ilustrasi dzikir saat ramadhan

Siapa bilang puasa hanya tentang menahan lapar dan haus saja? Memang secara medis, puasa memberikan banyak manfaat bagi tubuh seperti dapat membantu detoksifikasi tubuh, meningkatkan kesehatan pencernaan, menstabilkan gula darah, menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan jantung, dan masih banyak lagi. 

Namun lebih dari manfaat bagi kesehatan tubuh dan mental, puasa adalah ibadah dan salah satu kesempatan untuk meningkatkan spiritual kita. Agar ibadah ini berjalan dengan baik, berikut beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa membantu kelancaran proses puasa!

Aplikasi Jadwal Sholat

Tak hanya selama Ramadhan, sholat merupakan salah satu kewajiban umat Islam yang tidak boleh dilewatkan. Ibadah ini harus lebih dikencangkan terutama saat bulan puasa. Agar sholat tidak terlewat, berikut beberapa aplikasi yang dapat dimanfaatkan!

  • Muslim Pro: Aplikasi ini menyediakan jadwal sholat yang akurat untuk berbagai lokasi. Selain pengingat sholat, aplikasi ini dapat memberikan pengingat sahur dan buka puasa saat Ramadhan. Lebih lengkapnya lagi, aplikasi ini menyediakan peta masjid, arah kiblat, adzan, Al-Quran dengan audio, kalender hijriah, hingga panduan haji dan umroh.
  • Umma: Aplikasi ini menyediakan jadwal sholat dan adzan termasuk Al-Quran dengan terjemahan. Sebagai fitur tambahan, aplikasi ini menawarkan berbagai konten islami, tanya jawab agama, hingga kuis pengetahuan islam.
  • Jadwal Sholat & Adzan: Seperti namanya, aplikasi ini menawarkan jadwal sholat yang akurat yang disertai dengan fitur adzan. Sama halnya seperti aplikasi sebelumnya, Jadwal Sholat & Adzan juga menyediakan peta masjid dan arah kiblat.
  • Athan: Aplikasi terakhir ini menyediakan jadwal sholat, adzan dengan berbagai muadzin, dan pengingat sholat. Sebagai fitur tambahan, Athan menawarkan adanya doa harian, kalender Hijriah, dan tasbih digital.
ilustrasi membaca Al-Quran

Aplikasi Al-Quran Digital

Di tengah kemajuan teknologi, saat ini Al-Quran juga dapat diakses melalui aplikasi digital yang memudahkan pengguna untuk mengaksesnya dari mana saja entah dalam jaringan maupun luar jaringan. Berikut beberapa aplikasi Al-Quran tersebut:

  • Al-Quran Indonesia: Tersedia dalam perangkat Android maupun IOS, aplikasi ini dilengkapi dengan terjemahan bahasa Indonesia yang memudahkan pengguna untuk memahami artinya. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur Tajwid Warna yang menjadi panduan pembacaan Al-Quran dengan benar.
  • Qur’an Kemenag: Merupakan aplikasi resmi yang dibuat oleh Kementerian Agama Republik Indonesia yang menyediakan penafsiran dalam dua kategori yakni penafsiran singkat dan penafsiran tahlili. Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna memahami latar belakang diturunkannya ayat tertentu dan melakukan pencarian ayat.
  • MyQuran: Aplikasi lokal ini menyediakan bacaan Al-Quran yang dilengkapi dengan terjemahan dan dapat diakses sekalipun di luar jaringan. Saat ini, MyQuran dapat diunduh melalui Playstore maupun Appstore.

Aplikasi Pengingat Puasa

Meskipun puasa, kita seringkali masih melakukan aktivitas di luar rumah. Hal ini membuat kita mudah merasa kehilangan orientasi termasuk waktu sahur, imsak, dan berbuka. Oleh karena itu, aplikasi ini bisa membantu dimanapun kita berada!

