close

Perbedaan Baterai Laptop Original, OEM, dan KW

Perbedaan Baterai Laptop

Setiap pengguna seharusnya mengerti perbedaan baterai laptop satu dengan lainnya. Laptop memiliki berbagai jenis baterai, mulai dari original, OEM, hingga non original atau KW. Di era serba canggih saat ini, komputer maupun laptop memang sangat diperlukan untuk menunjang aktivitas tiap manusia. Laptop memiliki beberapa keunggulan dibanding komputer. Ukuran yang ringan, bisa dibawa kemana saja, serta perfoma yang tidak kalah dengan PC mampu membuat komputer jinjing ini dapat bersanding dengan PC. Sayangnya hingga saat ini, ketahanan laptop memang masih kalah dengan komputer biasa. Meningat kebutuhan akan akses informasi yang tinggi memerlukan sebuah laptop yang dapat bertahan lama.

Perbedaan Baterai LaptopNormalnya, usia laptop berkisar antara 2 hingga 3 tahun. Setelah itu, biasanya akan terjadi penurunan perfoma pada laptop. Yang paling sering terjadi yakni turunnya perfoma baterai. Ketika pertama kali digunakan, baterai pada laptop mampu bertahan hingga 2 jam. Setelah 2 hingga 3 tahun, atau bahkan bisa tidak sampai 2 tahun, baterai laptop hanya mampu bertahan hingga 30 menit saja. Penurunan perfoma pada gadget memang wajar terjadi. Solusi yang dapat dilakukan biasanya dengan cara mencolokkan laptop langsung ke listrik tanpa menggunakan baterai. Namun, hal ini bisa membuat laptop Anda akan terus bergantung pada daya listrik. Cara lain yang dapat dilakukan yakni dengan mengganti baterai pada laptop.

Sebelum membeli baterai laptop yang baru, Anda perlu memerhatikan beberapa perbedaan pada jenis-jenis baterai laptop. Terkadang masih banyak orang yang bingung dengan perbedaan baterai jenis original, OEM, maupun KW. Berikut jenis-jenis baterai laptop beserta perbedaannya satu sama lain yang perlu Anda ketahui:

Baterai Laptop Original

Perbedaan Baterai Laptop

Baterai laptop original merupakan baterai yang resmi diproduksi oleh produsen laptop tersebut. Baterai ini sering disebut baterai ori atau Original Service Center (OSC). Baterai ini memiliki kualitas paling bagus dibanding baterai lainnya. Namun, harga baterai ori mahal dibanding lainnya. Harga menentukan perfoma dari barang tersebut. Biasanya baterai ori hanya dijual di service center atau dealer resmi produsennya.

Baterai Laptop OEM

Perbedaan Baterai Laptop

Baterai Original Equipment Manufacturer (OEM) memiliki kualitas yang sama dengan baterai original. Perbedaanya hanya pada pembuatnya. Jika baterai ori diproduksi oleh produsen resminya, baterai OEM diproduksi oleh vendor lain yang juga memiliki nama besar atas lisensi produsennya. Biasanya produsen melakukan hal ini apabila kewalahan memproduksi baterai dalam jumlah yang sangat banyak akibat besarnya permintaan konsumen. Baterai yang diproduksi tetap diberi merek sesuai dengan produsen asalnya. Namun, harganya dijual lebih murah dibanding dengan baterai ori. Bisa dibilang, jika dibandingkan dengan harga, baterai OEM merupakan penengah antara baterai ori dan KW.

Baterai Laptop KW Super

Perbedaan Baterai Laptop

Baterai laptop KW Super memiliki harga yang lebih murah dibanding baterai ori dan OEM. Baterai ini berupa replika yang memiliki kemiripan dengan produk asli, Namun, kualitasnya diragukan. Baterai KW Super tidak berlisensi dari produsen asal pembuat produk. Biasanya baterai KW Super banyak diproduksi oleh China.

Baterai Laptop KW 1, 2, 3

Perbedaan Baterai Laptop

Baterai ini merupakan baterai yang memiliki kualitas paling rendah. Dibuat semirip mungkin dengan baterai ori, namun kualitasnya sangat diragukan. Harganya biasanya sangat murah dan jauh dari harga baterai ori. Baterai KW 1 memiliki kualitas paling bagus dibanding bawah-bawahnya. Semakin ke bawah (KW 1, KW 2), kualitasnya akan semakin jelek dan harganya akan semakin murah.

Dengan mengetahui perbandingan jenis-jenis baterai laptop yang telah disebutkan di atas, Anda tinggal menentukan baterai mana yang ingin dibeli dan sesuai dengan dana yang Anda miliki.

2 Comments

  1. Ane rada bingung sama ORI VS OEM,,,

    OEM itu ibarat Busi pada Sepeda Motor,,, merk-nya NGK, Denso, bukan Honda, bukan AHM,,,

    Pengertian OEM yang saya tau begitu, misal sebuah Laptop, Prosesor menggunakan Intel, LCD menggunakan Sharp, Harddisk menggunakan Seagate, dll

    Battery Laptop bisa disebut Battery Pack, karena didalamnya terdapat beberapa Lithium Ion Battery Cell, umumnya ada 6 Cell bahkan 12 Cell.

    Apakah yang dimaksud beda ORI dan OEM itu di Battery Cell nya ?, misal ORI itu Cell buatan TOSHIBA, sedangkan OEM merk di Kesin tetap Toshiba, tapi Cell-nya SANYO, SAMSUNG misalnya ?

    Battery Laptop itu tak ubahnya Power Bank, merk bisa macem-macem, tapi Cell-nya beda-beda. Rule umum yang kita yakini,, Cell Japan lebih baik dari Cell Korea Selatan, apalagi Cell China.

    Ada Power Bank yang menggunakan Cell SANYO (Japan), ada yang Cell Samsung (Korea Selatan), Beda Cell, maka beda harga, itu jelas.

    Menurut saya, yang namanya barang itu cuma ada 2, yakni Original, dan Fake (di Indonesia disebut KW/Palsu).

    OEM itu kan artinya Original Equipment Manufacturing, jadi apa bedanya dengan ORI / Original ?, sama saja kan,,,

    1. Ini termasuk menarik sih, karena ane sendiri bingung karena di Indonesia orang terkadang hanya sebagai penjual, bukan expert dalam bidang seperti ini dan bisa dikatakan bermasalah. Mereka selalu angkat tangan dan berkata. “Saya hanya menjual, urusan barang anda tanggung, pokok saya jualan”. Masalahnya sering kali gitu dan kalau diberitahu barangnya jelek ga terima.. sulit lah. tapi OEM dan KW sekarang semua di China, cuman yang akan dibandingkan sekarang dimanakah letak kota dan pabrikannya di china, kalau di guang zhou, shen zhen, atau HK special teritori(Hongkong sekarang china, cuman mereka di HK lebih ke assamble dibandingkan produksi, karena setahu saya sejak balik ke china banyak pabrik besar dipindahkan ke China karena HK pabriknya itu lucu, tingkat2, bukan lahan gede kaya di China sendiri, dan sejak adanya reklamasi NT, new teritori ya bisa ada yang buat, tapi sedikit hanya dari taipan kelas atas yang buat barangnya, kaya REMAX) itu bagus. Kalau dari beberapa tempat lain ya.. sedikit ugh ugh..

Leave a Response