close

25 Tips Optimasi iPhone 6

iPhone 6
iPhone 6

iPhone 6 dan 6 plus masih relatif baru diluncurkan dan kami memiliki beberapa tips optimasi iPhone 6 yang mampu membuat iPhone 6 anda bekerja dengan maksimal dan efisien.

iPhone 6 dan 6 plus merupakan handset yang dibekali dengan sistem operasi mobile terbaru milik Apple yaitu iOS 8. Dengan menggunakan iOS 8 tentunya anda memiliki berbagai opsi untuk bisa melakukan modifikasi terhadap tampilan, privasi, keamanan dan pengaturan input. Dalam artikel ini kita akan membahas 25 tips optimasi iPhone 6 anda agar bisa dilakukan modifikasi pengaturan seperti penjelasan diatas.iPhone-6

Mungkin beberapa dari anda sering terganggung dengan bagaimana cara kerja fitur terbaru dari iOS 8, yaitu keyboard clicks. Anda bisa melakukan pengaturan tersebut dengan cara, masuk ke Settings > Sounds > Keyboard Clicks. Pengaturan tersebut bisa jadi opsi pertama yang bisa anda lakukan. Tapi, masih banyak berbagai pengaturan optimalisasi kerja yang bisa dilakukan. Anda tidak perlu menghabiskan waktu yang cukup lama untuk melakukan pengaturan ini, hanya diperlukan beberapa menit untuk melakukan tips optimasi iPhone 6 anda. Dengan menjalankan tips ini, anda akan mendapatkan berbagai keuntungan, seperti daya tahan baterai yang meningkat, efisiensi kerja iPhone yang tinggi dan memahami pengaturan dasar untuk smartphone anda.

Berikut merupakan 25 tips optimasi terbaik untuk iPhone 6:

1. Mengatur Touch ID dan Tingkat Kesulitan Password

Semua orang pasti menginginkan smartphone berada pada keadaan seaman mungkin. Anda memiliki pilihan tersebut ketika menggunakan iPhone 6 dengan iOS 8 nya. Tips optimasi iPhone 6 yang satu ini terletak ketika melakukan pengaturan awal untuk perangkat ini, anda akan ditanyai untuk autentikasi penggunaan fitur Touch ID, kami sangat merekomendasikan anda menggunakan fitur ini, fitur ini cukup mudah dan sangat efektif.

Anda juga akan diminta untuk memasukan 4 digit kode yang digunakan sebagai kode default keamanan sebelum lanjut ke fitur berikutnya. Selain dengan fitur ini, ada beberapa fitur lagi yang bisa anda gunakan. Kenapa anda harus menggunakan fitur tambahan ini? Alasannya cukup simple, just in case, jika anda sedang berada dalam perjalanan menggunakan kereta, lalu ada seseorang yang melihat anda memasukan 4 digit pin anda. Sekarang, anda berada dalam situasi dimana anda tidak mengetahui modus dari orang tersebut, untuk berjaga-jaga jika iPhone 6 anda di curi, anda bisa melakukan penambahan keamanan ketika passcode anda didapatkan oleh seseorang.

iPhone 6 1
Fitur Touch ID dan Password Pada iPhone 6

Untuk membuat seseorang lebih sulit untuk bisa menggunakan perangkat anda, anda bisa melakukan pengaturan pada Settings > Touch ID & Passcode dan kemudian matikan fitur ‘Simple Passcode’. Anda memiliki opsi untuk memasukan password yang lebih panjang, dengan sekaligus bisa memberikan variasi karakter dan nomor pada password.

Menggunakan kata kunci yang panjang seperti terlihat menyusahkan kita, namun dengan fitur Touch ID yang telah diaktifkan, anda bisa membuatnya sedikit lebih mudah. Password yang cukup kuat setidaknya mampu memberikan anda kenyamanan agar ketika perangkat anda hilang, data yang ada tidak ikut hilang.

Selain itu, terdapat juga pilihan bagi anda yang memiliki data-data yang cukup sensitif. anda bisa mengatur iPhone 6 anda untuk menghapus seluruh data, jika kata kunci yang di masukan selama 10 kali tidak sesuai. Fitur ini cukup membantu dan bisa di aktifkan dengan masuk ke menu pengaturan  Settings > Touch ID & Passcode > Erase Data.

