close

Tips dan Trik Memaksimalkan iOS 8.1

tips dan trik memanfaatkan ios 8.1

Apple resmi meluncurkan sistem operasi terbarunya, iOS 8.1. Kami akan berbagi tips dan trik memaksimalkan iOS 8.1. Dengan tips dan trik ini kami harap kita bisa memanfaatkan fitur-fitur baru untuk memaksimalkan sistem operasi ini. Kami mencoba secara langsung sistem operasi ini untuk memberikan anda sebanyak mungkin tips dan trik untuk memaksimalkan seluruh fitur baru yang mungkin akan berguna bagi berbagai kegiatan anda.

Beberapa tips ini mungkin akan terlihat baru, tapi beberapa ada tips dan trik lama yang mungkin belum anda ketahui.

ini dia beberapa tips dan trik memaksimalkan iOS 8.1:

1. Tips dan trik memaksimalkan pesan email

Tandai Pesan yang Telah Dibaca (Mark As Read): Anda bisa masuk ke dalam inbox anda, lalu geser layar dari kiri ke kanan untuk memunculkan ikon “Mark As Read”. Jika pesan email tersebut termasuk pesan berupa percakapan, anda bisa melakukan ini untuk berjaga-jaga ketika anda pesan yang memang belum terbaca.

Opsi Tambahan Untuk Berbagai Fitur-Fitur Email: Dengan menggeser layar dari kanan ke kiri akan memuncukan beberapa opsi yang akan membantu anda melakukan beberapa hal dengan cepat. Beberapa menu tersebut mampu membawa menu tambahan untuk memudahkan anda membalas pesan, meneruskan pesan, menandai pesan, menandai sebagai pesan yang belum terbaca, mengalihkan pesan ke folder junk atau bisa menandai atau menghapus pesan yang akan datang.

Menghapus Email Dengan Cepat (Trash): Jika anda menggeser dari kanan ke kiri pada email yang ada di inbox, anda secara langsung menghapus pesan tersebut dan mengirimnya ke dalam folder trash. Hal ini cukup efisien dibandingkan anda harus memilih menu dan memilih opsi hapus.

Mengganti Opsi Menggeser Layar: Anda juga bisa mengatur secara manual kontrol dari ponsel anda. Seperti apa yang akan terjadi jika anda menggeser layar dari kiri ke kanan. Anda bisa mengaturnya dengan cara, masuk ke menu pengaturan lalu pilih Mail, Contacts, Calendars > Swipe Options. Setelah itu anda bisa mengatur apa yang akan terjadi ketika ketika anda menggeser email dari kanan ke kiri atau sebaliknya. Opsi yang diberikan mungkin terbatas, tapi hal ini cukup membantu anda.

Meminimalkan Email yang Anda Kerjakan: Jika anda berada di tengah-tengah mengedit email atau membalas email, anda bisa menggeser email tersebut ke bagian bawah layar sehingga anda tetap bisa mengakses seluruh pesan yang masih ada di kotak masuk email. Untuk melakukan ini, anda bisa dengan mudah menekan dan menahan email tersebut dan geser ke bagian bawah layar. Untuk kembali mengerjakan email tersebut, anda bisa dengan mudah menekan email tersebut.

Pemberitahuan Terhadap Email: Jika anda menginginkan pemberitahuan terhadap setiap pesan email atau anda tidak ingin selalu mengecek iPhone anda setiap 2 menit sekali, anda bisa memaksimalkan iOS 8.1 anda untuk bisa memberikan pemberitahuan kepada anda. Caranya dengan mudah, anda bisa memilih salah satu pesan yang ada di kotak masuk anda, lalu tekan ikon Flag pada layar bagian kiri bawah dan tekan opsi Notify Me. Tentukan pilihan pemberitahuan anda dan ketika pesan anda terbalas, iOS 8.1 akan mengirimkan pemberitahuan. Hal tersebut juga sepaket dengan pemberitahuan bahwa email yang anda kirimkan telah sampai.

