close

Tips Memilih Monitor

tips memilih monitor
tips memilih monitor

Anda mungkin akan menghabiskan sepanjang waktu didepan layar monitor ketika menggunakan sebuah komputer PC, jadi ketika anda ingin memilih monitor baru, anda tentu menginginkan informasi yang lengkap mengenai jenis monitor yang tepat untuk anda. Panduan memilih monitor ini akan membantu anda memilih monitor yang sesuai dengan kebutuhan. Kami akan menjelaskan dengan lengkap mulai dari tipe-tipe tampilan monitor, fitur utama hingga spesifikasinya.panduan memilih tv

Untuk membeli dan memilih monitor baru yang cocok untuk kegunaan anda, mungkin bisa menjadi salah satu tantangan, dikarenakan saat ini banyak sekali jenis, brand, teknologi, fitur serta harga yang bervariasi. Kita bisa membedahnya satu per satu untuk menentukan monitor mana yang cukup sesuai dengan kebutuhan kita. here they are, tips memilih monitor untuk kebutuhan anda.

Menentukan tujuan penggunaan

Bagaimana nantinya anda menggunakan monitor tersebut? Anda harus menjawab pertanyaan tersebut. Jika anda mampu menjelaskannya secara detail tentang penggunaan monitor tersebut nantinya, anda berada dijalan yang tepat untuk menemukan monitor yang sesuai dengan kebutuhan anda. Ada beberapa opsi tujuan penggunaan monitor menurut kami, apa saja? Let’s check this out

Penggunaan komputasi dasar

Untuk pekerjaan seperti mengirim e-mail, menggunakannya untuk media sosial, menjelajahi website dan mengetik, anda mungkin tidak membutuhkan monitor yang memiliki kemampuan high-performance dengan fitur yang cukup kompleks. Anda bisa memilih dan membeli monitor yang memiliki harga yang relatif murah, namun ukurannya tidak terlalu kecil. Dengan ukuran yang berkisar antara 23-24 inci dengan fitur Full HD mungkin bisa menjadi pilihan monitor yang menarik untuk anda.

Penggunaan untuk berbagai tujuan

Monitor yang memiliki berbagai tujuan sebaiknya memiliki kualitas tampilan dan performa yang mampu mengakomodasi keperluan sehari-hari, seperti melakukan streaming musik atau film, sharing foto dan slideshow, video talk dan membuat dokumen-dokumen biasa. Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli dan memilih monitor yang memiliki teknologi LED atau IPS dengan fitur resolusi Full HD, yang mampu bekerja dengan baik untuk berbagai penggunaan. Jika anda memilih monitor dengan ukuran layar yang besar (27 inci keatas) dengan fitur touchscreen, monitor ini bisa juga sebagai pusat entertainment keluarga anda.

Penggunaan untuk Multimedia/professional

Bagi anda yang pekerjaannya sebagai fotografer, designer, video production atau berbagai professional yang berkecimpung dibidang multimedia, anda bisa memilih monitor yang didesain untuk kreasi konten. Hal ini berarti, anda harus membeli monitor yang memiliki layar yang cukup lebar dengan fitur setidaknya minimal menggunakan resolusi Full HD, atau anda bisa memilih monitor yang memiliki resolusi Quad HD untuk tampilan yang lebih tajam dan detail. Anda tidak bisa meremehkan teknologi IPS panel dengan kedalaman warna hitam yang cukup, akurasi warna yang tepat dan mampu menampilkan sudut yang lebar bisa menjadi salah satu pertimbangan anda dalam menentukan monitor.

Jika anda menggunakannya untuk melakukan editing video atau film, mencari monitor dengan response time (waktu tanggap) sekitar 5ms atau kurang, hal ini bertujuan untuk menurunkan gerakan yang blur dan berbayang. Anda juga bisa mempertimbangkan untuk penggunaan dual-display untuk mempermudah pengunaan anda, dan tentunya lebih ergonomis.

Penggunaan untuk Gaming

Seorang gamers membutuhkan monitor yang dapat menjaga intensitas dan kecepatan yang tinggi dan akurat. Kami merekomendasikan monitor yang memiliki fitur setidaknya resolusi Full HD, response time sekitar 5 ms atau lebih cepat, refresh rate sekitar 60Hz atau lebih dan kemampuan untuk melihat sudut sebesar 178 derajat atau lebih. Jika anda sering memainkan game tinju dengan beberapa teman anda, anda bisa menambahkan 1 lagi monitor untuk mendapatkan view yang hebat untuk setiap karakter yang ditampilkan di layar saat itu juga.

