close

Kini Windows 10 Sudah Bisa Diunduh Secara Gratis

Windows 10

Windows 10 akhirnya resmi dirilis. Kabar gembira bagi seluruh pecinta IT ini telah diumumkan oleh Microsoft serentak di 190 negara. Sebelumnya, sistem operasi ini telah berada di masa beta dalam kurun waktu sekitar sembilan bulan. Mulai Rabu (29/07/2015), Windows 10 sudah bisa diunduh secara gratis oleh pengguna Windows di seluruh Indonesia.

Windows 10

Sistem operasi ini dapat diunduh di PC atau laptop yang memakai OS Windows 7 maupun Windows 8.1. Sebelum menggunakan Windows 10, user diharuskan mengunduh file instalasi berupa Windows 10 32-bit atau 64-bit terlebih dahulu di PC atau laptop. File instalasi yang diunduh tidak terlalu besar, sekitar 19 MB. Kemudian setelah di-install, sistem tersebut akan secara otomatis mengunduh file Windows 10 di perangkat. Besaran kapasitas yang diperlukan untuk mengunduh sistem operasi ini sekitar 3 hingga 4 GB.

Cara Upgrade Windows 10

Windows 10Cara mengunduh Windows 10 ada dua pilihan. Pertama dengan cara langsung melakukan upgrade Windows lama ke Windows 10. Sedangkan pilihan kedua dengan membuat file ISO atau paket instalasi di USB. Sehingga nantinya dapat digunakan untuk menginstall di perangkat lain. Namun untuk diketahui, pengguna yang bisa mengunduh dan mendapatkan notifikasi hanya pada Windows asli yang software-nya memadai.

Ada cara lain, yaitu dengan cara menggunakan aplikasi Get Windows 10. Aplikasi tersebut dapat digunakan pada seluruh komputer yang telah memenuhi syarat. Kebanyakan pengguna sudah mendapatkan aplikasi tersebut jika meng-update Windows pada beberapa waktu yang lalu. Aplikasi Get Windows 10 terletak di sudut kanan bawah taskbar, berada di dekat deretan notifikasi. Pemakaiannya pun mudah. Pengguna hanya perlu mendaftar untuk bisa mendapatkan file instalasi Windows 10. Perlu beberapa waktu untuk menunggu notifikasi, sebab saat ini Windows 10 sedang diunduh jutaan orang di dunia. Jika telah mendapatkan notifikasi, berarti file telah siap untuk diunduh di perangkat.

Penambahan Menu di Windows 10

Untuk masalah menu, Windows 10 telah mengganti Start Menu dengan Start Button. Namun untuk versi kali ini telah di-upgrade pada fungsi serta tampilannya. Sedangkan fitur utamanya yang paling ditunggu-tunggu ialah Cortana sebagai digital assistant pengguna. Tak hanya itu saja, Windows 10 juga menggunakan browser terbaru bernama Edge. Edge akan menggantikan posisi Internet Explorer yang akan pensiun.

1 Comment

Leave a Response