Copilot AI dari Microsoft Kini Bisa Dinikmati Pengguna Windows 10Ilustrasi: freepik.com

anugrahpratama.com – Bagi sobat AP yang masih menggunakan Windows 10 sekarang bisa menikmati salah satu fitur yang paling populer selama bertahun-tahun, yakni Copilot AI dari Microsoft. Beberapa hari setelah pengumuman Microsoft tentang peluncuran Copilot di Windows 10, pengguna perangkat yang memenuhi syarat bisa menginstal versi Release Preview, yang menawarkan akses ke asisten bertenaga AI generatif.

Baca juga: ChatGPT: Kecerdasan Buatan Yang Diklaim Sangat Membantu

Untuk mencoba Copilot di Windows 10 Home atau Pro, Sobat AP harus terdaftar dalam program penguji Windows Insider sebelum dapat menginstal versi pratinjau. Namun, Microsoft menyatakan bahwa “mungkin membutuhkan waktu untuk device Sobat AP agar dikonfirmasi sebagai device yang memenuhi syarat untuk Copilot di Windows sehingga mungkin tidak langsung muncul.” Setelah komputer Sobat AP dikonfirmasi, Sobat AP mungkin tidak dapat mengakses Copilot dengan cepat.

Kriteria Untuk Copilot AI Dari Microsoft

Kriteria Untuk Copilot AI Dari Microsoft
Ilustrasi: freepik.com

Sistem Sobat AP membutuhkan RAM minimal 4GB serta adaptor layar yang memberikan support resolusi 720p untuk menjalankan Copilot. Microsoft mengatakan bahwa preview chatbot hanya dapat digunakan di pasar tertentu.

Seperti Amerika Utara, Asia, dan beberapa wilayah Amerika Selatan, sehingga Sobat AP mungkin terkunci secara geografis. Di Windows 10, Sobat AP mungkin tidak dapat mencoba Copilot karena beberapa kebiasaan lainnya.

Kalau sobat AP meletakkan bilah tugas pada sisi kiri atau kanan layar, itu tidak akan berfungsi. Bilah harus berada dalam orientasi horizontal.

Yang Tidak Didukung Copilot AI Dari Microsoft

Yang Tidak Didukung Copilot AI Dari Microsoft
Ilustrasi: freepik.com

Copilot tidak dapat digunakan pada mesin Windows 10 Pro yang dikelola oleh organisasi untuk saat ini. Selain itu, dia tidak sepenuhnya kompatibel dengan pengaturan multi-monitor; Sobat AP hanya akan melihat ikon pada layar utama Sobat AP.

Saat Copilot sudah ada di perangkat milik sobat AP, klik ikon di sisi kanan bilah tugas. Chatbot membantu mengatur fitur Windows, mengajukan pertanyaan, dan berinteraksi dengan dokumen.

Penutup

The Verge melaporkan bahwa Copilot bekerja pada Windows 10 dengan cara yang agak berbeda, mungkin hanya karena beberapa fitur Windows 11 tidak tersedia. Beberapa aplikasi penting di sistem operasi terbaru mempunyai fitur berbasis kecerdasan buatan.

Munculnya Copilot di Windows 10 bukanlah sebuah rahasia besar. Menurut beberapa estimasi, Windows 10 masih mendukung sekitar 69% komputer berbasis Windows, dibandingkan dengan 26% atau lebih yang menjalankan Windows 11.

Baca juga: Cara Cek Windows Original Apa Bukan

Ini menunjukkan bahwa ratusan juta PC masih menjalankan Windows 10. Jika Microsoft dapat menyatakan bahwa Copilot tersedia di lebih dari satu miliar komputer—dibandingkan dengan 400 juta komputer yang diperkirakan menjalankan Windows 11—hal itu akan lebih menarik bagi investor perusahaan.

Video rekomendasi:

Anugrahpratama.com
Klampis Jaya 29E, Surabaya 60117
Jawa Timur – Indonesia

Telepon: 031-33601117
Whatsapp: 08113127777

Leave a Reply