Tipe-tipe teknologi tampilan layar

IPS

IPS (in-plane switching) monitor, monitor dengan teknologi ini mampu memberikan warna hitam yang cukup dalam dan akurasi warna yang akurat dibandingkan dengan kebanyakan monitor LED atau LCD. Memilih monitor dengan fitur ini, membuat kualitas editing foto, pekerjaan grafis dan bermain game menjadi hebat. Monitor ini juga menawarkan sudut yang lebar, jadi tampilan yang dihasilkan cukup bagus meskipun anda tidak melihatnya dari arah depan secara langsung.

tips memilih monitor
IPS Monitor

LED

LED (light-emitting diode) monitor, monitor dengan teknologi LED mampu menghasilkan gambar yang cukup berkualitas. Teknologi LED mampu memproduksi gambar yang lebih cerah serta mengkonsumsi tenaga yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan monitor LCS, serta teknologi LED biasanya memiliki desain yang lebih tipis. Monitor dalam kategori ini masih digolongkan kategori LCD, hanya mereka menggunakan teknologi LED sebagai pencahayaannya.

tips memilih monitor

LCD

LCD (liquid-crystal display) monitor, monitor LCD mampu menghasilkan kualitas performa yang lumayan, dengan harga yang cukup murah. Teknologi ini menggunakan Kristal cair yang diletakkan dibelakang layar, dan mereka disinari oleh sebuah teknologi bernama CCFL (cold cathode fluorescent lamps).

tips memilih monitor
LCD Monitor

Touchscreen

Monitor dengan teknologi ini sangat popular untuk penggunaan home entertainment dan berbagai penggunaan. Anda dapat mengalihkan foto dengan cara menggeserkan tangan anda, memainkan game yang memiliki teknologi touchscreen dan menekan sebuah tab untuk bisa memulai aplikasi. Jika anda menginginkan sebuah monitor yang memiliki teknologi touchscreen, pilihlah monitor yang memiliki layar lebar dan cenderung frameless (frame yang sedikit), selain itu pertimbangkan juga teknologi yang disediakan oleh pihak produsennya.

tips memilih monitor
Touchscreen Monitor

Ukuran layar

Seperti halnya TV, ukuran layar monitor juga dihitung dari diagonal yang ada. Semakin besar ukuran layarnya, maka semakin mahal pula harganya, jadi lebih baik jika anda mempertimbangkan seberapa luas ruangan anda, sebelum membeli monitor nantinya. Terdapat beberapa ukuran layar yang dijual dipasaran. Seperti

tips memilih monitor
Ukuran layar monitor

Ukuran layar 20 inci atau kurang

Layar monitor dibawah 20 inci ini umunya memiliki harga yang terjangkau. Cukup untuk anda yang menggunakannya hanya sebagai komputasi dasar. Monitor pada kategori ini umumnya memiliki kualitas performa yang cukup bagus jika dibandingkan dengan harga yang ditawarkan.

Ukuran layar 21 – 26 inci

Layar yang berukuran pada kategori ini umumnya sangat bagus untuk berbagai penggunaan baik itu dirumah ataupun dikantor. Melihat film dan siaran TV, memainkan game atau mungkin menampilkan beberapa halaman dokumen secara bersamaan, bisa diakomodasi dengan baik oleh monitor dengan ukuran ini.

Ukuran layar 27 inci – keatas

Monitor dengan layar berukuran ini mampu menampilkan area yang cuku lebar dan enak untuk ditonton. Memilih monitor dengan ukuran ini, untuk anda seorang gamer dan professional merupakan hal yang bagus.

Ukuran widescreen dan ultrawide

Saat ini hampir semua monitor merupakan monitor dengan tipe widescreen, yang mana hal ini cukup bagus untuk menampilkan dokumen-dokumen yang cukup lebar, membutuhkan untuk menampilkan beberapa aplikasi pada saat yang bersamaan dan menjaga agar sidebar dari desktop anda tetap terlihat saat anda berselancar di Website. Ukuran layar dengan tipe ini sangat tepat jika digunakan untuk menonton film atau bermain game. Monitor widescreen ini memiliki aspek rasio sebesar 16:9 atau 16:10, aspek rasio ini merupakan perhitungan yang didapatkan dengan membandingkan lebar layar dengan tingginya.

Monitor Ultrawide pertama kali dikenalkan pada tahun 2013, memiliki aspek rasio yang cukup tinggi yaitu berkisar antara 21:9. Layar berukuran ini mampu menampilkan beberapa dokumen sekaligus disaat yang bersamaan dengan mudah atau mungkin menempatkan beberapa aplikasi pada 1 layar. Beberapa model ultrawide monitor memiliki teknologi split-screen software yang mampu secara otomatis mengatur konten dari layar dengan cara yang berbeda. Teknologi Ultrawide juga menawarkan performa yang luar biasa untuk berbagai keperluan.

Resolusi

Resolusi merupakan salah satu yang alasan yang dapat dipertimbangkan dalam memilih monitor. Dengan resolusi yang besar, maka ketajaman gambar juga semakin besar pula. Ini dia beberapa resolusi yang terdapat dipasaran.

tips memilih monitor
Jenis-jenis resolusi layar

HD (1366 x 768) dan HD+ (1600 x 900)

Resolusi HD dan HD+, tersedia pada monitor yang memiliki lebar layar sebesar 15-20 inci, dengan ukuran layar yang relatif dibawah 20 inci, teknologi ini bisa dibilang cukup murah dan memadai.

