close

Windows Phone: Mampukah Menjadi Ponsel Pintar Alternatif

windows phone 6Windows tampaknya juga tidak mau kalah dengan Google dan Apple dalam masalah pengembangan smartphone. Namun apakah ponsel pintar milik Windows ini akan mampu menyaingi milik Apple atau Google yang telah terlebih dahulu populer dan menarik minat masyarakat. Sebuah pertanyaan besar tentu saja membayangi Windows akan masalah ini, mampukah salah satu raksasa perusahaan teknologi ini menarik minat masyarakat yang sudah terlajur percaya dengan Android dan Apple.

Overview

Windows Phone merupakan salah satu sistem operasi untuk ponsel yang juga mampu berperan sama baiknya dengan Android atau iOS. Windows mempopulerkan sistem operasi ponselnya ini dengan menggaet beberapa vendor seperti HTC, Samsung dan Nokia. Windows Phone sebenarnya telah dikeluarkan sejak awal tahun 2011, namun respon masyarakat sangat sedikit terhadap sistem operasi ini sehingga Microsoft tampaknya masih harus bersabar untuk bisa masuk ke dalam pasaran.

Sebenarnya sistem dari Windows Phone cukup baik dan mampu bersaing dengan Apple atau Android. Tapi harus diakui jika tampilan dari Windows Phone 7 masih sangat membingungkan pengguna dan tidak terlalu user friendly. Hal tersebutlah yang memaksa Microsoft harus kalah dengan kedua pesaingnya. Pada awal tahun 2013 Windows mulai muncul dengan Windows Phone 8, yang kemudian diikuti dengan munculnya Windows Phone 8.1 beberapa bulan kemudia, tentu saja tampilan dari WP (Windows Phone) tipe terbaru ini memiliki daya pikat yang lebih menarik jika dibandingkan dengan versi sebelumnya. Langkah tersebut di ikuti dengan langkah besar lainnya, yaitu mengakusisi Nokia. Brand Nokia diubah oleh pihak Windows menjadi nama Microsoft. Hal tersebut ditandai dengan munculnya seri terbaru dari Microsoft Lumia 535.

Seperti halnya smartphone pada umumnya, Windows Phone ini memiliki kemampuan yang cukup handal dan tentunya sangat responsif. Pada umumnya, ponsel dengan sistem operasi ini memiliki daya tahan baterai yang cukup kuat jika dibandingkan dengan Android.

Fitur-fitur pada Windows Phone 8.1

1. Cortana

Salah satu fitur terbaru yang diberikan Micosoft terhadap sistem operasi terbaru milik mereka adalah dengan memberikan fitur Cortana. Apa sebenarnya fitur Cortana itu? Fitur Cortana merupakan fitur yang memiliki kinerja yang sama dengan Siri milik Apple dan Google Now milik Google. Hanya saja, Cortana menggunakan suara wanita yang didesain dengan menggunakan kecerdasan buatan ala Microsoft. Cortana sendiri diambil dari pemeran sebuah karakter pada permainan Halo.

windows phone
Cortana pada Windows Phone

Di dalam versi sebelumnya, Windows masih menggunakan Bing Web search sebagai fitur pencarian, namun pada sistem operasi terbarunya, Windows sudah menggunakan Cortana sebagai mesin pencarian yang mampu mencari berkas hingga website yang di inginkan.

Dengan menggunakan Cortana, anda bisa langsung melakukan pemindaian (scanning) terhadap email yang masuk, tentu saja hal tersebut meminta persetujuan anda sebelumnya. Cortana juga memberikan penggunannya kontrol yang lebih kompleks jika dibandingkan dengan Google Now. Pengguna bahkan bisa membatasi informasi personal yang bisa diketahui oleh Cortona. Microsoft membangun Cortona ini dengan tujuan untuk mampu menjadikannya sebagai asisten profesional yang bisa membantu pekerjaan manusia untuk bisa menjadi lebih mudah.

Salah satu fitur yang paling memukau pada Cortana dan tidak terdapat pada Siri dan Google Now adalah kemampuan untuk bisa mengingatkan anda tentang suatu kejadian atau kondisi yang sebelumnya telah anda tentukan.

2. Tampilan baru

Jika anda pernah mengetahui Windows Phone versi sebelumnya, pada versi ini anda akan mendapatkan perbedaan yang cukup memukau sehingga anda bisa lebih mudah mengoperasikannya. Windows masih dengan gaya tampilannya yang berupa ikon datar (flat icon) dengan ikon menu berbentuk kotak. Fitur terbaru dari tampilan Windows Phone 8.1 ini cukup unik dan mungkin bisa ditata dengan lebih rapi dan mudah.

windows phone
Tampilan baru pada Windows Phone

Pengguna bisa mengelompokan aplikasi-aplikasi sesuai dengan keinginan mereka. Besar dari foldernya pun bisa diatur, tidak harus kotak kecil. Pengguna bisa mengaturnya sesuai dengan kenyamanan mereka.

