close

5 Fungsi Lain Tombol Volume yang Mungkin Belum Diketahui!

Tombol Volume

Setiap smartphone pasti memiliki tombol volume yang biasa dipakai untuk meningkatkan maupun menurunkan suara. Namun ternyata fungsi tombol volume di smartphone tidak hanya itu saja, namun bisa juga digunakan untuk hal-hal lainnya. Berikut ini merupakan beberapa fungsi lain pada tombol volume yang dapat digunakan pada smartphone.

Tombol Volume

Mengambil foto

Tombol volume pada ponsel pintar bisa digunakan menjadi tombol shutter atau pengambil gambar. Sehingga pengguna tidak perlu repot untuk menyentuh layar ketika ingin mengambil gambar maupun video.

Zoom In dan Zoom Out pada kamera

Saat ini aplikasi kamera memang telah mendukung penggunaan tombol volume dalam user interface-nya. Pengguna dapat mengubah fungsi tombol volume menjadi shortcut untuk fungsi zoom in maupun zoom out pada saat membuka aplikasi kamera.

Membuka Lock Screen

Fungsi ketiga dari tombol volume ialah membuka lock screen. Lock screen memang dibuat dari kombinasi tombol volume. Sehingga Anda bisa membuat kombinasi serumit mungkin. Apabila sudah dibuat, Anda bisa menekan kombinasi tombol volume untuk membukanya.

Screenshot

Sepertinya untuk fungsi yang satu ini telah banyak diketahui oleh pengguna. Banyak smartphone yang menggunakan tombol ini menyimpan tangkapan layar (screenshot). Pengguna hanya perlu menekan tombol volume bagian bawah ditambah dengan tombol power, secara otomatis screenshot pun akan tersimpan di dalam ponsel.

Shortcut Aplikasi

Apabila Anda ingin membuka aplikasi secara cepat, maka Anda bisa menggunakan tombol volume dengan memakai bantuan aplikasi QuickClick. Tidak hanya membuka aplikasi secara cepat saja, namun masih banyak hal lain yang bisa dilakukan hanya dengan tombol volume saja.

Itu tadi beberapa fungsi lain yang bisa dilakukan hanya dengan menggunakan tombol volume. Anda juga bisa menghidupkan layar smartphone serta masuk ke Recovery Mode hanya dengan memakai tombol volume. Cukup banyak dan bermanfaat kan? Apa ada fungsi lainnya yang Anda ketahui? Apabila ada, tinggalkan di kolom komentar ya!

Leave a Response