Full HD (1920 x 1080)

Layar monitor yang memiliki resolusi Full High Definition (Full HD) setara dengan sebuah televise yang memiliki resolusi 1080p. tampilan yang dihasilkan untuk layar monitor dengan fitur Full HD sangatlah tajam dan jelas, sangat bagus untuk penggunaan sehari-hari untuk anda yang mengedepankan entertainment.

Quad HD (2560 x 1440)

Teknologi Quad HD atau yang lebih dikenal dengan QHD, Wide Quad HD atau WQHD, merupakan teknologi yang memberikan performa 4 kali lebih hebat dibandingkan dengan teknologi 720p HD. Layar pada kategori ini mampu menampilkan sebuah gambar yang sangat hebat, cukup ideal untuk aplikasi-aplikasi berbasis grafik seperti CAD, Adobe Illustrator atau Adobe Premier.

4K Ultra HD (3840 x 2160)

Teknologi 4K Ultra HD biasa disebut dengan 4K atau UHD, 4K Ultra HD merupakan teknologi resolusi terbaik saat ini yang tersedia dipasaran. Teknologi ini mampu menghasilkan gambar yang lebih tajam 4 kali lipat dibandingkan dengan layar yang memiliki teknologi Full HD. Teknologi ini mampu menghasilkan gambar yang impresif untuk berbagai kegiatan. Layar dengan teknologi ini juga cukup bagus untuk semua jenis kegiatan.

Koneksi apa yang terbaik untuk monitor saya?

Anda bisa memastikan port dan koneksi dari monitor tersebut sebelum memastikan untuk memilih monitor. Tentunya saat ini koneksi yang hanya menyambung ke PC merupakan koneksi standart sebuah monitor, anda bisa mempertimbangkan untuk bisa menyambungkannya ke smartphone, kamera, DVD-player, camcorder atau berbagai peralatan lainnya. Untuk anda yang belum memahami berbagai koneksi yang tersedia untuk monitor, anda bisa mempertimbangkan beberapa koneksi dibawah ini.

tips memilih monitor
Tipe-tipe koneksi untuk monitor

HDMI

Kebanyakan monitor computer memilki teknologi HDMI, yang mana teknologi ini merupakan bawaan dari sinyal video atau audio. Hal ini cukup baik untuk menampilkan konten-konten HD dari komputer, konsol game, blu-ray player atau berbagai perlatan lainnya.

DisplayPort

DisplayPort merupakan sebuah penyambung yang mampu membawa sinyal video dan audio seperti HDMI, namun DisplayPort lebih baik untuk menampilkan setiap resolusi dan frame rate yang tinggi. Jika sebuah konektor HDMI yang terhubung pada monitor 4K Ultra HD mampu memainkan video dengan frame rate sebesar 30 fps, DisplayPort mampu menangani monitor yang sama dengan resolusi yang sama, namun dengan frame rate yang lebih tinggi, yaitu sekitar 60 fps. Hal ini tentu saja mampu membuat tampilan lebih halus, tajam dan cepat.

DVI

Koneksi DVI mampu menghasilkan sinyal video yang sama dengan HDMI, namun kebanyakan koneksi DVU tidak menyertakan sinyal audionya. Resolusi yang ditawarkan pun berbeda-beda. Beberapa tipe dari koneksi DVI mampu berada pada resolusi 1920 x 1200, untuk beberapa tipe lainnya mampu berada pada resolusi yang lebih tinggi.

VGA

HDMI, DVI dan DisplayPort merupakan koneksi digital, dan VGA merupakan koneksi analog. Namun, jangan diremehkan, karena VGA mampu membawa tampilan dengan resolusi dan frame rate yang cukup tinggi pula.

USB

Dengan port USB sebagai tambahan koneksi monitor anda, anda dapat menyambungkan smartphone, kamera digital, camcorder atau berbagai peralatan lainnya untuk menampilkan konten yang anda tanpa harus mematikan komputer.

Pertimbangkan fitur tambahan

Beberapa fitur tambahan mampu membuat monitor anda lebih enak untuk dinikmati, dan kami merekomendasikan monitor yang memiliki fitur tambahan berupa :

Vesa Mounts

Jika anda berencana memasang monitor anda pada tembok rumah anda dibandingkan dengan meletakkannya di meja, maka anda harus mencari monitor yang memiliki fitur VESA. Hal ini berarti, pada setiap monitor yang anda beli terdapat sebuah lubang yang berpola agar bisa ditancapkan pada tembok.

tips memilih monitor
Vesa Mount

Berbagai fitur lainnya:

Webcam – hal ini berfungsi jika anda sering melakukan videchat dengan keluarga, teman atau pacar. Atau anda juga bisa memilihnya jika perkuliahan anda menggunakan cara video conferences.

Speakers – tidak semua monitor memiliki built-in speaker, jadi fitur tambahan yang tersedia ini bisa anda maskan kedalam cek list anda jika anda merencanakan penggunaan monitor untuk video chat, melihat video, mendengarkan musik dan beberapa aktivitas audio.

Fitur Ergonomic – untuk sebuah monitor yang memiliki berbagai fitur dan fungsionalitas, memiliki berbagai fitur ergonomik bisa menjadi salah satu bahan pertimbangan memilih monitor.

Leave a Response