Membangun Buku Kontak Pribadi: Ketika anda mendaptkan sebuah pesan email dan pesan tersebut memiliki tanda tangan khusus, Apple sekarang memberikan fasilitas untuk membaca informasi tersebut dan memberitahukan kepada anda apakah anda ingin menambahkan pengirim tersebut ke dalam kontak pribadi anda atau tidak.

Mengetahui Jumlah Email yang Belum Terbaca: Akhirnya anda dapat melihat jumlah email yang belum anda baca. Anda bisa dengan mudah mengaturnya melalu menu pengaturan dan masuk ke Mail > Mailboxes > Edit dan pilih “Unread”.

Fitur Pencarian: Geser ke bawah layar inbox anda untuk memunculkan sebuah kotak dialog pencarian. Anda sekarang bisa dengan mudah mencari email yang ada pada kotak masuk anda, anda bisa dengan muda menemukan siapa pengirimnya, subjek emailnya apa atau isi emailnya. Tandai Email Masuk Pesan Terbaca: Anda kini bisa menandai semua email anda yang ada pada kotak masuk sebagai pesan yang telah terbaca. Pada kotak masuk anda, anda bisa dengan mudah menekan menu “Edit” pada bagian atas dan pilih “Mark All” pada bagian kiri bawah. Lalu pilih “Mark As Read” dari menu pop-up yang ada dan semua pesan yang ada telah tertandai sebagai pesan email yang telah terbaca.

Itulah 10 tips dan trik memaksimalkan iOS 8.1 dari segi pesan email. Anda bisa mencobanya untuk memudahkan kegiatan anda yang berhubungan dengan pesain email, karena biasanya para pengguna smartphone menggunakan fasilitas email sebagai sarana pemberitahuan hal penting.

2. Tips dan trik memaksimalkan fitur-fitur umum

tips dan trik memaksimalkan ios 8.1
Tips dan trik memaksimalkan fitur umum ios 8.1

Menemukan Aplikasi yang Mengkonsumsi Banyak Daya: Apple tidak secara spesifik memberitahukan kepada anda mengenai aplikasi yang memakan banyak daya baterai anda, namun Apple memberikan anda sebuah opsi untuk melihat aplikasi mana yang mengkonsumsi daya paling banyak pada 24 jam terakhir atau 6 hari terakhir. Anda bisa mengetahuinya dengan mudah melalui menu pengaturan lalu masuk ke Settings > General > Usage > Battery Usage. Dengan menu tersebut anda bisa dengan mudah melihat aplikasi yang memakan banyak daya..

Mengatur Layar Standard atau Diperbesar: Pada iPhone 6 dan iPhone 6 plus anda memiliki opsi untuk memperbesar atau menggunakan layar yang standart. Untuk beralih ke dalam 2 fitur tersebut, anda bisa mengaturnya melalui menu pengaturan dan pilih Display > Display Zoom. Setelah itu, anda bisa memilih tampilan yang standart atau diperbesar.

Mengatur Tingkat Kecerahan: Anda memiliki opsi untuk bisa mengatur tingkat kecerahan layar. Ketika anda berada pada kondisi baterai yang hampir habis, anda bisa mengatur tingkat kecerahan layar yang paling rendah dan ketika anda berada pada sinar matahari langsung, anda bisa meningkatkan tingkat kecerahan layarnya.

Mengatur Ukuran Teks dan Ketebalan Teks: Untuk mengganti ukuran teks bawaan atau anda sekedar ingin menebalkan ukuran teks anda. Anda bisa dengan mudah masuk ke menu pengaturan dan pilih Display & Brightness > Bold Text.

Mengetahui Kontak yang Baru Saja Dihubungi: Tekan 2 kali pada tombol “Home” untuk memunculkan aplikasi tray. Diatas aplikasi yang muncul pada sistem tray, anda akan melihat kontak yang baru saja anda hubungi atau kontak yang baru saja kirim pesan. Dengan menekan fotonya, akan memunculkan jalan pintas untuk bisa melakukan panggilan, pesan, dan FaceTime.