2. Mengunduh Aplikasi Keyboard

Apple memperkenalkan fitur ‘QuickType’ pada keyboard-nya untuk bisa memprediksi kalimat yang akan anda input kan. Sayangnya, fitur ini memakan waktu yang cukup lama untuk bisa mendapatkan prediksi kalimat yang sesuai. Apple memberikan anda sebuah kenyamanan dengan memberikan anda sebuah opsi untuk menggunakan aplikasi keyboard lainnya, tentunya aplikasi ini tidak diproduksi oleh pihak Apple sendiri. Anda bisa mendapatkannya di app store. Dan menurut kami, review yang paling bagus untuk aplikasi keyboard ini adalah Swype. Dengan menggunakan aplikasi ini, anda bisa menyeret jari anda pada huruf-huruf yang tersedia, lalu aplikasi ini akan memprediksi kalimat yang sekiranya akan anda gunakan. Hasil prediksinya pun juga tidak bisa diremehkan.

iPhone 6
Menggunakan Aplikasi Keyboard Eksternal Untuk iPhone 6

Terdapat juga berbagai aplikasi yang memiliki fitur yang cukup sama, seperti SwiftKey. Aplikasi tersebut cukup popular di Android, tapi sejauh ini aplikasi ini tidak memiliki review yang cukup bagus di kalangan para pengguna iPhone.

Jika anda menggunakan aplikasi keyboard tambahan lalu ingin menjadikannya sebagai keyboard utama, anda bisa mengaturnya dengan menuju ke Settings > General > Keyboard > Edit dan letakkan aplikasi tersebut di posisi teratas.

Anda bisa menggunakan tips menggunakan aplikasi keyboard ketika anda benar-benar membutuhkan kecepatan dalam mengetik kalimat per kalimat dengan menggunakan perangkat iPhone 6 anda.

3. Melakukan Pengisian Baterai Dengan Cepat

Baik dari pihak iLounge dan MacRumours telah melakukan konfirmasi jika kita bisa mengisi baterai iPhone terbaru dengan menggunakan adaptor dari iPad, hasilnya? tentu jauh lebih cepat dan tidak berbahaya bagi stabilitas baterai iPhone terbaru anda. Tips menggunakan adaptor dari iPad tentunya telah di konfirmasi oleh kedua pihak tersebut sebagai tips yang aman. Mengapa menggunakan adapter iPad bisa lebih cepat melakukan pengisian baterai? Hal ini disebabkan oleh adapter bawaan iPad yang memiliki kapasitas sebesar 2.1 Amp, 2 kali lebih besar dibandingkan dengan miliki iPhone yang hanya berkisar antara 1 Amp.

Seperti yang kami beritahu sebelumnya, bahwa melakukan pengisian baterai dengan menggunakan adapter dari iPad cenderung aman dan tidak berbahaya, hanya saja pastikan jika anda tidak melakukan berbagai kegiatan intensif ketika melakukan pengisian, hal ini dapat berakibat iPhone 6 anda menjadi panas dan tentu saja berpengaruh terhadap daya tahan baterainya.

Menurut berbagai sumber, iPhone 6 hanya membutuhkan waktu setidaknya 2 jam untuk bisa melakukan pengisian dari baterai yang benar-benar kosong hingga penuh. Cukup cepat bukan?

4. Meminimalkan Pesan Pada Email

Jika anda menggunakan iPhone 6, anda memiliki kemungkinan untuk bisa meminimalkan email yang sedang anda buat dengan cara melakukan swipe turun ke layar pada pesan yang anda buat. Dengan fitur ini, anda bisa memonitor email lainnya yang tidak kalah penting, atau meng-copy alamat email lainnya. Ketika anda siap untuk lanjut pada pesan yang baru, anda bisa menekan pilihan “New Message” pada bagian bawah layar.

iPhone 6
Minimalisasi Pesan Pada iPhone 6

5. Mengatur Email dan Pemberitahuan

Menambahkan akun pada iPhone merupakan hal yang cukup mudah, apalagi dengan menggunakan iPhone versi terbaru. Dengan berbagai servis yang cukup populer dari Gmail, anda bisa mengatur pemberitahuan email anda sendiri dengan melalui Settings > Mail, Contacts, Calendars dengan fitur ini, anda bisa mengatur hampir seluruh pemberitahuan yang bisa masuk ke perangkat anda, mulai dari kegiatan harian, hingga kegiatan akun sosial media anda jika terhubung dengan akun Gmail milik anda.

