close
Tips & Trick

Tips menghapus memory RAM yang lambat pada ponsel

Tips menghapus memory RAM yang lambat pada ponsel

Kamu pernah merasakan hp kamu kinerja-nya lemot? Hp bisa bekerja menjadi sangat lambat apabila hp kamu kebanyakan memory. Berikut ini Anugrah Pratama akan memberikan tips menghapus memory RAM yang lambat pada ponsel, guna untuk membuat kinerja ponsel bisa kembali bekerja menjadi maksimal.

Memory RAM di hp merupakan memory penyimpanan data-data dari aplikasi yang kalian download. Biasanya beberapa orang akan berpikir untuk mengganti hp-nya langsung ketika hp yang digunakan sudah lemot atau kinerjanya sudah tidak maksimal.

Jangan langsung buru-buru ganti hp, karena kalian bisa menggunakan cara ini yaitu menghapus memory RAM di hp kamu. Untuk download aplikasi usahakan download aplikasi yang memang mau dipakai dan tentunya yang di butuhkan saja.

Biasa-nya ketika memori RAM sudah mulai full, akan ada muncul pemberitahuan mengenai memori RAM ponsel makin terbatas. Ada Sebagian orang yang biasanya menghiraukan pemberitahuan ini sehingga membuat kinerja pada ponsel menjadi semakin lambat dan pengguna ponsel akan panik saat terjadi.

Jika semakin di biarkan maka biasa-nya data-data yang tersimpan akan menghilang dengan sendirinya. Untuk itu sebelum terjadi maka mari kita simak tips menghapus memory RAM pada Hp Android, guna untuk membuat hp bisa menjadi maksimal:

Hapus file yang tidak terpakai

Cara menghapus file yang tidak terpakai yaitu dengan cara masuk ke file manager. Hapus aplikasi yan tidak terpakai, walapun aplikasi yang kalian download di ponsel kalian memiliki nilai memory kecil akan tetapi data-data seperti file yang lainnya itu otomatis akan tersimpan di file manager kalian.

Cara menghapus file yang tidak terpakai yaitu dengan cara masuk di pengaturan > cari aplikasi/ aplikasi manger > lalu pilih file yang ingin di hapus.

Hapus Unduhan (Download)

Hapus unduhan kalian yang sudah tidak terpakai lagi. Kalian bisa menggunakan micro sd untuk melakukan backup, karena dengan menggunakan micro SD itu dapat berfungsi sebagai penyimpanan untuk mengatasi memory ram yang penuh.

Cara menghapus file unduhan yaitu dengan membuka folder download, My file yang berada di ruang aplikasi kamu lalu kemudian pilih dan hapus.

Pindahkan foto atau file-file kamu ke cloud

Pada ponsel akan selalu terdapat Cloud, yang dimana cloud berfungsi untuk membantu memberikan ruang penyimpanan dengan kapasitas yang cukup besar. Buat kamu pengguna ponsel iPhone, untuk penyimpanan ini nama-nya adalah iCloud dan buat kalian pengguna ponsel Andorid, ruang penyimpanan cloud ini bernama Google Photos.

Dengan adanya fitur ini ruang penyimpanan tambahan yang ada di ponsel kalian, kalian dapat memanfaatkannya dengan melakukan sinkronisasi terlebih dahulu

Jangan menggunakan wallpaper atau pun theme

Mengapa hal ini jangan di lakukan? Karena hal ini dapat memakan memory dari RAM ponsel mu apalagi kalau kalian menggunakan wallpaper yang live, itu akan membuat kinerja ponsel kamu jadi lambat. Sebaiknya gunakan widget atau wallpaper yang sederhana saja sehingga memori RAM hp kamu yang penuh dapat di cegah.

Berikut inilah tips menghapus memory RAM yang lambat pada ponsel, guna untuk membuat kinerja ponsel bisa kembali bekerja menjadi maksimal. Semoga ini bisa bermanfaat buat kalian ya dan sebaiknya unduh lah aplikasi yang kalian butuhkan dan pasti di pakai serta jangan lupa untuk selalu melakukan pembersihan pada memori RAM ponsel kamu.

Tags : memoryramponselpintartips