  • Fasting Calendar: Aplikasi ini menyediakan kalender Hijriyah dan menunjukkan jadwal puasa. Selain memiliki fitur pengingat sahur dan berbuka, aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya untuk memberi catatan dalam setiap tanggal.
  • Sahabat Puasa: Sama seperti aplikasi pengingat puasa umumnya yang dilengkapi fitur notifikasi pengingat, aplikasi ini juga menyediakan notifikasi pemberitahuan. Lebih lanjut, Sahabat Puasa memungkinkan pengguna untuk membuat perencanaan puasa termasuk mengganti jadwal puasa di luar Ramadhan.
ilustrasi ibadah saat ramadhan

Aplikasi Doa dan Dzikir

Saat bulan puasa, ada baiknya jika kita menghabiskan waktu luang dengan melakukan dzikir dan doa. Agar dapat dilakukan dimana saja, berikut beberapa aplikasi agar kita tetap terhubung dengan aktivitas spiritual.

  • Hisnul Muslim: Aplikasi ini berisi berbagai kumpulan doa dan dzikir Hisnul Muslim. Selain menyediakan teks arab, terjemahan, aplikasi ini juga disertai dengan transliterasi yang memudahkan penggunanya.
  • Dhikr & Dua: Selain menyediakan pengingat dzikir dan doa, aplikasi ini menyediakan fitur pencarian doa yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. 
  • Athkar for Muslims: Kelebihan aplikasi ini adalah menyediakan berbagai dzikir pagi dan petang yang direkomendasikan dalam sunnah Islam. Melalui pengingat otomatis, ini memastikan pengguna tak melewatkan waktu dzikir.

Aplikasi Zakat dan Sedekah

Penuhi rukun Islam dengan bayar zakat dari mana saja melalui aplikasi dan website ini!

  • KitaBisa: Aplikasi yang peruntukannya digunakan untuk menggalang dana ini ternyata menawarkan fitur kalkulator zakat yang dapat digunakan untuk menghitung berbagai jenis zakat seperti zakat maal, profesi, dan penghasilan. Sementara zakat bisa disalurkan melalui Rumah Zakat, Dompet Dhuafa, atau BAZNAS.
  • Zakatpedia: Aplikasi ini dapat digunakan untuk penggalangan dana, infaq, sedekah, dan pembayaran zakat secara online melalui LAZNAS Inisiatif Zakat Indonesia.

Aplikasi Kajian dan Ceramah

Perdalam penghayatan ibadah saat bulan puasa dengan mendengarkan ceramah atau membaca berbagai kajian Islam yang dapat diterapkan dalam aktivitas sehari-hari. Salah satu aplikasi yang memiliki fitur lengkap adalah SalingSapa. Aplikasi ini menyediakan beberapa fitur seperti Live TV, radio, video, audio, mushaf dan murottal, hingga agenda dakwah selama Ramadhan. Topik ceramah juga tidak terbatas pada puasa dan Ramadhan saja tetapi juga topik lain yang relevan dengan kondisi saat ini.

Kesimpulan

Nah, itu dia beberapa aplikasi yang bisa membantu selama ibadah di bulan Ramadhan. Lengkapi bulan suci ini dengan berbagai kegiatan positif dan bermanfaat ya!

Rekomendasi Gadget untuk Mendukung Aktivitas Selama Bulan Puasa

Setelah memahami aplikasi dan fitur khusus untuk mendukung aktivitas ibadah selama puasa, saatnya Anda menjelajahi Anugrah Pratama untuk menemukan gadget yang sempurna untuk menunjang kegiatan Anda sepanjang bulan suci. Kunjungi toko online Anugrah Pratama sekarang dan temukan gadget yang sesuai dengan kebutuhan Anda, agar momen puasa Anda semakin berarti dan produktif!

Anugrahpratama.com

Klampis Jaya 29E, Surabaya 60117
Jawa Timur – Indonesia
Telepon: 031-5928580
Whatsapp: 08113127777
https://www.anugrahpratama.com