Memunculkan Ramalan Cuaca 10 Hari Ke Depan: iOS 8.1 mampu memberikan anda ramalan cuaca hingga 10 hari ke depan di berbagai negara. Anda bisa menuju ke menu “weather” dan memilih salah satu kota yang ingin anda ketahui cuacanya. Setelah memilih kota yang di inginkan, anda akan mendapatkan ramalan cuaca 10 hari ke depan.

Mengatur Fitur Siri: Agar membuat siri mampu bekerja anda bisa masuk ke menu pengaturan dan masuk ke General > Siri > Allow “Hey Siri”. Dengan mengaktifkan ini anda bisa memerintahkan siri hanya dengan suara anda.

Mengatur Fitur Do Not Disturb: Jika anda sedang melakukan perjalanan ke beberapa tempat yang berbeda zona waktu. Mungkin anda bisa mempertimbangkan untuk mengaktifkan fitur “Do Not Disturb”. Fitur ini mampu menolak segala jenis telepon masuk atau berbagai pemberitahuan lainnya. Cara mengaktifkan fitur ini, anda bisa dengan mudah masuk ke dalam menu pengaturan dan pilih Do Not Disturb. Jika anda takut untuk melewatkan sebuah panggilan penting, anda bisa mengaturnya untuk bisa meninggalkan pesan di voice mail (pesan suara).

Membuat Folder Di Dalam Folder: Mengumpulkan beberapa aplikasi yang memiliki kinerja sama ke dalam 1 folder, akan memudahkan pekerjaan anda. Seperti membuat folder sosial media, untuk aplikasi-aplikasi sosial media seperti, Facebook, Twitter, Path, Instagram, atau Ask.fm akan memudahkan anda memonitor sosial media milik anda. Anda juga bisa membuat sebuah folder yang berada di dalam folder tersebut.

3. Memaksimalkan Safari di iOS 8.1

Mengatur DuckDuckGo Sebagai Mesin Pencari: Jika anda ingin mengatur DuckDuckGo sebagai mesin pencarian di iOS 8.1 anda. Anda bisa masuk ke dalam menu pengaturan dan pilih Safari > Search Engine. Di dalam menu tersebut, anda bisa memilih mesin pencari yang anda inginkan.

Saran Websites Secara Automatis: Seperti Safari yang ada pada dekstop. Safari yang terdapat pada iPhone atau iPad pun dapat merekomendasikan website yang akan anda kunjungi secara otomatis. Hal tersebut merupakan pengaturan otomatis dari iOS 8.1. Jika anda tidak menginginkannya, anda bisa dengan mudah mematikannya. Masuk ke menu pengaturan dan pilih Safari > Search Engine Suggestions. Dan ubah ke toggle-nya menjadi off.

Memuat Website Lebih Cepat: Safari yang ada pada iOS 8.1 mampu memuat website lebih cepat. Anda bisa mengaktifkannya dengan memanfaatkan fitur “preload”. Dengan memanfaatkan fitur itu anda bisa lebih cepat memuat website, namun dengan fitur ini membutuhkan koneksi internet yang cukup cepat dan stabil. Jika anda ingin mematikan fitur tersebut, anda bisa masuk ke dalam menu pengaturan dan pilih Safari > Preload Top Hit dan anda bisa mematikannya.

Menemukan Kata Dalam Halaman Website: Jika anda ingin mencari sebuah kata yang spesifik pada sebuah halaman website, kita bisa dengan mudah mengetikkan kata tersebut ke dalam kotak URL. Pertama, anda akan diberikan sebuah hasil dari pencarian Google, tapi ketika anda geser laya anda kebawah, iOS 8.1 akan menampilkan anda halaman anda sebelumnya dan anda bisa masuk ke dalam halaman website tersebut. Setelah itu, anda bisa dengan bebas mencari kata-kata tersebut.

