close
panduan membeli pc all in one
panduan membeli pc all in one

panduan membeli pc all in oneRasanya tidak ada seorang pun didunia ini yang bisa hidup tanpa komputer. Yap, komputer sudah mendunia dan mampu menangani hampir seluruh kebutuhan manusia. Pada awal kemunculannya, komputer yang diciptakan oleh Charles Babbage merupakan mesin yang sangat besar dan hanya bisa menyelesaikan perhitungan matematika yang simple. Namun, komputer yang ada pada jaman sekarang ini sudah jauh berbeda. Hampir semua rumah, perusahaan, pertokoan menggunakan sebuah komputer untuk membantu menangani pekerjaan mereka. Dan terlebih lagi komputer sekarang ini juga jauh lebih cepat, lebih tipis dan lebih powerful ketimbang sebelumnya. Salah satu perkembangan komputer terbaru adalah hadirnya PC all-in-one (AIO).

All-in-one PC hadir sebagai solusi bagi anda yang menginginkan sebuah komputer namun memiliki ruang yang terbatas. PC All-in-one menawarkan sebuah keuntungan space-saving dalam ruangan anda dan juga memberikan anda layar yang lebih lebar dibanding sebuah laptop. Untuk beberapa tipe, PC all in one memiliki kemampuan yang bagus, baik dalam segi multimedia maupun entertainment. All in one bisa jadi solusi ketika anda menginginkan performa dari PC namun hemat ruang.

Panduan memilih PC all in one ini merupakan panduan umum yang akan membantu anda untuk menemukan PC all in one yang anda inginkan dan butuhkan. Untuk para calon pembeli, panduan ini akan memberikan informasi kepada anda setiap detail spesifikasi PC all in one agar anda dapat menentukan PC all in one mana yang spesifikasinya sesuai dengan kebutuhan anda.

Table of Content:
5 alasan beralih menggunakan all-in-one desktop
Fitur yang harus diperhatikan ketika memilih PC all in one
Kesimpulan

5 alasan kenapa anda harus beralih memilih PC all in one

Komputer desktop membutuhkan beberapa komponen internal agar bisa beroperasi, seperti processor, motherboard, hard drive, video dan sound card. Selain itu ada juga bagian eksternal yang menunjang penggunaan komputer seperti monitor, speaker, keyboard  dan mouse, belum lagi ditambah dengan berbagai peripheral seperti printer atau scanner. Sebuah PC all in one juga membutuhkan semua komponen itu, namun PC all in one ini dibungkus lebih rapi dan enak dilihat. PC AIO ini dipopulerkan oleh Apple dengan produknya bernama iMac, dan pada saat ini banyak produsen-produsen komputer yang tidak ingin ketinggalan dengan membuat komputer all-in-one versi mereka sendiri. Untuk anda yang ragu memilih PC all in one, tips ini akan memberikan 5 alasan kepada anda harus beralih dari komputer desktop dan mencari komputer all-in-one.

Alasan 1: Tidak harus membeli monitor

Salah satu alasan terbaik untuk memilih PC all in one adalah anda tidak perlu membeli beberapa bagian secara terpisah, termasuk CPU & monitor. Dengan layar LCD yang semakin tipis dan handal, sangat memungkinkan untuk mengintegrasikan bagian internal komputer ke dalam layarnya. Ketika anda membeli PC all-in-one dan membawanya pulang, anda tinggal menghubungkannya dengan sumber tenaga yang ada, just plug and play, dan komputer Anda langsung siap dipakai.

Alasan 2: PC AIO menghemat ruang anda

Monitor lama yang masih menggunakan teknologi cathode ray, bentuknya sangat besar dan tak jarang memakan banyak tempat pada meja. Belum lagi CPU anda yang ukurannya juga cukup besar yang mampu memakan ruang pada meja kerja anda, sebagai gantinya anda selalu menempatkan CPU di bawah agar ada beberapa space untuk anda dalam bekerja. Salah satu keuntungan dari memilih PC all in one atau yang sering disingkat dengan PC AIO,  adalah hemat ruang. Jadi Anda tidak perlu kesulitan mengatur peletakannya. Beberapa tipe AIO PC, bisa ditempelkan pada tembok (wallmount), hal ini sangat berguna bagi anda yang tinggal di apartemen yang tidak begitu luas.