iPhone 6
Mengatur Email dan Pemberitahuan iPhone 6

Anda juga diberikan sebuah opsi untuk mengatur berapa banyak baris dari pesan yang bisa di tampilkan pada jendela notifikasi iPhone anda. Selain itu, anda bisa mengaktifkan label “Show to/Cc” ketika anda ingin mengirimkan email kepada banyak penerima. Anda bisa melakukannya dengan cara masuk ke Settings > Notifications > Mail. Anda bisa mengatur untuk sama sekali tidak menerima notifikasi baik itu berupa suara atau gambar dan juga bisa mengaturnya untuk tampil pada lockscreen anda.

6. Pengingat Email Masuk

Permasalahan Email yang banyak memang selalu menjadi salah satu tantangan tersendiri, baik itu bagi pihak developer sistem operasi atau pun developer aplikasi-aplikasi. Ketika anda tidak sedang berada dalam kantor, dan sangat mengandalkan koneksi internet dari ISP anda, bisa jadi ketika sinyal sedang tidak bersahabat, anda akan menerima email dengan terlambat, padahal email tersebut memiliki tingkat urgensi yang tinggi. Apakah ada tips untuk mengatasinya?

Dengan menggunakan iPhone dan iOS versi terbaru, anda memiliki sebuah fitur ‘Notify Me’ pada aplikasi email anda, fitur ini membantu anda untuk memastikan bahwa anda tidak akan melewatkan email yang memiliki tingkat urgensi yang tinggi. Hal ini sebenarnya cukup berguna, apalagi ketika anda sedang berada dalam pengerjaan proyek atau sedang mengorganisasi meeting dengan rekan kerja diluar perusahaan anda.

Untuk mengaktifkan fitur ini, anda bisa masuk ke pengaturan Settings > Notifications > Mail > Thread Notifications. Setelah masuk, anda bisa merupah tipe pemberitahun menjadi ‘Alrets’. Dengan cara ini, anda bisa memastikan jika pesan yang ditujukan untuk anda, akan sampai tepat waktu.

7. Mengganti Pengaturan Getar Ponsel

Mode getar yang terdapat pada iPhone 6 dan 6 plus cukup keras, hal tersebut terkesan mengganggu jika kita berada pada sebuah rapat formal. Apple memberikan anda sebuah kenyamanan untuk bisa mengganti mode getar yang ada atau bahkan menciptakan mode getar anda sendiri.

Anda bisa menuju ke pengaturan Settings > Sounds > Ringtone > Vibration. Dari sini, anda bisa memilih notifikasi getar yang sesuai dengan kebutuhan anda.

8. Membalas Pesan Ketika Menjalankan Aplikasi

Ketika menggunakan iPhone 6 dan iOS 8, anda memiliki kemungkinan untuk bisa membalas sebuah pesan singkat ketika anda menjalankan sebuah aplikasi. Dari atas akan muncul sebuah banner pemberitahuan, anda bisa melakukan gerakan swipe menurun untuk membalas pesan tersebut.

iPhone 6
iPhone 6

Anda juga harus segera merespon banner notifikasi pesan tersebut, karena iOS tidak memberika waktu yang lama untuk banner tersebut muncul di sela-sela aktivitas anda.

9.Pastikan Fitur Location Settings

iOS 8 mampu memudahkan anda untuk bisa terhubung dengan berbagai pengaturan privasi/lokasi. Ketika anda membuka sebuah aplikasi-aplikasi yang membutuhkan akses lokasi dan privasi seperti, aplikasi cuaca atau peta, untuk pertama kali, aplikasi tersebut meminta akses untuk fitur “use your location” pada background sistem operasi. Jika, anda tidak membutuhkan akses tersebut, anda sebaiknya menekan ‘not allow’ karena biasanya aplikasi seperti ini mampu menghabiskan baterai anda meskipun tidak digunakan.

Untuk memastikan bahwa aplikasi tersebut bisa diakses, anda bisa menuju ke pengaturan Settings > Privacy. Dengan ini kita bisa memiliki kemungkinan untuk bisa menentukan akses terhadap aplikasi yang membutuhkan informasi kontak, kalender, foto dan sebagainya. Hal yang cukup baik mengenai pengaturan lokasi adalah kemampuannya untuk bisa di nyalakan ataupun dimatikan. Hal tersebut tentu saja sangat berpengaruh dan bisa menghemat baterai anda.