Melakukan Scanning Kartu Kredit Anda: Anda memiliki opsi untuk melakukan scan terhadap kartu kredit. Anda bisa menggunakan fitur Keychain atau memilih menu “Use Camera”.

4. Memaksimalkan Keyboard iOS 8.1

Menambahkan Keyboard Emoji: Dengan menambahkan emoji keyboard, anda bisa mengungkapan berbagai perasaan dengan menggunakan emoticon. Anda bisa mengaturnya dengan masuk ke dalam Settings > General > Keyboards > Keyboards > Add New Keyboard. Setelah itu, arahkan ke bawah dan pilih Emoji keybiard (terletak setelah Dutch Keyboard).

Menambahkan Aplikasi Keyboard Eksternal: Anda memiliki opsi untuk bisa memanfaatkan aplikasi keyboard eksternal yang bisa di unduh dari App Store. Setelah memasang aplikasi tersebut, anda bisa masuk ke dalam menu Settings > General > Keyboard > Keyboards dan letakkan aplikasi keyboard tersebut di daftar teratas.

Mengakses Keyboard Tambahan: Jika anda memiliki 3 opsi keyboard tambahan, keyboard yang anda gunakan akan menampilkan sebuah ikon global tepat di sebelah keyboard spasi. Jika anda menekan tombol tersebut, kedua keyboard yang tidak anda gunakan akan muncul dan anda bisa mengganti keyboard tersebut di waktu itu juga.

Menyembunyikan atau Menampilkan Sugesti Kata Pada Keyboard: Keyboard terbaru dari iOS 8.1 memiliki kemampuan untuk menampilkan sugesti kata yang akan anda ketikan. Jika anda merasa hal tersebut tidak perlu, anda bisa menyembunyikannya untuk memberikan ruang bagi keyboard anda. Caranya, anda bisa dengan mudah menekan baris yang menampilkan kata-kata sugesti tersebut dan geser ke layar bagian atas. Anda bisa menurunkannya kembali, jika memang anda membutuhkan fitur ini di kemudian hari.

5. Memaksimalkan Fungsi iCloud di iOS 8.1

Mengaktifkan iCloud: Ketika anda baru pertama kali menggunakan perangkat Apple, kami sangat menyarankan anda untuk langsung menyalakan fungsi iCloud yang ada. Anda bisa masuk ke dalam menu Settings > iCloud > iCloud Drive. Dalam meu ini anda bisa mengontrol aplikasi apa saja yang bisa mengakses drive iCloud anda.

Mengatur Penyimpanan Pada iCloud: Anda bisa masuk kedalam Settings > iCloud > Storage. Pada menu ini anda bisa melihat seberapa besar ruang penyimpanan di dalam iCloud yang anda miliki. Apple memberikan anda sebuah kemudahan, anda bisa menambah ruang penyimpanan iCloud dengan membelinya.

Share Akun iTunes: Daripada anda harus memberikan akun iTunes kepada anggota keluarga anda yang menggunakan iPhone atau iPad. Anda kini bisa mengatur akun iTunes anda untuk dibagikan dengan keluarga anda. Tentunya jumlahnya cukup terbatas, hanya 5 orang. Anda bisa masuk ke dalam menu Settings > iCloud, selanjutnya ikuti prosedur yang telah disediakan.

Mengamankan iCloud Dengan Fitur Keychain: Masuk kedalam menu Settings > iCloud > Keychain dan pilih menu Approve with Security Code untuk memberikan sebuah perlindungan tambahan bagi iCloud anda.

Mengirimkan Lokasi Terakhir Sebelum iPhone/iPad Mati: Apple dengan iOS barunya menambahkan sebuah fitur baru yang cukup bagus. Fitur ini mampu secara otomatis mengirimkan kepada anda lokasi keberadaan perangkat Apple anda tepat sebelum perangkat tersebut mati. Jadi ketika iPhone atau iPad anda mati, anda masih memiliki kemungkinan untuk menemukannya di sekitaran lokasi yang telah ditentukan oleh pihak Apple.

Leave a Response