panduan membeli pc all in one
Ruang yang terhemat

Alasan 3: Konsumsi listrik yang lebih rendah

Ketika anda memilih PC all in one anda akan mendapatkan keunggulan komputasi yang ada pada laptop tanpa mengorbankan kecepatan sebuah desktop komputer. Beberapa komponen yang digunakan dalam komputer AIO memiliki teknologi yang sama dengan laptop dan desktop komputer. Selain itu, komponen yang ada didalam all-in-one PC menghasilkan panas yang rendah, dengan kedua keunggulan ini mampu memberikan anda kenyamanan saat bekerja tanpa harus khawatir biaya listrik yang tinggi.

panduan membeli pc all in one
Voltase rendah pada penggunaan all-in-one PC

Alasan 4: Mudah digunakan

Membeli sebuah komputer berarti anda harus melakukan instalasi terlebih dahulu, anda tidak mungkin melakukan instalasi ditoko tempat anda membelinya, karena itu cukup memakan waktu. Bahkan sebelum anda melakukan instalasi anda harus memasang beberapa kabel sesuai dengan tempatnya agar komputer bisa berjalan, jika ada kabel yang hilang atau tertinggal berarti anda harus kembali ke toko dimana anda membelinya.

panduan membeli pc all in one
mudah digunakan

Dengan membeli PC all-in-one tentunya tidak akan serumit itu, anda tinggal meletakan pada meja kerja anda, lalu menghubungkannya dengan sumber tenaga yang ada maka komputer anda sudah bisa berjalan sesuai yang anda inginkan.

Alasan 5: Tidak ada kabel yang berantakan

panduan membeli pc all in one
Kerumitan dari desktop PC

Ketika anda melakukan pemasangan desktop PC di rumah atau di tempat kerja, anda akan membutuhkan banyak kabel. Pertama, ada kabel power, lalu ada beberapa kabel seperti kabel monitor, speaker, keyboard, mouse dan berbagai peripheral lainnya. Ketika dipasang begitu saja tanpa dirapikan, kabel yang ada terkesan berantakan dan dapat membahayakan (terjadi korsleting, terinjak, dsb). Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengatur kabel-kabel tersebut, namun pengguna memerlukan sedikit waktu untuk menemukan cara yang pas agar kabel bisa terlihat sedikit rapi. Dalam all-in-one PC tentunya hal ini tidak akan terjadi, ketika menentukan PC all-in-one anda hanya perlu memasang kabel power dan kabel mouse atau keyboard. Bahkan untuk 1 tahun belakangan ini, PC all-in-one sudah di desain dengan menggunakan wireless keyboard dan mouse, selain itu juga tersedia fasilitas webcam dan konektifitas menggunakan wireless.

Fitur yang harus diperhatikan ketika membeli all-in-one desktop PC

Ketika ingin membeli dan memilih PC all in one anda harus mempertimbangkan berbagai hal, banyaknya user dan kebutuhan tiap user, seperti untuk keluarga, personal atau bahkan digunakan untuk administrasi di kantor anda.

here they are, beberapa fitur yang harus diperhatikan:

Ukuran Layar

Hal pertama yang pastinya diperhatikan dari membeli dan memilih PC all in one adalah ukuran layarnya. Beberapa AIO PC yang tidak seberapa mahal datang dengan ukuran layar yang kurang dari 20 inci, AIO PC dengan ukuran layar dibawah 20 inci sangat cocok untuk tempat-tempat yang tidak seberapa luas seperti ruang kelas, laboratorium bahasa, lab komputer atau mungkin kamar tidur anda.

panduan membeli pc all in one
Ukuran layar menjadi pertimbangan utama

Untuk ukuran layar all-in-one desktop dengan ruangan yang cukup luas, anda dapat mempertimbangkan layar berukuran 21, 23 atau bahkan 27 inci. Dengan ukuran tersebut anda akan mendapatkan resolusi layar sebesar 1920×1080, true HD 1080p. Untuk beberapa tipe desktop AIO, hadir dengan resolusi hingga 2560×1440.

