad Air 2. Hal tersebut membuat semua orang yang menggunakan tablet sejak tahun 2012 atau sebelumnya, berpikir untuk mengganti tablet mereka. Kombinasi antara daya tahan, tampilan layar, desain yang bagus dan sistem operasi yang baru, membuat tablet ini menjadi salah satu tablet terbaik yang ada dipasaran. Selain itu, material bodi iPad Air 2 bersifat ecosystem (ramah lingkungan).

Dilengkapi dengan iOS 8 yang mampu menghadirkan kenyamanan bagi pengguna dengan berbagai fitur baru, menawarkan kemewahan tersendiri bagi para pembeli. Hal ini bisa jadi, salah satu pertimbangan bagi pengguna Android untuk berpindah menggunakan Apple.

Tetapi kita tidak bisa hanya dengan melihat desain, daya tahan atau spesifikasinya saja. Salah satu hal yang paling berpengaruh dalam penjualan adalah harga. Seperti biasanya, harga Apple memasang harga yang cukup tinggi, namun tetap terjangkau. Pastinya kita tidak akan membayar barang mahal yang memiliki kualitas bagus dan teruji dengan harga yang murah, bukan?

Leave a Response