close
Info Komputer

Software Google Chrome memakan RAM yang besar di laptop

software google chrome

Software Google chrome adalah perangkat lunak browser yang banyak digunakan baik itu di laptop, komputer, atau juga smartphone. Namun tahukah Anda bahwa google chrome ini memakan banyak RAM saat dijalankan di perangkat laptop atau smartphone? Disini anugrahpratama.com akan mengungkap alasan mengapa google chrome memakan banyak RAM.

Untuk mengetahui performa software mana saja yang memakan RAM yang banyak, Anda dapat mengecekanya di Tast Manager. Jadi di Windows Task Manager, pada tab Processes, Anda mungkin telah memperhatikan bahwa Google Chrome menggunakan memory laptop yang cukup besar. Untuk mencari tahu alasannya, bacalah bagian-bagian berikut.

Permintaan pengguna lebih tinggi

Selama bertahun-tahun, browser menjadi lebih maju dengan fitur tambahan, dan pengguna membutuhkan kinerja yang lebih baik. Selain permintaan yang lebih tinggi untuk konsumsi media seperti bermain game, dan streaming video, penjelajahan dengan tab meningkatkan penggunaan sumber daya memory. Setiap tab browser menggunakan sejumlah besar memori, seringkali antara 100-250 MB.

Stabilitas

Google Chrome menggunakan proses yang berbeda untuk berbagai komponen, seperti tab tambahan (seperti yang disebutkan di bagian sebelumnya), plugin, dan ekstensi browser. Meskipun tampaknya tidak efisien, metode ini memungkinkan Chrome berfungsi meskipun salah satu komponennya tidak berjalan dengan baik, tapi ini lebih baik dari pada harus terganggu saat menggunakan internet.

Kecepatan dan efisiensi

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kinerja adalah metode yang disebut pre-rendering. Pre-rendering mengasumsikan bahwa link tertentu cenderung diklik, dan mulai memuat konten itu di latar belakang. Dalam versi 63 dan yang lebih baru dari Chrome, pra-rendering menggunakan teknologi yang disebut Prefetch NoState yang membutuhkan sekitar 50 MB RAM untuk setiap halaman yang dirender sebelumnya.

Kesimpulan

Google chrome memang sebagai salah satu pilihan browser terbaik. Namun disamping itu google chrome juga berat jika dijalankan di laptop, ini dikarenakan untuk memberikan pengalaman pengguna terbaik maka google chrome memerlukan memory yang lebih besar.

Demikian informasi alasan software google chrome memakan banyak memory. Jadi saat ini Anda telah mengetahui, mungkin salah satu yang menyebabkan smartphone atau laptop Anda lemot adalah penggunaan google chrome. Dengan demikian Anda bisa menggunakan google chrome dengan bijak agar laptop atau smartphone Anda tidak lemot.

Tags : browserchromegoogle