10. Fitur Find Your iPhone

Inilah fitur andalan untuk perangkat Apple, Find My iPhone. Dengan aplikasi ini, anda bisa melacak iPhone anda yang hilang. Sangat disarankan ketika pertama kali membeli iPhone, anda langsung mengaktifkan fitur ini. Anda bisa mengaturnya dengan melalui Settings > iCloud > Find my iPhone.

Fitur Find My iPhone terbaru kini, bisa mengirimkan lokasi terakhir ketika baterai dari ponsel anda akan habis.

11. Mematikan Notifikasi yang Diulang

Pada iPhone versi terbaru, jika terdapat notifikasi pesan yang masuk dan pesan tersebut belum dibaca, notifikasi akan diulang setiap 2 menit sekali. Tentunya fitur ini memakan daya baterai anda, anda bisa mematikan fitur ini dengan cara buka menu Settings > Notifications > Messages. Dan ubah menu ‘Repeat Alerts’ menjadi ‘tidak pernah (never)’.

12. Menyalakan Fitur Back up

Anda memiliki kemampuan untuk melakukan backup terhadap perangkat anda, fitur ini berguna karena anda bisa saja memiliki potensi untuk kehilangan data anda, dengan melakukan sinkronisasi data yang ada, dapat dipastikan jika data anda akan terjaga dan aman.

anda bisa mengaturnya melalui pengaturan Settings > iCloud > Backup untuk menyalakan fitur ini. Ketika iPhone anda terhubung dengan power supply dan terkoneksi ke Wi-Fi, semua dokumen, akun, foto dan pengaturan iPhone anda, akan secara otomatis ter back-up ke dalam iCloud.

13. Gunakan Browser Bawaan

Dengan semakin berkembangnya sistem operasi yang ada, Apple pun memberikan browser yang cukup baik bagi bawaan sistem operasi nya. Safari memiliki berbagai fitur baru yang mampu memudahkan para penggunannya. Anda kini bisa melakukan akses ke dalam website hanya dengan menekan ke bawah URL yang ada, lalu anda bisa memilih pilihan ‘Request Desktop site’. Jika anda tidak sengaja menutup tab website tersebut, anda masih memiliki kemungkinan untuk membuka kembali website tersebut dengan cara menekan tombol ‘+’. Hal tersebut, akan membawa anda ke berbagai daftar jendela website yang telah ditutup.

iPhone 6
Browser Safari pada iPhone 6

Apple juga menambahkan fitur mode berselancar di web secara pribadi (Safari Private Browsing), namun anda harus waspada. Jika sebelumnya anda tidak menutupnya satu per satu tab tersebut, ketika anda membuka Safari kembali, anda akan melakukan load terhadap halaman web yang sebelumnya telah di buka.

iPhone 6
Fitur Private Browsing Pada Safari iPhone 6

14. Batasi Proses Pengunduhan Pada Background

Guna mendukung kinerja sistem operasi terbarunya, iOS 8. Apple memberikan sebuah fasilitas untuk membatasi sebuah proses pada background sistemnya. Anda bisa melakukan hal ini dengan mengikuti tips yang cukup simple. Tips ini mampu menghemat daya tahan baterai anda, terutama jika anda sering melakukan interaksi terhadap perangkat iPhone 6. Anda bisa menuju ke pengaturan Settings > General > Background App Refresh dan pastikan jika aplikasi yang berjalan tidak memakan kuota data anda terlalu banyak. Karena semakin sering aplikasi berinteraksi dengan fasilitas Internet, maka juga akan semakin cepat baterai anda akan habis.

iPhone 6
Aplikasi yang Berjalan Pada Background iPhone 6

Kebanyakan pengguna iPhone 6 tidak membutuhkan aplikasi-aplikasi, seperti pengecekan saham, cuaca dan streaming lagu (podcast), aplikasi-aplikasi tersebut cenderung berjalan pada background sistem iPhone anda dan memakan banyak sekali daya baterai dan kuota internet. Anda juga harus mengingat ketika anda telah mengunduh sebuah aplikasi baru, anda bisa mengontrolnya melalui pengaturan ini.