Dengan layar yang lebar anda akan mendapatkan kenyaman untuk bisa melihat beberapa window yang aktif secara side by side dalam satu layar. Jika anda seorang multitasker, semakin besar layar maka akan semakin baik untuk anda. Selain itu, teknologi LED yang digunakan oleh AIO desktop PC lebih cerah dan tajam daripada yang digunakan dilaptop.

Touchscreen

panduan membeli pc all in one
Fasilitas touchscreen bisa jadi pertimbangan

Memilih fitur touchscreen (layar sentuh) atau tidak merupakan pertanyaan selanjutnya bagi anda yang hendak memilih PC all in one. Saat ini banyak PC all-in-one yang datang dengan sistem operasi Windows 8. Dan interface dari Windows 8 yang menggunakan tile, block icon dan flat icon tersebut lebih nyaman dikendalikan dengan sebuah all-in-one PC yang menggunakan teknologi layar sentuh daripada menggunakan trackpad atau mouse.

Jika anda pengguna Windows 8 dan menginginkan fasilitas layar sentuh, pilihlah PC all in one yang memiliki fitur 5-poin touchscreen untuk mendukung gesture seperti pinch dan zoom. Namun, sistem dari Windows 8 dibangun untuk mengenali 10-poin touchscreen, yang bisa mengenali seluruh sentuhan anda saat proses komputasi berlangsung. Fitur 5-poin touchscreen dalam sebuah AIO komputer mampu mendeteksi input sentuhan dari 1 tangan anda (5 jari). Namun dengan fitur 10-point fingers (10 jari), manfaat layar sentuh akan lebih maksimal. Salah satu contoh fitur yang menggunakan pengenalan 10 jari adalah fitur virtual keyboard. Jika anda membutuhkan penggunaan virtual keyboard seperti memasukan formula matematika yang rumit, memainkan keyboard (piano) atau instrument lainnya, mengubah bahasa dengan cepat dan sebagainya, maka fasilitas layar sentuh menjadi teknologi yang wajib anda miliki.

Meskipun user interface Windows 8 didesain untuk menggunakan layar sentuh, sebenarnya fasilitas touchscreen tidaklah 100 % penting. Jika anda sebelumnya telah terbiasa dengan menggunakan desktop komputer dengan sistem operasi Windows 7, menggunakan keyboard dan mouse merupakan pilihan yang baik selain bisa menghemat pengeluaran anda, mengingat AIO PC dengan fasilitas touchscreen dibandrol dengan harga yang lebih mahal.

Jika Anda berencana membeli all-in-one PC yang dilengkapi dengan fasilitas touch screen, maka pilihlah PC all in one yang mampu bergerak turun hingga 90 derajat atau hampir horizontal. Dengan begitu anda dapat menggunakan AIO PC seperti tablet PC sehingga tidak membuat anda capek untuk menyentuhnya.

Processor

CPU menentukan kekuatan sebuah desktop dalam pemrosesan data, kebanyakan komputer AIO dipasaran dilengkapi dengan prosesor AMD (seri E2, A4, A6 dan A8) atau Intel processor (seri Celeron®, Pentium®, Core™ i3, Core i5, and Core i7). AMD dan Intel merupakan produsen processor yang sangat mendominasi untuk sektor komputer AIO. Ada beberapa AIO yang datang dengan menggunakan desktop processor, tentunya hal ini membuat ukuran AIO sedikit lebih besar dan memakan konsumsi listrik lebih banyak. All-in-one CPU yang menggunakan mobile processor memiliki ukuran yang lebih kecil dan konsumsi listrik yang lebih rendah.

panduan membeli pc all in one
Tipe processor dari PC all-in-one

Pastikan anda mendapatkan dual-core processor yang mampu membantu pekerjaan anda dengan minimnya lag saat operasi berlangsung. Atau anda juga bisa mempertimbangkan pemilihan quad-core processor jika kebutuhan anda membutuhkan pemrosesan grafik yang lumayan tinggi, quad-core processor juga akan membantu anda untuk menikmati multimedia dan entertainment.

Storage (Ruang Penyimpanan)

Mengenai masalah penyimpanan, anda dapat mempertimbangkan kapasitas storage 500 MB jika anda ingin menyimpan berbagai video, music, gambar atau media entertainment lainnya dalam PC Anda. Atau jika Anda merupakan orang yang suka mengunduh file dan menyimpan semuanya pada desktop anda, maka gunakan penyimpanan sebesar 1 TB atau 2 TB.

