close

WhatsApp Hadirkan Fitur Backup Data ke Google Drive

WhatsApp

Salah satu aplikasi chatting yang cukup banyak digunakan seluruh pengguna ponsel di dunia, WhatsApp, baru saja membeberkan fitur terbaru khusus pengguna Android. Fitur tersebut berupa integrasi antara WhatsApp dengan Google Drive. Nantinya pengguna dapat mencadangkan atau mem-backup data dari WhatsApp di Android ke Google Drive. Fitur ini merupakan kolaborasi antara WhatsApp dengan raksasa Google.

WhatsApp

Data-data yang bisa dibackup di Google Drive meliputi foto, riwayat percakapan, pesan suara, hingga video. Tak hanya itu saja, pengguna juga bisa mengatur jadwal backup pesan dengan menggunakan Google Drive. Ada beberapa pilihan waktu, seperti harian, mingguan, bulanan, dan sesuai dengan keinginan serta keperluan pengguna. Namun jika pengguna tidak ingin melakukan backup data juga tidak masalah. Saat mem-backup data pun pengguna bisa memilih jaringan yang digunakan, seperti data selular atau Wi-Fi. Sehingga pengguna tidak perlu khawatir saat memiliki kuota internet yang mepet. Hal ini bisa diakali dengan melakukan backup saat ponsel terhubung dengan jaringan Wi-Fi.

Pihak WhatsApp berharap, melalui fitur ini pengguna dapat semakin mudah memindahkan dari ponsel lama ke ponsel baru. Hingga ini pihak WhatsApp dan Google masih terus mengembangkan fitur ini secara bertahap. Pihak Google memperkirakan fitur baru ini akan hadir secara merata di aplikasi WhatsApp dalam beberapa bulan ke depan di tahun ini.

Namun sebenarnya, WhatsApp sendiri sebelumnya sudah memiliki kemampuan yang sama dengan fitur tersebut. WhatsApp dapat mencadangkan pesan maupun file secara otomatis setiap pukul 04.00. File tersebut langsung tersimpan di perangkat pengguna. Pengguna juga bisa memulihkan pesan dalam cadangan yang mencakup seluruh pesan selama tujuh hari terakhir. Namun, kita tunggu saja inovasi terbaru dari keduanya.

Leave a Response