15. Gunakan Siri-Hands Free

Dengan menggunakan iOS yang baru dan perangkat iPhone 6, Siri bisa diaktifkan dengan hanya menekan tombol Home. Apple membuat fitur ini bekerja dengan lebih mudah, dengan begitu jika anda berada dalam mobil, anda tetap bisa berinteraksi dengan Siri melalui Siri hands-free. Untuk mengaktifkan fitur ini, anda bisa mengaturnya melalui pengaturan Settings > General > Siri > Allow ‘Hey Siri’.

iPhone 6
Mengaktifkan Siri iPhone 6

16. Latih Siri

Siri sangat bisa dilatih untuk bisa mengenal berbagai hal seperti kontak, teks, atau nama aplikasi. Sebagai contoh, anda bisa memberitahu Siri nama orang tua anda, namun fitur ini tentunya hanya bisa digunakan dengan bahasa inggris. contoh: “Abdul is my dad ” ketika Siri telah bisa menghafal nama ayah anda, anda bisa dengan mudah menyuruh Siri untuk bisa mengirim pesan kepada ayah anda dengan cara “send a message to dad”.

Selain itu, anda memiliki kemungkinan untuk bisa membenahi kalimat yang salah hanya dengan mengatakan “that’s not how you pronounce it”. Siri juga mampu mengindentifikasi lagu dengan baik pada halaman pencarian website.

17. Fitur Speak Screen

Speak Screen merupakan sebuah fitur yang sangat berguna ketika tangan anda capek untuk mengakses iPhone 6 anda. Apple memberikan sebuah fitur, yang memungkinkan Siri untuk membaca fitur-fitur yang ada pada iPhone. Jadi anda bisa menjalankan iPhone hanya melalui fasilitas suara.

iPhone 6
Mengaktifkan Fitur Speak Screen pada iPhone 6

untuk mengaktifkan fitur ini, anda bisa masuk ke menu pengaturan Settings > General > Accessibility > Speech dan nyalakan fitur Speak Screen. Lalu anda bisa memberitahu Siri mengenai fitur “Speak Screen”.

18. Menggunakan Lampu Flash Sebagai Notifikasi Pesan

Dikarenakan tidak adanya lampu sebagai penanda notifikasi pesan yang masuk pada iPhone, terkadang kita cukup kesulitan ketika ada pesan yang masuk dan kita tidak menyadari notifikasi getar atau suara karena keadaan yang cukup ramai.

iPhone 6
Mengaktifkan Lampu Flash Sebagai Notifikasi iPhone 6

Apple memberikan, sebuah fitur yang mampu menjadikan lampu flash kamera anda sebagai penanda notifikasi pesan masuk. Anda bisa mengaktifkan fitur ini dengan melalui pengaturan Settings > Accessibility > LED flash for Alerts.

19. Optimalkan Tampilan Layar iPhone

iPhone 6 dan 6 plus merupakan smartphone yang memiliki layar yang cukup besar, jadi anda memiliki opsi untuk bisa memperbesar ikon aplikasi yang anda dan menebalkan text. Untuk mengaktifkan fitur ini anda bisa masuk ke pengaturan Settings > Display & Brightness dan anda bisa mengaturnya sesuai dengan keinginan anda. Anda juga memiliki opsi untuk menebalkan text yang ada dengan cara masuk ke pengaturan Settings > Accessibility > Bold.

iPhone 6
Maksimalkan Tampilan iPhone 6

20. Cek Penggunaan Baterai

Persentasi baterai pada iPhone selalu tidak ditampilkan dan kami merekomendasikan untuk tetap menggunakan pemakaian baterai seperti ini, dengan pengaturan seperti ini, anda tidak akan terasa takut mengenai persentasi baterai anda dan anda juga tidak perlu selalu melihat berapa lama lagi iPhone anda bisa tetap menyala.

iPhone 6
Cek Aplikasi yang Menggunakan Baterai iPhone 6

iPhone 6 dengan iOS 8 nya memiliki sebuah fitur untuk bisa melihat aplikasi mana yang mengkonsumsi daya baterai paling banyak, sehingga cepat menghabiskan baterai anda. Anda bisa mengetahui fitur ini dengan cara masuk ke menu Settings > General > Usage > Battery Usage. Ketika masuk ke menu tersebut, anda akan menemukan sebuah daftar aplikasi yang mengkonsumsi tenaga paling banyak. Tentunya anda memiliki fitur untuk menutup aplikasi tersebut.