Pada akhirnya jika anda merupakan tipe orang yang membenci waktu booting dan loading aplikasi yang lama, anda dapat membeli PC all in one yang menggunakan SSD (baca mengenai SSD disini). Jika anda menentukan PC all in one yang menggunakan SSD, cukup pilihlah SSD sebesar 128 GB, SSD dengan ukuran 128 sudah cukup jika hanya digunakan sebagai wadah dari sistem operasi dan beberapa program yang anda butuhkan. Ketika anda menggunakan SSD, pastikan menyimpan semua file-file anda pada pusat data, semacam Network-Attached Storage (NAS), cloud storage atau di harddisk eksternal.

Memori RAM

RAM digunakan untuk membantu pengaksesan data, RAM yang lebih besar pada sebuah PC memudahkan PC tersebut untuk mengakses data dengan lebih cepat dan efisien. Rata-rata AIO desktop dibekali dengan RAM sebesar 2GB. User yang menggunakan PC-nya untuk komputasi yang rumit biasanya membutuhkan RAM tambahan. Bagaimanapun juga, akan lebih murah dan efektif jika anda membeli PC dengan ukuran RAM yang anda inginkan. Hal tersebut juga membantu anda dalam menghemat waktu yang digunakan dalam pencarian dan instalasi RAM yang tepat.

Video Card

AIO desktop biasanya datang dengan integrated graphic card, hal ini berkaitan dengan fakta bahwa layar dari AIO cukup tipis dan tidak bisa dimasuki oleh dedicated video card. Meski begitu, beberapa produsen all-in-one PC seperti ASUS® meletakan dedicated video card pada produknya.

Perlu diketahui bahwa ketika memilih dan membeli PC all in one, bukanlah mencari PC yang di desain untuk kebutuhan gaming, pasar maksimal dari sebuah komputer all-in-one adalah multimedia support. Untuk detail dari pemilihan Video Card yang sesuai dengan kebutuhan anda, anda bisa baca disini

Design

Desain merupakan salah satu faktor yang bisa menjadi pertimbangan dalam membeli dan memilih PC all in one, hal tersebut dikarenakan desain bisa mempengaruhi kegunaan dari komputer anda. Kebanyakan AIO desktop tidak memiliki kemampuan untuk dimiringkan secara fleksibel, bahkan beberapa diantaranya tidak bisa dimiringkan.

panduan membeli pc all in one
Desain mempengaruhi harga

Harga juga dipengaruhi oleh tipe desain yang digunakan oleh all-in-one PC, so mulai dari sekarang tentukan pilihan desain dari all-in-one komputer anda. Anda bisa memilih komputer all-in-one yang memiliki fitur layar yang bisa dimiringkan atau hanya memilih PC all-in-one yang digunakan untuk keperluan sehari-hari tanpa fitur layar sentuh.

Kesimpulan

Saat ini komputer semakin berkembang dan berkembang, dan tidak bisa dipungkiri jika komputer mampu menjadi sebuah bagian penting dari kehidupan manusia, komputer bisa membantu manusia meraih produktivitas mereka dan mungkin juga memperoleh kesenangan. Salah satu perkembangan komputer yang sedang booming adalah all-in-one komputer yang mampu menghasilkan power seperti desktop PC serta mampu menghemat ruang dan konsumsi listrik seperti laptop.

Beberapa memilih PC all in one ini karena semuanya komponennya sudah menjadi satu paket, hal ini berarti anda tidak perlu membeli beberapa bagian lagi secara terpisah. Penggunannya yang mudah dan terlihat elegan juga bisa menjadi pertimbangan. Selain itu, minimnya penggunaan kabel membuat area sekitar PC AIO ini bisa tampak rapi. Harga yang sedikit lebih mahal bisa diabaikan, karena Anda akan mendapatkan fasilitas dan fitur yang sesuai dengan harga yang anda bayar.

Kiranya tips panduan memilih PC all-in-one (AIO PC) ini dapat membantu anda menentukan dan membeli PC all-in-one yang tepat, sesuai dengan kebutuhan anda.

 

back to top
banner allinonePC

Leave a Response