3. Action Center

Cortana dan tampilan start screen mungkin menjadi fitur yang paling terlihat dan memiliki daya tarik yang paling tinggi pada Windows Phone 8.1. Tapi tambahan fitur yang tak kalah uniknya adalah dengan adanya Action Center yang mungkin bisa jadi sangat dibutuhkan bagi pengguna Windows Phone. Hampir sama dengan milik Android dan iOS, Action Center merupakan sebuah tempat pemberitahuan yang bisa digeser ke bawah untuk memunculkan informasi-informasi apa saja yang sedang dialami oleh ponsel.

windows phone
Action Center pada Windows Phone

Dengan adanya Action Center, membuat pengaturan bisa diakses dengan lebih mudah dan cepat, sehingga efisiensi pun meningkat. Tidak seperti iOS, Windows Phone dengan fitur barunya memperbolehkan anda untuk bisa memilih pengaturan yang bisa ditampilkan pada bagian atas dari Action Center. Dengan adanya fitur ini, pengguna akan lebih dimudahkan untuk bisa melihat beberapa informasi seperti waktu, baterai dan sinyal koneksi.

4. Fitur Swype

Inilah fitur yang mendapatkan perhatian paling besar dari pihak dunia. Windows Phone memiliki fitur Swype yang memiliki kemampuan paling cepat dalam memasukan kalimat yang di inginkan. Tak main-main, Microsoft memegang rekor Guiness World Record sebagai sistem operasi yang memiliki kemampuan tercepat dalam memasukan kalimat dengan menggunakan fitur Swype. Dalam teknologi Swype yang ada pada Microsoft, terdapat fitur Word Flow yang memperbolehkan anda untuk bisa dengan halus mengarah pada kalimat yang akan anda tuju.

windows phone
Fitur Swype pada Windows Phone

Swype pada Windows Phone memiliki tingkat akurasi yang cukup tinggi. Selain itu, Windows memiliki fitur Word Suggestion (saran kata) yang cukup membantu dan cukup akurat. Dengan menggunakan fitur ini anda bisa lebih cepat mengetikan kalimat yang anda inginkan. Tapi kami tidak melihat sesuatu yang spesial karena iOS dan Android juga memiliki kemampuan yang sama dalam hal kecepatan dan kemudahan. Bagaimanapun juga, akurasi milik Windows rasanya lebih cepat jika dibandingkan dengan kedua pesaingnya.

Fitur unik lainnya yang bisa anda temukan adalah anda bisa menggunakan microphone pada ponsel untuk bisa mengetikan kalimat yang anda ucapkan. Cortana memiliki peranan yang besar untuk ini. Tidak hanya sms, hal ini juga berlaku pada aplikasi lain yang membutuhkan input keyboard seperti note dan email.

5. Windows Phone Store yang didesain ulang

Windows Phone Store telah resmi didesain ulang oleh pihak Microsoft. Hal tersebut bertujuan untuk mempermudah penggunaan fitur ini bagi pengguna. Pengguna juga akan lebih mudah untuk bisa mendapatkan aplikasi yang di inginkan. Pengguna juga tidak perlu lagi mengetikan kalimat untuk bisa mengetahui sugesti yang akan diberikan oleh aplikasi. Pengguna kini bisa menikmati ikon-ikon kecil yang telah keluar saat aplikasi pertama kali dimulai.

windows phone
Windows Phone Store yang didesain ulang

Pada Store yang baru ini pengguna bisa menemukan aplikasi berdasarkan kategori-kategori-nya dan Top Download (yang paling sering diunduh oleh pengguna di seluruh dunia). Pengguna juga bisa membukanya melalui website pada PC anda dan melakukan instalasi secara remote ke dalam ponsel. Android memiliki fitur ini, namun iOS tidak.

Kesimpulan

Windows Phone sebenarnya memiliki kemampuan yang cukup bisa mendukung aktivitas seseorang. Sama halnya dengan sistem operasi yang lain, Windows Phone pun memiliki kelebihan-kelebihan yang juga dimiliki oleh sistem operasi lainnya. Bahkan pada Windows Phone bisa melakukan aktivitas yang tidak bisa dilakukan oleh iOS seperti instalasi via Web dan NFC. Selain itu, tampilan pada Windows Phone juga cukup rapi dan lebih mudah digunakan daripada Android. Mungkin tidak ada salahnya belajar menggunakan user interface (antarmuka) dari Windows.

Fitur baru pada Windows Phone juga cukup mendukung, Cortana salah satunya. Dengan Cortana yang masih tergolong baru, fitur ini memiliki kemampuan yang cukup menajubkan dan bahkan lebih pintar jika dibandingkan dengan pendahulunya.

Masalah terbesar dari Windows Phone adalah kurangnya pasokan aplikasi dari para developer-nya. Banyak juga aplikasi-aplikasi yang masih dalam keadaan beta dan belum mampu berjalan maksimal. Namun, seiring berjalannya waktu Microsoft pun menjanjikan jika pihaknya akan segera merampungkan masalah ini dan lebih banyak mengundang para developer untuk lebih bisa berpartisipasi dalam pembuatan aplikasi.

Windows Phone menurut kami, sebenarnya cukup kami rekomendasikan bagi anda yang bosan menggunakan Android atau iOS. Fitur-fitur yang cukup kompeks dan dengan keseriusan yang besar dari pihak manufaktur membuat anda akan merasa nyaman menggunakan smartphone ini sebagai alternatif pilihan.

Leave a Response