21. Yang Bisa Dilakukan Ketika Baterai Habis

iOS tidak memiliki mode “power saving” atau hemat daya yang bisa diaktifkan ketika baterai iPhone mulai habis. Tapi ada beberapa tips yang bisa anda jalankan ketika baterai iPhone anda akan habis.

Layar dari iPhone merupakan salah satu hal yang paling memakan tenaga baterai anda, anda bisa meminimalkan penggunaan tenaganya melalui menu Settings > General > Accessibility dan anda bisa menggantinya ke pilihan ‘Invert Colours’ atau anda bisa memilih mode ‘Greyscale’. Dengan mode ini, anda juga secara otomatis menurunkan tingkat kecerahan layar secara drastis.

iPhone 6
Invert Colors Pada iPhone 6

Jika anda sedang berada dalam mode konektivitas 4G, mode koneksi ini memang memiliki kecepatan transfer data yang luar biasa, namun ketika berada dalam mode ini, iPhone anda cenderung memakan banyak tenaga. Anda bisa menonaktifkan mode konektivitas 4G untuk sementara dengan masuk ke menu Settings > Mobile > Enable 4G. Dan jangan lupa pula untuk mematikan fitur ‘Background refresh’ hingga baterai iPhone anda terisi penuh.

22. Memanfaatkan Fitur Brust Mode & Time Lapse

Menahan tombol shutter kamera iPhone 6 anda, akan mampu mengaktifkan fitur Brust Mode dan anda bisa menghitung seberapa banyak foto yang akan anda ambil pada satu waktu.

Dan lebih hebatnya lagi, pada iOS 8, anda memiliki kesempatan untuk membuat video dengan mode time-lapse. Mode ini cukup bagus bagi anda yang suka menggunakan iPhone sebagai tempat mengabadikan momen bersama teman, keluarga atau pasangan.

23. Mengatur Exposure Secara Manual

Inilah sebuah trik baru dalam memotret menggunakan iPhone 6 anda, menekan layar untuk mengambil gambar kini tidak hanya mengatur fokus yang ada, namun juga akan memunculkan sebuah garis kecil yang bisa mempermudah anda untuk menaikan atau menurunkan level dari exposure gambar yang akan anda ambil.

iPhone 6
Mengatur Exposure Pada iPhone 6 Secara Manual

24. Menyembunyikan Foto

Pastinya kita semua memiliki sebuah momen ‘awkward’ atau memalukan. Menunjukan kepada teman-teman ataupun kerabat terdekat kita, tentang foto tersebut tentunya akan membuat kita malu dan merasa ingin menghindar. Dengan iOS 8, anda memiliki kemungkinan untuk menyembunyikan foto tersebut dengan menekannya lalu memilih menu ‘hide’ dari drop down menu yang muncul. Hal ini berarti, foto tersebut tidak akan ditampilkan lagi dalam galeri anda dan akan ditempatkan pada folder yang bernama ‘Hidden Folder’.

25. Gunakan Fitur Spotlight

Tips terakhir ini memanfaatkan sebuah fitur pencarian yang telah dibekalkan pada iOS 8. iOS 8 memiliki sistem pencarian yang cukup baik dan mampu bekerja secara global. Anda bisa menurunkan setengah dari layar pada homescreen anda untuk mengaktifkan fitur Spotlight.

Fitur pencarian ini mampu menggunakan perangkat anda untuk mencari peta, website ataupun aplikasi-aplikasi yang berada pada App Store.

3 Comments

  1. mhn info ttg camera pada layar iphone 6s saya bermasalah. Saya tdk bsa mengambil foto dgn bagus karena layar fotonya bergetas gambr tdk focus. Mhn info makasi

  2. mohon bantuan, kenapa setiap saya masukkan ringtone lagu kesukaan, setelah 24 jam hilang, beda dengan iphone 5s tetep ada, terimakasih atas bantuannya

  3. pas cocok banget ini info mengenai iPhone sangat membantu bagi user yang baru menggunakan iphone seperti saya, karena sudah terbiasa menggunakan android dengan jangka waktu yang lama sehingga butuh penyesuaian tersendiri saat akan menggunakan ios

Leave a Response