close

7 Masalah Yang Sering Muncul Pada Android

mengatasi masalah pada android

Ponsel Android milik kita mungkin memiliki harga yang cukup tinggi, dengan harga yang cukup tinggi pastinya fitur yang ditawarkan juga cukup banyak dan kompleks. Seiring berjalannya waktu, ponsel Android yang kita miliki terkadang mengalami masalah yang sama secara berulang-ulang. Banyak pengguna tidak mewaspadai masalah tersebut dengan serius dan lebih memilih mendiamkan ponselnya mengalami hal tersebut. Masalah yang sering muncul pada Android seperti hang, berjalan lambat, baterai cepat habis, atau koneksi internet mengalami masalah merupakan tipe-tipe masalah yang sering muncul. Tentu saja anda tidak bisa mendiamkan masalah tersebut, karena hal tersebut bisa berakibat buruk pada ponsel anda.mengatasi masalah pada android

Pada artikel ini kami akan memberikan 7 masalah yang sering muncul pada Android dan cara penanganannya. here they are.

1. Baterai cepat habis

Kebanyakan pengguna smartphone Android selalu mengalami masalah yang satu ini, bisa dibilang ini merupakan permasalahan klasik untuk ponsel Android. Baterai yang cepat habis merupakan salah satu masalah yang sering muncul pada Android. Tak bisa dipungkiri, semakin tinggi spesifikasi ponsel kita, maka akan semakin cepat pula baterai kita terkuras. Hal tersebut belum ditambah lagi dengan intensitas penggunaan ponsel kita yang cukup tinggi. Pada jaman sekarang, sering kali kita menemukan bahwa kita sering kali mengecek ponsel kita dalam rentang waktu yang cukup singkat atau kita juga tak sadar sering kali menggunakan ponsel tersebut dalam waktu yang lama.

mengatasi masalah pada android 1
Baterai yang cepat habis merupakan salah satu masalah pada Android

Semakin besar penggunaan ponsel, maka akan semakin cepat baterai kita akan terkuras. Salah satu hal yang paling mudah yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mematikan fitur yang tidak digunakan dan mengurangi tingkat kecerahan layar smartphone. Untuk solusi yang lebih lengkapnya, kami telah membahasanya pada artikel lain (baca 9 cara menghemat baterai Android disini).

2. Hang dan lambat

mengatasi masalah pada android
Hang dan lambat adalah masalah yang umum terjadi pada Android

Pertama kali membeli ponsel Android, pengguna mungkin akan mengalami kenyamanan yang cukup tinggi. Namun, setelah 1 hingga 2 tahun, pengguna akan mulai merasakan jika ponsel Android miliknya menjadi lebih lambat dan terkadang sering kali mengalami hang. hand dan ponsel menjadi lambat juga merupakan salah satu masalah yang sering muncul pada Android. Salah satu penyebab utama adalah tempat penyimpanan internal yang telah penuh dan hampir tidak ada ruang lagi.

Solusi yang bisa anda lakukan adalah dengan menghapus aplikasi yang tidak digunakan atau beberapa berkas lain yang sama sekali tidak digunakan. Selain menghapus, anda bisa memindahkan berkas-berkas tersebut ke dalam tempat penyimpanan berbasis cloud atau microSD. Sebagai tambahan, jangan biasakan untuk menutup aplikasi dengan menggunakan tombol Home, pastikan jika anda benar-benar menutup aplikasi tersebut. SOlusi lainnya adalah dengan menghapus cache dari aplikasi-aplikasi yang terpasang dan jangan menggunakan live wallpaper

Anda bisa menghapus data cache dari aplikasi melalui Settings, lalu pilih menu Apps dan pilih aplikasi yang ingin di hapus data cache-nya dan pilih opsi “Clear Cache”. Selain itu, anda juga bisa menggunakan aplikasi seperti App Cache Cleaner atau Clean Master yang bisa secara otomatis menghapus cache dari aplikasi-aplikasi yang anda gunakan.

