close
Info KomputerTips & Trick

Berikut Ini 7 Dampak Buruk Menutup Laptop Dalam Kondisi Hidup

bahaya menutup laptop kondisi nyala

Memperlakukan sebuah perangkat elektronik layaknya laptop harus bisa benar-benar mendapatkan peninjauan dan perhatian. Dalam perawatan perangkat kerasnya ataupun perangkat lunaknya, semua harus bisa ditinjau dan dirawat dengan baik agar memiliki ketahanan dan jangka pemakaian yang lama.

Nah, salah satu kebiasaan buruk yang seringkali muncul dalam penggunaan laptop ini adalah menutup laptop dalam kondisi hidup. Padahal faktanya, menutup laptop dalam kondisi hidup tersebut bisa menimbulkan berbagai dampak buruk. Maka dari itu, pada artikel kali ini kita akan mulai membahas 7 dampak buruk menutup laptop dalam kondisi hidup.

1.   Laptop Jadi “Kepanasan”

Dampak buruk pertama yang  bisa diperoleh dari ditutupnya laptop dalam kondisi hidup adalah suhu yang pada akhirnya dapat terus meningkat. Mengapa bisa terjadi demikian? Coba saja kita perhatikan bersama, pada saat layar dibuka saja, suhu pada Laptop dapat terus meningkat, dan panas pun akhirnya timbul. Jika laptop menyala dalam kondisi tertutup, pastinya suhu yang dihasilkan lebih panas dari posisi sewajarnya.

Ketika perangkat elektronik telah berada di kondisi overheat (panas berlebih) maka hal-hal yang tidak diinginkan bisa saja terjadi. Antara lain, bahaya yang bisa terjadi adalah meledaknya perangkat elektronik, korsleting pada perangkat, atau kerusakan yang dapat timbul pada perangkat.

2.   Hilangnya Data Registry

Apa itu data registry? Memangnya seberapa fatal jika kita kehilangan data yang satu ini? Nah, yang dimaksud data registry ini adalah basis data atau bentuk penyimpanan yang telah menyimpan berbagai bentuk pengaturan konfigurasi di berbagai aplikasi atau sistem yang berada pada laptop-mu.

Dengan kehilangan data registry, tentu komponen pada aplikasi atau sistem tidak dapat tersimpan pada registry. Jika tidak tersimpannya registry aplikasi atau sistem, maka system recovery tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Maka dari itu, hilangnya data registry menjadi hal yang sangat fatal, dan perlu untuk dijaga.

3.   Munculnya Kerusakan Pada Komponen Laptop

Selain menyebabkan laptop menjadi panas, dan hilangnya data registry. Menutup layar laptop dalam kondisi hidup juga dapat menimbulkan berbagai kerusakan terhadap komponen laptop. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Hal ini disebabkan karena sistem dapat mematikan laptop secara paksa, dan saat itu pula arus listrik langsung terputus dan terhenti begitu saja. Dengan adanya hal ini, korsleting ataupun kerusakan pada komponen penting dapat timbul pada laptop. Pada akhirnya, masa pakai pada perangkat laptop pun akan semakin menurun. Yup, hal ini bisa terjadi karena menutup layar laptop dalam kondisi hidup, dapat mengakibatkan berbagai kerusakan terhadap RAM atau pada media penyimpanan lainnya. Sangat berbahaya dan bisa berdampak fatal.

4.   Menimbulkan Kerusakan Pada Prosesor

Sebelumnya, kita sempat menyinggung bahwa laptop dapat menyebabkan kerusakan pada berbagai komponen penting. Nah, salah satu komponen yang dirusak dari kebiasaan buruk ini adalah Prosesor. Wah, fatal sekali bukan? Lantas bagaimana hal tersebut bisa terjadi?

Dalam pemberlakuan proses shutdown, peranan penting kerap muncul pada BIOS, yang mana BIOS ini memiliki tugas utama untuk menonaktifkan berbagai komponen pada laptop. Apabila dimatikan secara spontan, maka prosesor akan terus bekerja dengan tidak sewajarnya dan tidak dalam porsinya.

5.   Timbulnya Berbagai Kerusakan Pada Memory

Dalam poin tiga, telah kita singgung sebelumnya bahwa laptop dapat menyebabkan kerusakan pada berbagai media penyimpanan. Nah, pada poin kelima ini kita akan membahas lebih rinci, gangguan seperti apa yang sebenarnya ditimbulkan pada media penyimpanan. Cache ini adalah memori sementara yang diperlukan untuk mempercepat proses loading pada pada berbagai sistem. Laptop yang mati secara spontan pun akan meninggalkan memory dan cache.

6.   Memiliki Peluang dalam Menyebabkan Kerusakan Pada Harddisk

Dampak buruk selanjutnya adalah memiliki peluang dalam menyebabkan kerusakan pada harddisk. Harddisk ini merupakan salah satu komponen vital pada laptop, ketika harddisk mengalami kerusakan maka berbagai bentuk data bisa saja hilang dan tidak lagi dapat diakses. Kebiasaan buruk ini menjadi salah satu hal yang bisa menyebabkan terjadinya kerusakan.

7.   Konsumsi Baterai Boros

Ada beragam jenis laptop yang tidak mati begitu saja ketika sudah digunakan, beberapa perangkat laptop pun memiliki kemampuan untuk tetap menyala walaupun layar laptop sudah ditutup, serta ada pula laptop yang secara langsung masuk dalam mode sleep. Maka dari itu, dengan adanya hal ini, pemborosan konsumsi pada baterai laptop pun, mungkin saja terjadi.

Pemborosan yang terjadi pada baterai ini sangat memungkinkan untuk menimbulkan berbagai bentuk kerusakan dan mengganggu kesehatan baterai. Maka dari itu, meninjau perangkat laptop menjadi hal penting yang harus terus diperhatikan.

Nah, berbahaya sekali bukan menutup laptop dalam kondisi hidup, jangan dibiasakan ya Sobat. Jika ingin mencari pengganti laptop Sobat, cek koleksi laptop dari AnugrahPratama.com ini. Dapatkan segala merek dan type laptop berkualitas dengan harga terjangkau.