close
Tips & Trick

Cara Membersihkan Keyboard Laptop

Cara membersihkan keyboard laptop

Cara membersihkan keyboard laptop yang benar ternyata cukup penting untuk kamu perhatikan. Sebab, jika tidak melakukan pembersihan yang benar tersebut, dikhawatirkan akan menimbulkan kerusakan yang tidak diinginkan. Dan, apabila kerusakan pada keyboard laptop sudah terjadi, maka akan membuatmu harus merogoh kocek cukup dalam untuk memperbaikinya. 

Keyboard memiliki fungsi memasukan berbagai perintah ke dalam CPU, sehingga hasilnya dapat kamu lihat pada monitor. Sebagai contoh, seperti pada pengolahan kata, dimana kamu melakukan kegiatan mengetik. Jika keyboard tersebut sudah mulai kotor, maka kegiatan mengetikmu bisa sangat terganggu, bahkan yang paling parah tombol pada keyboard tidak dapat diketik atau macet.

Banyak faktor yang menyebabkan keyboard laptop mengalami kemacetan. Hal tersebut bisa karena kotoran yang masuk ke celah-celah tombol keyboard, hingga usia keyboard yang sudah terlalu tua dan sudah tidak berfungsi dengan baik. Namun, selama perawatan dan cara membersihkan keyboard laptop dilakukan dengan benar, usia dari keyboardmu bisa bertahan lebih lama.

Mungkin kamu cukup takut untuk mempraktikkan cara membersihkan keyboard laptop sendiri. Padahal, cara membersihkan keyboard laptop tersebut cukup mudah dilakukan, yang terpenting seluruh peralatan untuk membersihkan keyboard tersebut sudah tersedia, sehingga bisa memudahkan pekerjaan Sobat.

Cara untuk membersihkan keyboard laptop ini sebenearnya cukup mudah, pasti kamu penasaran bukan seperti apa saja cara membersihkan keyboard laptop yang benar dan mudah dilakukan tersebut? Yuk langsung aja ikuti langkah-langkahnya!

1. Pastikan laptop dalam keadaan mati

Cara membersihkan keyboard laptop

Sebelum kamu mulai membersihkan laptop, pastikan dulu laptop kesayangan sobat ini sudah dalam keadaan mati. Laptop yang masih menyala akan mempersulit proses pembersihan. Peralatan pembersih dapat menyentuh keyboard dan secara tidak sengaja menekan banyak tombol. Jika begitu, bisa-bisa laptop-mu mengalami eror ketika dibersihkan. Error yang dialami termasuk korslet atau perubahan sistem pada laptop.

Baca juga : Cara Merawat Baterai Laptop

2. Posisikan laptop dalam keadaan terbalik

Membersikan laptop dengan keadaan terbalik lebih ampuh dibandingkan dengan posisi terlentang. Ketika posisi dibalikkan, debu-debu serta kotoran yang menempel pada keyboard lebih mudah jatuh dan keluar dari sela sempit. Cara membersihkan keyboard laptop ini juga berguna untuk menjaga mesin di balik keyboard agar tidak tersentuh alat pembersih yang menembus ke dalam.

3. Bersihkan dulu bagian di sekitar keyboard menggunakan tisu/lap kering

Cara membersihkan keyboard laptop

Bukan hanya debu-debu yang harus dikhawatirkan, kebersihan laptop di sekitar keyboard juga harus dijaga dengan benar. Kotoran yang menempel pada laptop tidak hanya debu. Minyak, bekas keringat, bubuk makanan, tetesan air minuman, semuanya bisa menempel pada laptop dan keyboard. Hal tersebut tentunya dapat menyebabkan malfungsi mesin. Bersihkan dulu bagian di sekitar keyboard menggunakan tisu kering.

4. Gunakan cottonbud untuk bagian yang terhimpit keyboard

Cara membersihkan keyboard laptop

Penggunaan cotton bud ini lebih efektif jika digunakan untuk membersihkan jenis kotoran yang sudah mulai mengerak atau mulai mengendap, seperti karena cairan keringat. Kamu cukup menggunakan jenis cotton bud yang memiliki ukuran kecil agar dapat lebih masuk ke dalam celah dari keyboard laptop.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Keyboard Laptop

5. Sapu sela-sela keyboard secara lembut dengan menggunakan brush dari alat make up

Apabila area sekitar keyboard sudah bersih, saatnya mengeluarkan debu dari sela-sela. Tidak perlu membeli alat pembersih keyboard kalau sedang seret anggaran, karena kamu bisa membersihkan keyboard laptop menggunakan brush make up. Sapu sela-sela keyboard secara lembut dengan keadaan laptop masih terbalik. Lakukan berulang kali sampai tidak ada debu yang tersisa di sela-sela tombol keyboard.

6. Manfaatkan pembersih khusus keyboard

2021 Keyboard Cleaner Mini Brush Vacuum Kit For Cleaning Dust Laptop Hair  Crumbs Pet House From Zeyuantrading, $7.12 | DHgate.Com

Untuk kamu yang belum tahu, di luar sana sudah banyak yang menjual penyedot debu khusus keyboard. Bentuknya sama dengan vacuum cleaner, hanya saja ukurannya jauh lebih kecil dan bisa disambungkan langsung ke laptop menggunakan USB. Untuk cara membersihkan keyboard satu ini, kamu boleh melakukannya dengan cara terlentang.

Jika berbagai cara membersihkan keyboard laptop di atas masih belum bisa mengembalikan performa dari keyboard laptopmu, maka kamu bisa mencoba dengan membongkar tombol keyboard laptop milikmu. Tapi, yang perlu diperhatikan, kamu harus memiliki skill dasar dalam bongkar pasang alat elektronik seperti computer atau laptop.

Namun, jika kamu merasa tidak yakin untuk membongkar tombol keyboard laptopmu, lebih baik kamu membawa laptopmu ke tempat servis. Hal ini untuk mencegah terjadinya kesalahan yang justru membawa kerusakan pada keyboard laptopmu.

Nah itulah rangkuman langkah cara membersihkan keyboard laptop dari Anugrahpratama.com semoga bermanfaat ya sob!