3. Mengalami masalah konektivitas

Pernahkah anda mendapati masalah dengan konektivitas Bluetooth, Wi-Fi atau data seluler anda? Terkadang masalah konektivitas ini sangat membingungkan karena walau kita matikan dan nyalakan kembali masalah ini masih saja muncul. Masalah konektivitas merupakan salah satu masalah yang sering muncul pada Android, baik itu Android tipe terbaru maupun tipe lama.

Solusi yang bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mematikan konektivitas anda, dan gunakan mode pesawat selama 30 detik, setelah itu matikan mode tersebut dan coba koneksikan kembali. Masalah konektivitas biasanya telah teratasi dengan menggunakan cara ini. Beberapa cara lain yang bisa anda coba adalah dengan mematikan koneksi data seluler anda dan menyalakannya kembali, dengan cara yang cukup mudah tersebut masalah biasanya telah teratasi. Jika anda masalah belum bisa teratasi, anda bisa menghubungi pusat servis terdekat untuk memperbaiki ponsel milik anda.

4. Pesan singkat (SMS) tidak bisa terkirim

Smartphone Android terkadang gagal dalam mengirimkan pesan singkat, penyebabnya sangat bervariasi bisa saja pulsa anda habis, koneksi seluler anda mati, koneksi sinyal jelek atau memang terdapat gangguan pada sistem operasi Android di ponsel anda. Jika terdapat gangguan pada ponsel Android milik anda, anda bisa mencoba untuk melakukan restart pada ponsel.

Selain itu, cara yang bisa anda coba adalah dengan menggunakan aplikasi eksternal yang bisa anda dapatkan dari Play Store.

5. Terjadi kegagalan saat sinkronisasi

Seringkali ponsel Android gagal dalam masalah sinkronisasi pada akun-akun sosial media atau email milik kita. Hal tersebut menjadikan masalah ini sebagai salah satu masalah yang sering muncul pada ponsel Android. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Anda tidak perlu terburu-buru menghubungi pusat servis smartphone Android milik anda, karena anda bisa memperbaikinya sendiri.

Pertama pastikan anda terkoneksi dengan Internet, dan dengan servis yang anda coba untuk lakukan sinkronisasi seperti Google atau Dropbox tidak sedang dalam keadaan down. Pastikan jika password yang ada masukan benar dan coba untuk lakukan sinkronisasi kembali. Jika kembali gagal, anda bisa menghapus akun tersebut dan masukan kembali dengan cara yang sama.

6. Aplikasi yang berhenti secara paksa

mengatasi masalah pada android
Aplikasi yang tiba-tiba berhenti secara paksa

Masalah terakhir yang sering muncul pada smartphone Android adalah aplikasi yang berhenti secara paksa. Kadang kita tidak tahu apa masalah pada aplikasi tersebut atau masalah pada ponsel kita yang membuat aplikasi tersebut berhenti secara paksa. Yang pasti, hal seperti ini tidak bisa dihindari karena memang ada permasalahan yang cukup serius pada sistem operasi atau aplikasi tersebut sehingga aplikasi tersebut tidak mau berjalan pada ponsel kita.

Solusi untuk masalah ini adalah dengan melakukan pengecekan apakah aplikasi tersebut memiliki pembaharuan atau kita juga seharusnya melakukan pengecekan apakah ponsel kita memiliki pembaharuan. Jika kita mendapatkan pembaharuan, sebaiknya kita update aplikasi atau sistem operasi milik kita. Solusi lainnya adalah dengan menutup aplikasi tersebut dan mencoba untuk membukanya kembali.

7. Layar yang mendadak tidak responsif

Terakhir masalah yang sering muncul pada Android adalah layar yang mendadak tidak responsif. Terkadang kita merasa aneh dengan layar smarphone Android kita yang mendadak tidak bisa enak untuk digunakan. Dan terkadang hal tersebut terjadi sesaat setelah ponsel jatuh. Pengguna tidak perlu khawatir karena anda bisa melakukan hal yang cukup mudah untuk memperbaiki masalah ini.

mengatasi masalah pada android
Layar yang terkadang mendadak tidak responsif

Beberapa masalah seperti ini bisa anda atasi dengan hanya melakukan restart pada ponsel Android. Tunggu hingga 1 atau 2 menit lalu nyalakan ponsel kembali.

Leave a Response