Cara Mengatasi Touchpad Laptop yang Tidak BerfungsiIlustrasi: freepik.com

anugrahpratama.com – Hai sobat AP, kali ini kita akan membahas tentang cara mengatasi touchpad laptop yang tidak berfungsi. Touchpad laptop adalah salah satu komponen penting yang memudahkan pengguna dalam melakukan berbagai aktivitas.

Namun, terkadang, dapat terjadi masalah saat touchpad tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Jika sobat AP mengalami hal ini, jangan khawatir! Ada beberapa cara yang bisa sobat AP lakukan untuk mengatasi permasalahan ini tanpa harus panik.

Video rekomendasi:

Sebelum membahas cara mengatasi touchpad laptop yang bermasalah, ada baiknya untuk memahami fungsi utama dari touchpad ini. Touchpad pada laptop berfungsi sebagai pengganti mouse eksternal.

Dengan touchpad, sobat AP bisa melakukan navigasi, klik, dan gerakan lainnya dengan menggunakan jari secara langsung pada permukaan touchpad. Selain itu juga memudahkan sobat AP dalam berinteraksi dengan sistem operasi laptop.

Baca juga: Shutdown Laptop Pakai Tombol Power Bisa Berdampak Fatal!

Begini Cara Mengatasi Touchpad Laptop yang Tidak Berfungsi

  • Menggunakan Mouse Eksternal
Cara Mengatasi Touchpad Laptop: Menggunakan Mouse Eksternal
Ilustrasi: freepik.com

Jika touchpad pada laptop tidak berfungsi, solusi sementara yang bisa digunakan adalah dengan menghubungkan mouse eksternal ke laptop. Caranya cukup mudah, sambungkan mouse ke port USB yang tersedia pada laptopmu. Dengan menggunakan mouse eksternal, sobat AP masih bisa melanjutkan aktivitas sambil mencari solusi untuk perbaikan touchpad.

  • Update Driver Touchpad
Cara Mengatasi Touchpad Laptop: Update Driver Touchpad
Ilustrasi: freepik.com

Salah satu penyebab umum touchpad tidak berfungsi adalah driver yang usang atau tidak terinstal dengan baik. Untuk mengatasi hal ini, sobat AP bisa melakukan update driver touchpad melalui Device Manager.

Buka Start Menu, cari Device Manager, lalu klik Mice and other pointing devices. Klik kanan pada touchpad dan pilih Update Driver Software. Pilih opsi “Search automatically for update driver software” dan biarkan sistem melakukan pembaruan secara otomatis.

  • Nonaktifkan Pengaturan Touchpad
Cara Mengatasi Touchpad Laptop: Nonaktifkan Pengaturan Touchpad
Ilustrasi: freepik.com

Kadang-kadang, touchpad dapat menjadi tidak berfungsi karena pengaturan yang salah atau nonaktif. Untuk memeriksa hal ini, buka Settings dari Start Menu, lalu pilih Devices > Mouse and Touchpad > Additional Mouse Options > Mouse Properties.

Lihat apakah touchpad dalam mode nonaktif dan aktifkan kembali jika perlu. Sebagai alternatif, gunakan shortcut tombol kombinasi Fn+F6 secara bersamaan untuk mengaktifkan kembali touchpad.

  • Mode Touchpad Tidak Sinkron
Mode Touchpad Tidak Sinkron
Ilustrasi: freepik.com

Ketika mode touchpad tidak sinkron dengan sistem, ini juga dapat menyebabkan masalah pada fungsinya. Untuk mengatasi hal ini, coba restart laptop dan periksa apakah touchpad sudah berfungsi kembali setelahnya.

  • Instal Ulang Driver Touchpad
Instal Ulang Driver Touchpad
Ilustrasi: freepik.com

Jika semua langkah di atas tidak berhasil, coba untuk menghapus dan menginstal ulang driver touchpad. Buka kembali Device Manager, cari opsi Mice and other pointing devices, klik Uninstall pada driver touchpad, dan restart laptop. Sistem Windows akan secara otomatis melakukan instal ulang driver touchpad setelah restart.

Baca juga: Touchpad Laptop Kamu Bisa Gini Gak? Ssstt… Ini Rahasia!

Kesimpulan

Touchpad yang tidak berfungsi pada laptop dapat menjadi masalah yang cukup mengganggu. Namun, dengan langkah-langkah sederhana seperti menggunakan mouse eksternal, melakukan update driver, memeriksa pengaturan, atau bahkan menginstal ulang driver touchpad, sobat AP bisa mengatasi masalah tersebut.

Jangan lupa untuk selalu melakukan pengecekan berkala agar touchpad laptop tetap berjalan dengan baik. Jika membutuhkan laptop baru atau upgrade, kunjungi marketplace anugrahpratamacom untuk melihat beragam pilihan laptop terbaru yang bisa menjadi solusi terbaik untuk sobat AP.

Dengan menerapkan langkah-langkah di atas, diharapkan touchpad laptop yang bermasalah dapat kembali berfungsi dengan baik. Ingatlah bahwa melakukan perbaikan perangkat sendiri memiliki risiko tertentu, jika masalah terus berlanjut, disarankan untuk mendapatkan bantuan dari teknisi yang berpengalaman.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat AP dalam mengatasi masalah touchpad laptop yang tidak berfungsi ya. Sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya.

Anugrahpratama.com
Klampis Jaya 29E, Surabaya 60117
Jawa Timur – Indonesia

Telepon: 031-33601117
Whatsapp: 08113127777

Leave a Reply